• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Ketahui, Yuk, Manfaat Makanan Sehat Berdasarkan Warnanya!

Ketahui, Yuk, Manfaat Makanan Sehat Berdasarkan Warnanya!

Ternyata, makanan sehat seperti sayur dan buah punya manfaat yang bisa diketahui dari warnanya!

Biar tubuh sehat, tentu sehari-harinya kamu perlu konsumsi buah, sayur-sayuran, aneka biji-bijian, hingga berbagai makanan diet. Tapi kamu pasti sudah tahu dong, kalau buah dan sayuran memang paling penting dan menyimpan banyak manfaat kesehatan. Tapi tahukah kamu, kalau manfaat kesehatan di dalam buah dan sayuran bisa dibedakan dari warnanya. Kalau gitu, yuk, kita kenali bersama-sama.

Hijau si Kaya Klorofil

poin_2

Kalau ngomongin sayur, pasti yang kebayang langsung warna hijau. Warna ini memang ditemukan pada berbagai daun sehat seperti bayam, kangkung, caisim. Sementara pada buah, ada alpukat, melon, hingga apel. Warna ini kaya akan serat, zat klorofil (yang bagus untuk kesehatan syaraf, otot, dan keseimbangan hormon), hingga zat magnesium yang ampuh mencegah anemia.

Baca juga: Bahan Masak Tradisional yang Cuma Bisa Ditemui di Indonesia. 

Merah si Penangkal Kanker

poin_1

Salah satu penyakit mengerikan yang perlu dicegah tentunya kanker. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan banyak makan sayur dan buah berwarna merah, karena mengandung zat antosianin, carotenoid, dan likopen. Ketiganya diketahui baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan menjaga kekebalan tubuh.

Oranye si Tinggi Antioksidan

poin_3

Nggak pengen tubuh kamu terkena efek samping zat radikal bebas bukan? Kalau gitu banyak-banyak konsumsi buah dan sayur berwarna oranye dan kuning. Ada jeruk, pisang, labu, mangga, hingga jagung. Tentunya, karena warna oranye dan kuning ini memiliki kandungan zat antioksidan, serta juga vitamin C dan vitamin A yang tinggi!

Baca juga: Cara Menerapkan Halaman Rumah yang Eco Friendly 

Putih si Pencegah Kolesterol

White veggies such as onion and garlic boast a variety of flavors and noteworthy nutrition accolades.

Mulai dari bawang putih, lobak, rebung, sirsak, hingga duku dan leci, adalah deret asupan yang perlu kamu tambahkan sehari-hari. Sayur dan buah berwarna putih adalah ladangnya zat allicin dan indoles yang bagus untuk mengontrol kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, kandungan kalsium yang bagus buat tulang bisa kamu temukan di sayur dan buah berwarna putih.

Ungu si Superfood

poin_4

Nutrisi padat adalah yang membuat sayur dan buah berwarna ungu sering dimasukkan dalam kategori superfood. Yang paling dominan adalah kandungan zat anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan otak, bagus untuk membantu menurunkan peradangan, melawan tumbuhnya zat kanker, menjaga kesehatan jantung. Kalau gitu, jangan lupa konsumsi terung, ubi ungu, buah blueberry, hingga plum di piring makanmu sehari-hari!

Jadi, semakin bervariasi warna sayur dan buah yang kamu makan, maka akan bertambah juga kesehatan tubuhmu. Selamat mengonsumsi!

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza