Ini Dia 5 Simbol Penting Pada Label Baju dan Cara Bacanya

Selama ini pasti kamu selalu mengacuhkan simbol-simbol yang ada pada label baju saat membelinya. Coba cari tahu arti simbol di label baju.

Berapa banyak dari kalian yang saat membeli baju justru menggunting label pemeliharaan yang terdapat di bagian samping dalam jahitan? Hmm, sepertinya hal ini lumrah kamu lakukan dengan tujuan supaya saat dipakai kamu nggak merasakan ada yang menggelitik pada tubuh karena gatal. Boleh saja kok digunting, tapi sebelumnya baca dulu ya simbol-simbol tersebut supaya baju kamu tetap awet biarpun sudah berkali-kali dicuci. Begini nih cara bacanya..

Simbol Temperatur

temperature

Pernah mengalami hal seperti ini? Baju baru sekali dipakai ketika habis dicuci kemudian jadi sempit saat dipakai kembali? Tenang, bukannya berat badan kamu yang naik, kok. Kamu hanya salah mengatur suhu air saat mencuci. Jika di label baju tertera angka 30C itu berarti kamu harus mencuci baju dengan suhu air 30 derajat celcius. Bisa juga suhu 30C dilambangkan dengan simbol satu titik, 40C dan 50C masing-masing dilambangkan dengan dua titik dan tiga titik.

Simbol Pencucian

pencucian

Ada beberapa model pakaian yang nggak bisa dicuci dengan mesin. Kamu harus perhatikan betul simbolnya. Jika ada simbol tangan itu berarti kamu harus mencuci bajumu secara manual dengan cara direndam dan dikucek perlahan. Namun jika ada simbol ember yang diberi tanda silang, kamu dilarang mencuci bajumu sama sekali.

Baca juga: Cari Tahu Karakter Diri Lewat Model Bawahan Yang Sering Dipakai

Simbol Penyetrikaan

pemutih

Jangan karena kamu ingin cepat bajumu terlihat licin, kamu langsung menyetel suhu setrika dengan suhu yang panas. Nanti baju bisa saja jadi belang atau berkerut. Perhatikan simbol penyetrikaannya. Jumlah titik pada simbol menentukan berapa batas suhu yang boleh kamu setel pada setrika. Satu titik itu berarti kamu harus menyetrika dalam suhu rendah, dua titik adalah suhu medium, dan tiga titik adalah suhu tinggi.

Simbol Pemutih

pemutih

Hati-hati dengan pemutih saat mencuci baju, ya. Walaupun baju kamu berwarna putih, tidak semua bahan pakaian tahan dengan zat kimia yang terdapat pada pemutih. Jika kamu menemukan tanda segitiga kosong, itu berarti kamu boleh menggunakan pemutih untuk bajumu. Tetapi jika segitiganya terisi dan diberi tanda silang, jangan pernah memasukkan cairan pemutih pada rendaman baju.

Simbol Dry Cleaning

dry_cleaning

Jika ada simbol seperti huruf A, F, dan P di dalam lingkaran atau lingkaran dengan garis di bagian samping, itu berarti baju kamu membutuhkan teknik dry clean. Agar lebih aman, kamu bisa membawanya ke laundry langganan karena umumnya tempat laundry sudah tahu betul bagaimana mencuci baju dengan simbol-simbol seperti itu.

Sekarang kamu sudah bisa baca simbol-simbol rumit pada baju, tentu baju favorit kamu bisa jadi lebih awet dan tampak baru walaupun sudah sering kamu pakai. Cukup membantu, kan?

Baca juga: 6 Benda Fashion Penting Penyelamat Penampilan

Categorised in: , ,

This post was written by Jessica Esther