• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Beauty
  • >
  • Tanpa Kamu Sadari, 5 Teknik Makeup Ini Membuat Kamu Terlihat Tua

Tanpa Kamu Sadari, 5 Teknik Makeup Ini Membuat Kamu Terlihat Tua

Bukannya bikin awet muda, 5 cara make up ini malah membuat kamu terlihat lebih tua loh!

Sebagai kaum wanita, kamu pasti pernah (bahkan sering) menggunakan makeup untuk mendapatkan tampilan tertentu yang kamu inginkan. Tampil cute, cantik, dan elegan, semua bisa dibantu dengan beberapa alat kosmetik. Produk yang kamu gunakan pun bermacam-macam, mulai dari lipstick, eye liner, bedak, concealer, blush on, dan lain-lain.

Namun, terkadang tanpa kamu sadari, make up yang kamu gunakan malah bisa menjadi boomerang buat dirimu sendiri dan membuat wajahmu terkesan lebih tua. Berikut kesalahan yang mungkin pernah kamu lakukan saat mengaplikasikan makeup.

Menggunakan eye liner gelap di bagian bawah mata saja

Tanpa Kamu Sadari 5 Teknik MakeUp Ini Membuat Kamu Terlihat Tua2

Sumber: Noreen Fahad

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa menggunakan eye liner gelap dapat membuat matamu terlihat lebih besar. Tapi, memfokuskan eye liner gelap pada garis bawah matamu saja malah memberikan efek yang sebaliknya.

Eye liner gelap di bawah mata memberikan kesan mata yang kecil dan berat di bagian bawahnya, seakan menarik semua wajahmu ke bawah. Selain itu, eye liner yang kamu gunakan juga dapat meninggalkan noda di daerah bawah mata, tempat kantung mata biasanya terbentuk sehingga matamu terlihat lelah dan suram.

Jika kamu ingin mendapatkan tampilan mata yang besar dan fresh, kamu bisa menggunakan eye liner gelap di garis atas mata dan eye liner putih untuk garis di bawah mata.

Concealer yang berlebihan

Tanpa Kamu Sadari 5 Teknik MakeUp Ini Membuat Kamu Terlihat Tua3

Sumber: Lisy

Concealer sering digunakan untuk menutupi warna wajah yang kurang merata dan garis halus atau kerutan. Namun, concealer yang digunakan secara berlebihan ternyata malah dapat menonjolkan kesan tua. Concealer tebal yang semakin kering di wajah akan membentuk celah atau ratakan-retakan yang terlihat membentuk garis sehingga malah menonjolkan garis halus dan kerutan.

Gunakanlah concealer seminimal mungkin hanya pada daerah-daerah yang lebih gelap di wajah. Pastikan juga untuk selalu menggunakan concealer yang bersifat melembabkan sehingga nggak begitu kering di atas kulitmu. Kamu juga akan terhindar dari garis-garis retakannya.

Baca juga: 5 Channel YouTube Tutorial Makeup untuk Tampil Lebih Cantik

Menggunakan lipstick berwarna gelap

Tanpa Kamu Sadari 5 Teknik MakeUp Ini Membuat Kamu Terlihat Tua4

Sumber: Stux

Seiring dengan bertambahnya umur, bibir kita pun terlihat semakin tipis dan kecil. Untuk itu, kamu membutuhkan produk bibir yang dapat membuat bibir terlihat full dan merekah. Memakai lipstick berwarna gelap nggak akan membantumu mendapatkannya.

Kamu pasti tahu trik memakai pakaian berwarna gelap untuk memberikan kesan tubuh yang lebih ramping. Itu karena warna gelap memberikan kesan visual yang lebih kecil. Hal yang sama juga berlaku pada bibir. Menggunakan lipstick berwarna gelap memberikan ilusi bibir yang terlihat lebih kecil.

Agar terlihat lebih muda dan segar, gunakanlah warna terang seperti pink cerah. Lebih baik lagi jika kamu memberikan kilau tambahan dengan lipgloss, seperti yang satu ini. Dengan begitu, bibir kamu akan terlihat lebih penuh dan tebal.

Penempatan blush on yang terlalu rendah pada pipi

Tanpa Kamu Sadari 5 Teknik MakeUp Ini Membuat Kamu Terlihat Tua6

Sumber: Emille

Blush on berfungsi untuk memberikan rona kemerahan pada pipi agar wajah terlihat segar, sehat, dan nggak pucat. Wajah yang segar akan memberikan kesan muda pada penampilanmu. Namun, penggunaan blush on yang salah malah akan memberikan kesan yang sebaliknya. Jika memakai blush on terlalu rendah di bawah tulang pipi, kamu akan menarik semua tampilan wajahmu ke bawah dan menciptakan tampilan lebih tua.

Sebaiknya, sapukanlah blush on dari tulang pipi bagian depan ke samping mengikut arah tulang pipi yang semakin naik ke arah bagian atas kuping. Pengaplikasian seperti ini memberikan kesan wajah yang terangkat sehingga terlihat segar dan muda.

Lip liner yang berlebihan

Tanpa Kamu Sadari 5 Teknik MakeUp Ini Membuat Kamu Terlihat Tua5

Sumber: Maria B

Lip Liner yang terlalu tebal atau berwarna terlalu mencolok akan memperjelas tampilan garis-garis halus pada bibirmu. Selain itu, penampilan dengan lip liner yang sempat menjadi trend pada tahun 90an juga sudah ketinggalan zaman sekarang.

Untuk menghindari kesan tua, pilihlah lip liner dengan warna yang hanya sedikit lebih tua dari warna bibirmu. Pilihlah juga lip liner yang memiliki tampilan dan ketahanan seperti lipstick agar nggak mencolok atau mengalami perubahan tekstur sehingga malah menonjolkan garis halus pada bibirmu.

Nah, ternyata nggak mudah kan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan ketika mengaplikasikan makeup? Nggak hanya tergantung dari merk makeup yang kamu gunakan saja, tapi bentuk wajah dan sebagainya pun perlu kamu perhatikan juga. Selamat mencoba girls!

Sumber gambar utama: Petar Milošević

Categorised in: , ,

This post was written by Karen Tungka