• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Semua Hanyalah Ilusi! Ini Bedanya Instagram dan Kehidupan Nyata

Semua Hanyalah Ilusi! Ini Bedanya Instagram dan Kehidupan Nyata

Seiring tenarnya Instagram, makin banyak pula foto yang hanya ditujukan untuk menarik likes. Simak kejadian di balik layar foto Instagram.

Zaman sekarang siapa sih yang nggak tahu Instagram? Aplikasi bermuat foto dan video yang menjadi sangat terkenal belakangan ini, ditambah dengan berita bahwa mereka baru saja mengganti logo legendarisnya. Memang sudah banyak orang menggunakan aplikasi Instagram untuk berjualan karena banyaknya jumlah pengguna dan berbagai kelebihan dari Instagram sendiri, tapi tujuan utama pengguna menggunakan Instagram adalah untuk memamerkan gaya hidupnya dan momen yang ingin pengguna sebarluaskan di Instagram.

Buat kalian yang masih baru di aplikasi ini, kalian pernah merasa penasaran nggak sih dengan behind the scene dari foto-foto tersebut? Buat kalian pengguna mahir Instagram, kalian pasti familiar dengan beberapa hal ini.

1. Foto produktif

A photo posted by Franck (@franck_c) on

Instagram

Kalau melihat foto ini kalian pasti akan berpikir betapa produktifnya si peng-upload foto atau mungkin kalian malah ngiler dan kepingin ikutan mencoba bekerja di kafe-kafe dengan ditemani kopi panas. nggak ada salahnya kok, malah meningkatkan semangat bekerja kalian.

Kehidupan nyata

Kenyataannya si peng-upload belum tentu benar 100% bekerja sambil menikmati kopi panas. Apalagi dengan konektivitas WiFi yang rata-rata kencang di setiap kafe, kebanyakan dari kalian pasti lebih sering mengecek media sosial dan chatting nih. Kecuali kalau memang kalian mepet deadline. Tapi biasanya kalo mepet deadline kerjanya malah di rumah nggak sih? Hayoo…

2. Foto Makanan

A photo posted by tomo (@tomy_tomy) on

Instagram

Apa yang ada di kepala kalian begitu melihat foto ini selain mengagumi kemampuan foto si peng-upload, pasti nggak jauh dari betapa sehat dan wajarnya peng-upload apalagi jika foto dibubuhi dengan caption dan hashtag seperti “sarapan harian di hari yang indah” atau #hidupsehat.

Foto makanan di Instagram biasanya mendapatkan banyak likes dan bahkan sampai ada panduan atau tips untuk mencuri likes di Instagram dengan foto makanan.

Kenyataan

Nyatanya, belum tentu semua makanan yang difoto dan di-upload oleh peng-upload merupakan foto makanannya sendiri, bisa saja itu makanan temannya. Untuk masalah keahlian foto emang nggak diragukan sih, tapi kalau kalian perhatikan, sering banget mereka melakukan hal lebih hanya untuk foto makanan, seperti misalnya berdiri di atas bangku demi angle bagus atau mengambil properti sekitar untuk menghias foto.

Atau malah kalau pengguna ini ekstrim, mereka bisa cuma membeli makanan yang mereka sebenarnya nggak suka, hanya untuk foto karena makanan tersebut sedang nge-hits.

3. Selfie

A photo posted by Sofia Macaggi (@sofimacaggi) on

Instagram

Foto selfie, foto yang paling umum ada di semua sosial media. Terkadang suka dibubuhi hashtag nomakeup, #nofilter, #bangunkayagini. Foto ini mungkin menceritakan bahwa si peng-upload baru pulang atau sedang berpergian jalan-jalan dan si peng-upload terlihat sangat puas dan senang dengan dandanannya.

Kenyataan

Jumlah selfie yang diambil pasti berkali-kali, mungkin bisa sampai puluhan kali karena peng-upload nggak menemukan foto yang sesuai dengan seleranya. Nah kalau sudah berkali-kali foto begini apalagi kalau di tempat umum, pasti sedikit-dikitnya akan merasa malu dilihat oleh orang-orang sekitar.

Ada juga yang baru bangun tidur langsung selfie dengan hashtag #nomakeup, kenyataannya belum tentu begitu. Peng-upload pasti merapikan rambut dulu sebentar atau malah ke kamar mandi buat pakai eyeliner sedikit dan mungkin bedak demi foto cantik di ranjang sehabis melek.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Foto Instagram Kamu Kurang Laku

4. Foto bareng pacar

A photo posted by Megan (@meganalice4) on

Instagram

Di Instagram, selain banyak terpampang foto selfie, banyak juga yang sering upload foto bareng pacar. Nggak ada salahnya sih, malah terbukti sukses bikin yang lain pengen ikutan punya pacar juga. Di foto biasanya pasangan terlihat sangat lepas dan senang.

Kenyataan

Kenyataannya belum tentu seindah yang kalian pikirkan. Bisa saja peng-upload dan pacarnya sedang asik bermain handphone masing-masing, dan ketika mau berfoto mereka akan berpose untuk ‘sesaat’ saja sebelum kembali ke handphone-nya lagi. Tapi ada juga kok yang memang beneran lagi se-happy itu.

5. Foto liburan

Instagram

Foto travel biasa digunakan peng-upload untuk kasih tahu ke seluruh penjuru Instagram kalau dia lagi menikmati banget hidupnya dan pemandangan sekitar. Biasa dengan caption “menikmati indahnya Paris” atau “aku cinta tempat ini”. Pokoknya peng-upload sedang melepas beban pekerjaan dan bebas menikmati, sekali lagi bikin kita semakin iri.

Kenyataan

Memang benar peng-upload ingin menunjukkan keindahan suatu tempat. Hal ini bisa dibilang positif karena bisa menambah pengetahuan kita akan tempat-tempat tertentu. Namun yang disayangkan dari hal ini adalah tempat yang tadinya bisa dinikmati banyak orang tanpa harus terpaku dengan handphone malah menjadi “pasar foto” seperti yang ada di berita ini. Peng-upload nggak lagi benar-benar menikmati pemandangan dan kedamaian suatu tempat, tapi malah menjadi makin fokus dengan jumlah like yang bakal dicapai di Instagram.

Hayo kalian para pengguna Instagram pasti pernah deh melakukan salah satu dari yang ada di atas..

Sumber gambar utama YashilG

Categorised in: , ,

This post was written by Sharon Hambali