• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 6 Hidangan Berbuka Puasa Mudah buat Kamu yang Nggak Jago Masak

6 Hidangan Berbuka Puasa Mudah buat Kamu yang Nggak Jago Masak

Nggak bisa masak?Jangan khawatir, resep hidangan buka puasa berikut sangat mudah dibuat dan nggak pakai peralatan atau bahan yang aneh-aneh.

Si mbok lagi pulang kampung dan kamu nggak bisa masak. Kalau buka puasa di luar melulu juga kayaknya jadi boros banget. Hayo, kamu bisa kok mandiri tanpa si mbok walaupun kamu nggak bisa masak. Apalagi kalau kamu anak kosan. Ada-ada aja makanan yang bisa dibuat dengan skill memasak yang minim. Yuk dicoba!

Hidangan Tanpa Kompor

Sandwich

Kumpulan Resep Hidangan Buka Puasa yang Mudah dibuat2

Sumber gambar: Greekfood Tamystika

Ini mungkin hidangan buka puasa termudah yang bisa kamu buat. Isinya pun dapat kamu sesuaikan dengan seleramu. Kamu hanya butuh roti tawar atau roti gandum, selada, tomat, keju, telur, dan daging matang yang biasanya dijual di supermarket. Telurnya bisa kamu buat telur ceplok atau rebus kemudian dipotong-potong dan masukkan ke dalam sandwich buatanmu.

Nasi Goreng Rice Cooker

Kumpulan Resep Hidangan Buka Puasa yang Mudah dibuat3

Sumber gambar: Sharon Ang

Untuk membuat makanan ini, peralatan dan yang kamu perlukan adalah rice cooker, beras, bumbu nasi goreng praktis yang dijual di supermarket, dan telur. Tahap awal yang perlu kamu kerjakan adalah menanak nasi seperti biasa menggunakan rice cooker.

Kemudian setelah matang langkah selanjutnya adalah mencampurkan bumbu nasi goreng dengan nasi yang sudah dibuat. Pada tahap ini, pastikan kamu sudah mencampurkan bumbu dan nasi dengan merata. Setelah itu, tutup rice cooker dan tunggu beberapa saat hingga bumbu meresap dan menjadi nasi goreng rice cooker.

Langkah terakhir adalah membuat telur ceplok menggunakan rice cooker. Angkat terlebih dahulu nasi goreng yang telah dibuat tadi dari rice cooker dan bersihkan sedikit teflon yang digunakan. Kemudian barulah kamu menggunakan rice cooker untuk membuat telor cepok.

Bagaimana mudah bukan?

Baca juga: Nggak Pengen Tambah Gemuk Selama Ramadhan? Ikuti Tips-tips Berikut

Macaroni Cream Soup

Kumpulan Resep Hidangan Buka Puasa yang Mudah dibuat4

Sumber gambar: Pixel1

Untuk membuat Cream Soup kamu membutuhkan rice cooker, sekotak susu Ultra Full Cream, kentang, macaroni, keju yang diparut, corned beef kalengan, garam, dan air.

Langkah awal, bersihkan kentang dan rebus menggunakan rice cooker. Setelah matang, angkat kentang-kentang tersebut dan potong kecil-kecil sesuai dengan ukuran yang kamu sukai. Kemudian untuk memasak sop, panaskan susu terlebih dahulu menggunakan rice cooker. Setelah cukup panas, masukkan kentang, parutan keju, macaroni, corned beef, dan garam secukupnya. Aduk-aduk secukupnya, lalu tutup rice cooker dan tunggu hingga sop matang.

Steamboat

Kumpulan Resep Hidangan Buka Puasa yang Mudah dibuat1

Sumber gambar: Cegoh

Steamboat adalah makanan berkuah yang berisi macam-macam bahan makanan, seperti daging, sayur, bakso, crab stick, dan lainnya. Jadi kamu bisa mengisi steamboat dengan bahan-bahan yang sesuai dengan selera kamu.

Selain rice cooker, bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat kuah steamboat adalah air kaldu, garam, gula, merica, potongan daun bawang, dan tahu sutra. Cara membuatnya adalah dengan memasak air kaldu terlebih dahulu menggunakan rice cooker. Kemudian campurkan dengan garam, gula, merica, daun bawang, dan tahu sutra yang telah dipotong-potong.

Pada saat yang bersamaan, masukkan isi steamboat yang sudah kamu siapkan. Seperti daging sapi, bakso, sayur, dan lainnya. Aduk-aduk secukupnya, lalu tunggu dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, aduk kembali untuk memastikan bumbu tercampur dengan merata, lalu angkat dan steamboat sudah siap kamu santap selagi hangat!

Hidangan yang Menggunakan Kompor

Kue Dadar Manis

Kumpulan Resep Hidangan Buka Puasa yang Mudah dibuat6

Sumber gambar: Romi

Untuk membuat kue dadar manis, kamu memerlukan sebuah teflon, mentega, dua cangkir tepung terigu, air, susu kental manis, dan vanilla extract. Langkah awal adalah dengan mencampurkan tepung terigu, air, dan susu kental manis. Gunakan ketiga bahan tersebut secukupnya hingga tepung terigu larut dan nggak menggumpal. Pastikan juga adonan nggak terlalu kenal, tapi nggak terlalu cair. Lalu tambahkan vanilla extract secukupnya.

Langkah selanjutnya adalah membuat kue dadar. Caranya, panaskan teflon terlebih dahulu di atas kompor. Kemudian setelah cukup panas, oleskan mentega ke seluruh permukaan teflon. Lalu masukkan adonan tadi secukupnya ke dalam teflon dan goyang-goyangkan hingga adonan menyebar dengan rata ke seluruh permukaan teflon.

Nggak menunggu waktu lama, adonan tadi dengan cepat akan menjadi lapisan kue dadar. Jadi jangan lupa untuk membalikan lapisan tersebut, sehingga kedua sisinya matang. Setelah matang, angkat lapisan itu, tiriskan minyak dan biarkan sebentar hingga sedikit dingin.

Setelah itu, tahap akhir adalah menambahkan topping atau isi yang sesuai dengan selera kamu. Seperti panduan isi selesai kacang dan meises coklat, selai coklat dan parutan keju, atau bahkan bisa diisi dengan potongan buah dan krim kocok. Bagian akhir yaitu menggulung lapisan kue dadar yang telah ditambahkan dengan isi tadi.

Martabak Mie

Kumpulan Resep Hidangan Buka Puasa yang Mudah dibuat5

Sumber gambar: Tookapic

Untuk membuat martabak mie, kamu hanya butuh teflon, indomie goreng, telur, dan minyak goreng. Caranya, rebus indomie hingga matang, lalu angkat dan tiriskan airnya. Kemudian campurkan dengan bumbu indomie dan aduk hingga rata. Setelah itu, campurkan rebusan indomie tadi dengan telur yang telah dikocok. Langkah selanjutnya, panaskan minyak pada teflon. Lalu masukan adonan indomie tadi dan masak hingga matang. Selamat mencoba!

Sumber gambar utama: Wokandapix

Categorised in: , ,

This post was written by Karen Tungka