• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Langkah-Langkah Sehat Persiapan Ibadah Puasa 30 Hari!

Langkah-Langkah Sehat Persiapan Ibadah Puasa 30 Hari!

Supaya badan tetap fit dan sehat dalam beribadah puasa, yuk, siapkan diri kamu semaksimal mungkin!

Dalam hitungan hari, seluruh umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh. Bukan cuma perlu persiapan mental, namun kita juga perlu persiapan fisik untuk menghadapinya. Karena memang ibadah yang berpahala tinggi ini, sangat bermanfaat juga buat kesehatan tubuh kita.

Lalu, langkah apa sih yang perlu kita persiapkan biar tubuh tetap sehat selama beribadah sebulan penuh nanti? Mozaic coba siapkan untuk kamu semua!

Persiapkan Menu

poin_1

Mumpung masih ada waktu, yuk, coba siapkan beberapa alternatif menu sehat yang bisa diandalkan saat sahur dan berbuka puasa. Siapkan menu-menu yang tinggi serat, bervitamin, dan tapi tetap praktis penyajiannya. Dengan demikian, kamu nggak bakal tergantung sama makanan dan minuman siap saji yang kebanyakan nggak sehat buat dikonsumsi tubuh.

Baca Juga: Nggak Ada Kurma? Kamu Bisa Buka Puasa Dengan 5 Buah Super Ini

Hunting Kelas

poin_2

Walau berpuasa, yang namanya olahraga tetap harus dijalankan. Kalau kamu terbiasa olahraga di studio kebugaran di sore hari, kini saatnya menggeser waktunya. Kamu bisa mulai hunting mana aja studio kebugaran yang ada jadwal kelas malam. Jangan lupa juga pakai pakaian olahraga yang nyaman untuk malam hari, ya.

Atur Jadwal

poin_3

Nggak bisa dipungkiri, setiap Ramadhan pasti aktivitas meningkat sampai dua kali lipat. Deadline kerjaan dipercepat, ikut kelas olahraga malam, undangan buka puasa bersama, sampai aktivitas sosial dan keagamaan yang pasti nggak pengen kamu lewatin. Mulai sekarang, coba bikin time schedule buat diri sendiri selama sebulan besok. Pilih yang lebih prioritas dan jangan sampe bikin tubuh kamu jadi kecapekan.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Disiapkan untuk Bikin Sahur On The Road

Ringankan Tubuh

poin_4

Yang dimaksud adalah beberapa hari sebelum memulai puasa, hindari yuk makanan yang susah dicerna oleh tubuh. Seperti makanan berlemak, aneka gorengan, daging merah, hingga daging kambing dan domba. Perbanyak makanan yang banyak serat aja, kaya buah dan sayuran, dan pastinya minum vitamin. Langkah ini bikin tubuh jadi lebih ‘ringan’ dan metabolisme juga jadi lebih lancar!

Tabungan Cairan

poin_5

Tentunya, ini langkah penting yang kamu perlu jalani. Buat yang masih males minum, ayo mulai rutin dan perbanyak minum air putih, agar kadar cairan di dalam tubuh lebih seimbang. Tubuh kamu jadi nggak mudah lemas dan tentunya jadi lebih sehat juga!

Kalau langkah-langkah di atas sudah kamu jalani, dijamin tubuh kamu jadi lebih fit dan siap menghadapi bulan puasa. Selamat beribadah!

Categorised in: ,

This post was written by Diona Ratrixia