• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 10 Film Horor Indonesia Paling Nyeremin, Diurutkan Dari Paling Jadul

10 Film Horor Indonesia Paling Nyeremin, Diurutkan Dari Paling Jadul

Bingung memilih film horor Indonesia yang seram untuk kamu tonton pas malam Halloween? Yuk kita lihat film-film berikut ini!

Untuk kalian para penggemar film horor, pasti sudah pernah menonton film-fim horor box office seperti The Conjuring, Ouija Board, Shutter, The Ring, dll. Tapi kalian tahu nggak? Ternyata banyak sekali film horor Indonesia yang nggak kalah seram dari film-film box office barat, lho!

Jika dibandingkan dengan hantu di film barat, sosok hantu di beberapa film horor Indonesia memang masih cukup tradisional dan kental dengan mitos. Tema yang ditampilkan nggak akan jauh dari santet, sundel bolong, kuntilanak, dan pocong. Tapi, justru sosok seperti merekalah yang bisa membuat bulu kuduk kita berdiri.

Nah, film horor Indonesia mana sih yang bisa dikategorikan sebagai film horor terfavorit? Yuk kita lihat susunannya dari yang paling jadul sampai yang terbaru!

1. Beranak dalam Kubur (1972)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: CinemaPoetica

Film horor yang satu ini merupakan film horor Indonesia yang fenomenal. Apalagi ada sosok Suzanna, si ratu horor Indonesia yang ikut berperan di dalam film ini. Saking terkenalnya, film ini sampai dibuat versi barunya pada tahun 2007, lho!

Film ini menceritakan tentang dua orang kakak beradik bernama Dhora dan Lila. Karena kakak beradik ini tidak rukun, sang Ayah mengirim Lila untuk tinggal di kota. Beberapa tahun kemudian, Lila yang tengah mengandung pulang ke kampung halamannya. Namun, siapa sangka, Dhora sudah menantinya dengan berbagai rencana jahat. Termasuk mengubur Lila hidup-hidup!

2. Sundel Bolong (1981)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: Dashyat

Siapa yang nggak pernah mendengar mitos sundel bolong? Sundel bolong digambarkan sebagai seorang perempuan yang memiliki punggung yang bolong, bergaun putih, dan berambut panjang. Katanya sih, sundel bolong ini nutupin punggung bolongnya dengan rambut panjang itu.

Masih diperankan oleh Suzanna, film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Alisa yang meninggal secara tidak wajar dan menjadi sundel bolong. Sosok hantu yang mengerikan ini meneror para warga dan orang-orang yang bertanggung jawab atas kematiannya tersebut.

3. Telaga Angker (1984)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: Tribunnews

Film ini bercerita tentang Anita yang sedang hamil dan menjadi korban pembunuhan. Mayat Anita dan adik iparnya kemudian ditenggelamkan di sebuah telaga. Akibatnya, sosok arwah penasaran Anita pun berkeliaran untuk mencari dan membunuh para penjahat tersebut.

Hiii, sosok mistis Suzanna yang mengenakan gaun putih panjang dan menggendong bayi di film ini dijamin bakal bikin bulu kuduk kamu berdiri!

4. Santet (1988)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: ZetaBoards

Sama seperti film horor lainnya, film horor Indonesia ini juga berlatar belakang balas dendam. Kisahnya berpusat pada seorang wanita bernama Katemi yang bersedia menjadi murid seorang dukun jahat bernama Nyi Angker untuk membalaskan kematian suaminya.

Katemi pun mulai melakukan hal-hal tidak wajar yang Nyi Angker perintahkan, seperti memakan ari-ari bayi dan turun ke dalam sungai yang penuh buaya.

5. Jelangkung (2001)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: Raditheraphy

Dunia film horor Indonesia memang sempat mengalami penurunan sejak tahun 90an. Munculnya film Jelangkung ini disebut-sebut sebagai pionir kebangkitan film horor Indonesia.

Film yang disutradarai oleh Jose Poernomo dan Rizal Mantovani ini mengisahkan tentang empat orang sekawan yang pergi ke desa Angkerbatu untuk mencari makhluk gaib. Karena nggak menemukan penampakan apapun, mereka melakukan ritual Jelangkung untuk memanggil makhluk halus di tempat itu. Sedikit yang mereka ketahui, ritual mengerikan yang mereka lakukan malah berujung bencana bagi diri mereka sendiri.

Selain Nonton, Main Game Serem Juga Bisa Bikin Susah Tidur

6. Mirror (2005)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: mubi

Diperankan oleh Nirina Zubir, film ini bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Kikan yang dapat melihat kematian orang lain melalui cermin. Banyak arwah dari kejadian tersebut juga akhirnya menghantui Kikan. Kejadian paranormal ini membuat jiwa Kikan terguncang pada saat ia tidak dapat melihat bayangannya sendiri di cermin.

7. Leak (2007)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: Brilio

Film ini bercerita tentang sosok mistis yang terkenal dengan sebutan Leak. Leak adalah seorang manusia yang mempunyai ilmu sihir jahat dan bisa mengubah dirinya menjadi bentuk-bentuk aneh seperti babi atau bola api.

Cantika memiliki ayah (Wayan Ardhana) yang menganut ilmu Leak dengan tujuan untuk mendapatkan kekayaan. Namun, sayangnya ilmu Leak Wayan seringkali memakan korban. Akibatnya, rentetan kejadian mengerikan pun terjadi. Beberapa arwah penasaran yang merupakan korban dari Wayan ini mulai menghantui dan meneror Cantika.

8. Macabre / Rumah Dara (2010)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: Azizonblog

Berbeda dengan film horor pada umumnya, film horor indonesia karya The Mo Brothers ini bergenre slasher horor. yang artinya mengandung unsur sadis. Walaupun nggak ada hantu yang muncul di sini, film ini tetap merupakan horor Indonesia yang pantas diacungi jempol. Akting Daneesh dan para pemain lainnya di sini juga totalitas banget, lho!

Plot dibuka dengan kedatangan enam orang sahabat ke rumah seorang wanita bernama Dara. Dari situlah teror dimulai, Dara yang ternyata seorang psikopat mempunyai rencana jahat untuk memutilasi keenam tamunya. Apakah keenam sahabat ini bisa lolos dari kesadisan Dara?

9. Oo Nina Bobo (2014)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: BreakTime

Diangkat dari judul lagu yang sama, film ini bercerita tentang seorang psikiater (Karina) yang ingin menyembuhkan seorang anak bernama Ryan yang mengidap penyakit post traumatic disorder. Ryan merupakan satu-satunya anggota keluarga yang selamat dari pembantaian misterius yang terjadi lima tahun silam.

Karina kemudian membawa Ryan ke rumah dimana pembantaian tersebut terjadi untuk memastikan bahwa Ryan sudah sembuh total dari penyakitnya tersebut. Tanpa Karina sadari, tindakannya membawa Ryan kembali ke rumah tersebut berujung malapetaka yang mengancam nyawa mereka berdua.

10. Indera Keenam (2016)

film horor indonesia seram untuk halloween

Sumber: Sidomi

Nah, film horor Indonesia yang terbaru ini kabarnya tidak kalah seram dari Conjuring. Cara pengambilan gambar di film ini pun sangat bagus dan profesional, jadi dapet banget deh kesan horornya!

Indera Keenam menceritakan tentang seorang ibu setengah baya bernama Merry yang baru saja pindah ke sebuah rumah bersama anak gadisnya, Dina. Hidup Merry dan Dina selama ini memang tidak tenang karena mereka memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus.

Pada suatu hari, Merry masuk rumah sakit dan meninggalkan Dina sendirian di rumah tersebut. Dina yang awalnya senang hidup tanpa tekanan dari ibunya, lama kelamaan mulai merindukan sosok ibunya. Kembalinya Merry dari rumah sakit, membuat Dina sangat senang. Tetapi, Alex, lelaki yang dekat dengan Dina, merasakan ada keganjilan pada Merry dan rumah tersebut.


Bagaimana, cukup seram kan film-film horor lokal karya anak bangsa ini? Semua film ini bisa kamu jadikan tontonan untuk mengisi malam Halloween kamu, lho! Selamat menonton!

Masih Haus Cerita Horor? Yuk Simak Kumpulannya Di Siniartikel serem dan horor, temukan di mozaic

Categorised in: , , ,

This post was written by Rachel Hambali