• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Ingin Mempersiapkan Pernikahan? Ini Dia 5 Hal Penting yang Nggak Boleh Terlewatkan

Ingin Mempersiapkan Pernikahan? Ini Dia 5 Hal Penting yang Nggak Boleh Terlewatkan

Cek 5 hal penting berikut ini yang nggak boleh terlewatkan dalam mempersiapkan pernikahan.

Ketika memasuki usia kepala dua, dan semakin bertambahnya lagi usia kamu pastinya akan mulai banyak menerima undangan pernikahan dari berbagai temanmu. Mulai dari teman sekolah, kuliah, hingga teman kerjamu satu per satu mengadakan pernikahan untuk memulai tahapan baru dalam hidupnya. Pernikahan memang impian setiap wanita dan kebanyakan wanita sekarang ini ingin menikah diusia muda selain sudah sangat cinta, juga dengan alasan agar jarak usia dengan anak nantinya tidak terlalu jauh. Memang tak ada larangannya untuk menikah diusia muda, namun tentunya pastikan betul bahwa kamu benar-benar sudah siap dan mantap untuk memulai perjalanan barumu sebagai seorang suami atau seorang istri sebelum mengambil keputusan untuk menikah.

Pernikahan adalah sebuah langkah besar dalam perjalanan hidup seseorang untuk memasuki tahapan dimana dua orang yang saling mencintai siap untuk menjadi satu dan membangun sebuah keluarga yang bahagia. Pernikahan juga merupakan ibadah, untuk itu, hari dimana akan terucap akad atau janji sehidup semati bersama pasangan haruslah sempurna. Persiapan pernikahan tidak bisa dilakukan dalam sekejap, karena banyaknya hal yang harus kamu rincikan dengan teliti agar tidak ada yang terlewatkan. Untuk itu, cek saja 5 hal penting berikut ini yang nggak boleh terlewatkan dalam mempersiapkan pernikahan.

Tentukan Tanggal dan Tema, Serta Cari Venue Untuk Pernikahanmu

Yang paling penting dan utama adalah menentukan tanggal untuk menyelenggarakan pernikahan impianmu. Bicarakan bersama pasanganmu tanggal yang tepat untuk menikah. Tak hanya bersama pasangan, diskusikan pula tanggal pernikahan yang sudah kamu pilih bersama pasangan kepada keluarga dari kedua belah pihak. Tentukan pula tema atau konsep pernikahan yang ingin kamu selenggarakan tentunya yang disukai oleh pasanganmu dan keluarga dari kedua belah pihak. Setelah sudah mendapatkan tanggal dan tema pasti untuk hari pernikahanmu, mulailah mencari venue atau tempat untuk pernikahanmu yang sesuai tema dan tentunya available pada tanggal yang kamu tentukan. Terkadang memilih tanggal pernikahan juga ditentukan dengan ketersediaan tanggal pada venue yang ingin kamu gunakan. Untuk itu, sebaiknya kamu sudah harus menentukan tanggal dan mencari venue mulai dari setahun sebelumnya. 

Berbagi Pemikiran Bersama Pasangan dan Keluarga

Pertemuan keluarga dari kedua belah pihak tentunya sudah pasti merupakan hal yang wajib untuk dilakukan sebelum memulai persiapan pernikahan. Tak hanya untuk meminta restu dan izin untuk menikah, namun kamu juga sebaiknya berbagi rencana pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan. Memang betul bahwa hari pernikahan adalah hari besar yang sangat penting terutama untuk kamu dan pasangan, namun kamu juga harus ingat bahwa keluargamu juga hadir dam memiliki peran penting dalam hari bahagiamu tersebut. Untuk itu sangat penting jika kamu ikut melibatkan keluargamu dan keluarga pasanganmu untuk meminta saran dan pendapat mengenai rencana pernikahan yang kamu inginkan. Bersama keluarga juga, bicarakanlah mengenai berapa banyak tamu undangan yang akan kalian undang pada hari bahagia tersebut.

Perhitungan Biaya Pernikahan

Untuk mengadakan acara pernikahan, tak sedikit biaya yang nantinya harus kamu keluarkan. Mulai dari biaya lamaran, sewa venue, undangan, catering, photographer dan videographer, pelaminan dan dekorasi, hingga biaya pakaian semuanya harus kamu perhitungkan dengan rinci. Tentukan pula apakah kamu mau menggunakan wedding organizer, atau ingin menikmati mempersiapkan pernikahanmu sendiri. Jika ingin menggunakan wedding organizer tentunya ada biaya lebih untuk membayar jasanya. Mulailah menabung bersama pasangan untuk bisa mencapai total biaya yang telah kamu perhitungkan. Dan rajinlah berkeliling untuk mencari dan membandingkan pilihan gedung atau tempat untuk merayakan hari pernikahanmu nanti. Pastikan memilih gedung atau tempat yang sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu inginkan dengan harga sewa yang juga sesuai dengan budget kamu dan pasangan.

Berkas-Berkas Penting Yang Harus Diurus Untuk Pernikahan

Mempersiapkan pernikahan tak hanya soal acara besar yang akan kamu selenggarakan pada tanggal pilihanmu bersama pasangan. Untuk menyelenggarakan pernikahan tentunya Kamu harus menyerahkan beberapa berkas-berkas penting untuk mendapatkan penghulu dan juga untuk mendaftarkan pernikahan Kamu ke catatan sipil agar tak hanya sah dalam agama namun juga sah dimata hukum. Berkas-berkas yang perlu kamu urus juga bergantung pada lokasi dimana kamu akan menyelenggarakan pernikahan. Untuk itu persiapkan dan mulailah mengurus semua berkas-berkas penting yang kamu butuhkan dari jauh hari agar semua persiapan menuju pernikahanmu bisa berjalan dengan lancar.

Persiapkan Dirimu Sendiri Lahir dan Batin Menuju Hari Pernikahan

Sekali lagi, pernikahan bukan hanya mengenai pesta atau acara besar yang hanya akan diselenggarakan dalam satu hari, namun juga mengenai kesiapan kamu untuk memulai tahapan hidup yang baru bersama pasanganmu. Jadi tak hanya persiapan untuk tempat, dekorasi, pakaian, dan hal lainnya yang menyangkut pesta pernikahan, yang paling penting adalah persiapan untuk dirimu sendiri. Karena setelah pernikahan, duniamu benar-benar baru dan kamu harus sudah siap menghadapinya. Kamu pun sudah mempunyai tanggung jawab baru sebagai istri ataupun suami. Lingkungan sosialmu pun akan berubah dan bertambah dengan lingkungan sosial pasanganmu yang akan menjadi satu setelah menikah nantinya. Jadi pastikan kamu juga telah siap lahir dan batin untuk memulai lembaran baru dalam kehidupanmu.

Categorised in: ,

This post was written by Kareen Nayenggita