• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Ini Dia 5 Trik Mudah untuk Hemat Listrik Rumah!

Ini Dia 5 Trik Mudah untuk Hemat Listrik Rumah!

Tarif dasar listrik yang membengkak tak perlu dikhawatirkan. Dengan lima langkah, kamu bisa berhemat sekaligus lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Hidup go green!

Ajakan untuk menghemat pemakaian air, mematikan lampu saat siang hari, hingga kurangi durasi pemakaian alat elektronik pasti sudah sering kamu dengar. Padahal, masih banyak cara lain untuk menghemat energi yang tentu berdampak baik untuk masa depan kehidupan lingkungan di sekitar kita. Kira-kira, hal apalagi ya yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian listrik sekaligus menyayangi lingkungan?

Siasati Bagian Barat

Mungkin ada sebagian dari kamu yang nggak menyadari rumah yang kamu tempati sekarang menghadap ke arah mana. Bisa jadi kamar atau ruang-ruang utama kamu menghadap langsung ke arah barat di mana arah matahari lebih intens tersorot. Untuk menyiasatinya, gunakan penghalang sinar di bidang jendela yang langsung menghadap ke arah barat. Bentuknya macam-macam, bisa menggunakan sunscreen atau gorden jendela, menambah bidang canopy atau terusan atap, atau dengan memberi tanaman gantung. Jadi, sinar matahari dan hawa panasnya nggak frontal langsung masuk ke ruang dalam rumah.

Ketinggian Plafon

Sedikit teknis, tapi langkah ini sangat bermanfaat untuk membuat ruang dalam rumah menjadi terasa lebih nyaman. Idealnya, ruang dalam rumah tinggal memiliki ketinggian plafon setidaknya 2,8 – 3 meter untuk sirkulasi udara yang lebih maksimal. Jika lebih rendah dari itu, ruang akan terasa sumpek dan lebih panas, lho! Sirkulasi udara yang baik, tentu akan membuat tekanan udara panas yang masuk ke dalam menjadi lebih sedikit, dan kamar pun menjadi terasa lebih sejuk walau tanpa pendingin ruangan. Cara lain untuk hemat listrik!

dekorasi rumah

Perbanyak Jendela

Sedari awal membangun rumah, bidang bukaan dalam hal ini jendela, adalah hal yang penting. Selain untuk perputaran atau sirkulasi udara dan cahaya, jendela berfungsi juga untuk melanjutkan pemandangan ke luar bangunan. Dengan begitu, saat di dalam ruangan kamu tak mudah merasa penat dan sesak karena sirkulasi udaranya lebih lancar. Untuk itu, hindari kamar yang nggak memiliki bidang jendela sama sekali karena bisa berefek buruk untuk kesehatan. Dengan memperbanyak jendela ini, kamu juga bisa menghemat listrik dengan tak terlalu sering menyalakan AC, lho!

Bikin Taman, Sekalipun Mungil

Sesempit atau seminimal apapun lahan yang ada, jangan lupakan untuk membuat area penghijauan. Terlebih untuk area ruangan yang menghadap  barat dan timur karena langsung terkena sinar matahari. Bukan semata untuk estetika, tanaman bisa membantu meredam hawa panas karena paparan sinar matahari ini. Selain itu, tanaman dapat menyerap unsur karbon dari udara panas yang timbul dari berbagai aktivitas di dapur dan garasi. Segera cek, apakah kamu sudah meletakkan tanaman di sekitar dapur dan garasi?

Bikin Biopori di Halaman

Terkait dengan ruang hijau, sangat dianjurkan dalam rumah tinggal memiliki biopori atau lubang untuk resapan air hujan. Buat lubang setidaknya berdiameter 10 sentimeter sedalam 100 sentimeter pada halaman kamu sebagai tempat untuk menimbun sampah organik untuk menghasilkan kompos. Selain mengurangi genangan air, biopori bermanfaat untuk kesuburan tanah dan menghindari tanah dari kekeringan. Halaman rumahmu pun lebih terasa sejuk, asri, dan nyaman!

Cukup mudah bukan? Selain membuat suasana rumah lebih nyaman, Anda juga bisa tersenyum senang karena pengeluaran untuk tagihan listrik jadi berkurang. Selamat mencoba!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza