• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Beauty
  • >
  • Jangan Lakukan 5 Dosa ini Kalau Nggak Ingin Rambut Kamu Rusak

Jangan Lakukan 5 Dosa ini Kalau Nggak Ingin Rambut Kamu Rusak

Rambut yang indah pastinya bikin total look penampilan kamu jadi makin sempurna. Kalau rambut rusak, mungkin kamu sering lakuin ini.

Banyak orang bilang, sebagai wanita wajib banget memperhatikan penampilan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Yuk, sekarang kita fokus dulu sama yang dari ujung kepala alias rambut. Biar rambut bebas rontok dan nggak rusak akar dan ujung-ujungnya, kamu jangan pernah melakukan 5 hal ini :

Asal memilih sampo

Shampoo

Pemilihan sampo yang tepat penting banget. Sesuaikan formula sampo sama kondisi rambut kamu. Jangan tergiur dengan iklannya aja, karena kesalahan dalam memilih sampo dapat menyebabkan helai rambut menipis, rontok, kusam, mudah patah, dan kering. Ini juga berlaku untuk produk styling rambut. Hindari produk yang banyak mengandung alkohol. Yang paling penting pokoknya formula sampo, soal wanginya, bukan prioritas utama. Kalau rambut berminyak, jangan langsung pilih sampo 2in1 dengan alasan biar praktis, karena malah bikin kulit kepala makin berminyak. Sedangkan kamu yang punya rambut kering, pakai sampo dan conditioner terpisah. Tujuannya, biar kamu bisa lebih intens mengoleskan conditioner di area ujung rambut.

Coba ini: Natur Conditioner Olive Oil

Nggak teratur memotong rambut

PotongRambut

Kebanyakan wanita nggak teratur memotong rambut karena ingin punya rambut yang panjang atau lagi tidak punya rencana mengubah model rambut. Padahal, hal ini bisa bikin ujung rambut bercabang dan rusak, yang nantinya malah bisa menunda pertumbuhan rambut. Karena itu, memotong ujung rambut secara rutin, setiap dua atau tiga bulan sekali sangat disaranin buat menjaga kesehatan rambut kamu.

Sering beraktivitas langsung di bawah matahari

PaparanMatahari

Panas sinar matahari bisa merusak lapisan kutikula rambut dan bikin kondisi rambut jadi kering, bercabang, dan kelihatan frizzy. Plus, panasnya sinar matahari bisa mengurangi kelembapan alami kulit kepala, yang bikin kulit kepala mengelupas dan jadi timbul ketombe. Nah, kalau sudah begitu, kamu wajib pakai produk perawatan untuk rambut rusak.

Coba ini: Makarizo Hair Recovery Perawatan Rambut Rusak

Sering banget pakai hair dryer

HairDryer

Habis keramas, biar rambut cepat kering paling praktis memang pakai hair dryer. Tapi ingat, hair dryer selain bikin ujung rambut pecah, juga bikin kandungan lemak di dalam kulit kepala ikut kering. Jadinya, ngga ada lagi yang mengontrol kelembapan rambut. Solusinya, saat pakai hair dryer pilih suhu terendah dan jaga jarak sekitar 15cm dari rambut. Kalau mau bikin rambut bervolume, bagi menjadi beberapa bagian dan keringkan bagian per bagian.

Mengecat rambut pakai pewarna murah meriah

HairColor

Jangan asal harganya murah, karena penting banget memilih produk pewarna rambut yang berkualitas baik. Cirinya, ada kandungan formula dan nutrisi lengkap buat rambut di kemasannya. Biasanya disertai juga sama produk perawatan pasca-pengecatan. Minta rekomendasi hair dresser langganan atau yang sering digunakan oleh salon profesional. Jangan pernah tergiur harga murah yang malahan berisiko merusak rambut. Dan kalau sering mewarnai rambut, kamu juga wajib pakai vitamin yang bisa melindungi dan melapisi helai rambut dari proses kimiawi.

Coba ini: Rudy Hadisuwarno Hair Intense Repair Serum

Dan ingat, kalau kondisi rambut kamu lagi rontok, bercabang, kering, rusak, dan rapuh sebaiknya tidak diwarnai dahulu, karena akan membuat batang rambut makin rusak.

Nah, kalau rambut udah bebas masalah bisa aja ditata gaya apa pun. Mau kepang ala Kylie Janner atau dipotong model bob yang sekarang lagi trend juga pasti aman-aman aja.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza