• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Fashion
  • >
  • Dari Katun Sampai Linen, Semua Yang Perlu Kamu Tahu Soal Merawat Bahan Pakaian

Dari Katun Sampai Linen, Semua Yang Perlu Kamu Tahu Soal Merawat Bahan Pakaian

Beda bahan pakaian berbeda pula cara merawatnya. Tips ini membuat bahan pakaianmu jadi lebih awet!

Rasanya kamu baru saja membeli baju dan nggak sampai dipakai tiga kali kok bahannya sudah tak sebagus dulu, ya? Jangan langsung menyalahkan si penjual atau tempat online shop langganan kamu. Bisa jadi kamu hanya salah merawat bajumu tersebut. Soalnya ada beberapa bahan tertentu yang harus dicuci dengan cara khusus dan bahkan disetrika dengan tingkat panas tertentu. Cari tahu, yuk!

Baca Juga: 5 Simbol Penting Pada Pakaian dan Cara Membacanya

Bahan Katun

katun

Umumnya bahan ini digunakan di hampir banyak pakaian produksi lokal. Selain adem, bahan ini juga mudah menyerap keringat. Tapi kamu harus ingat karena bahan ini termasuk bahan natural, maka kamu nggak boleh menuangkan pewangi cair langsung ke pakaianmu saat mencuci. Bisa menimbulkan noda kecoklatan, lho! Kalau kamu suka baju dengan bahan katun, Massilca juga banyak koleksinya.

Bahan Denim

denim

Jarang yang tahu kalau sebenarnya denim juga terbuat dari katun atau kapas. Jarang pula yang mengerti kalau sebenarnya denim itu nggak boleh terlalu sering dicuci. Kamu nggak akan melihat perbedaannya saat baru sekali dua kali dicuci, tapi apabila selalu dicuci setelah dipakai bisa membuat warnanya pudar dan jadi mudah robek.

Bahan Linen

linen

Ada beberapa perempuan yang kurang menyukai baju berbahan linen. Alasannya karena bahan satu ini mudah kusut walaupun sangat nyaman dikenakan di negara kita. Padahal, mudah kok untuk merawat bahan satu ini. Setrika linen di saat keadaannya masih setengah kering dengan tingkat panas medium. Linen pun jadi lebih tahan lama dan tingkat kekusutannya bisa dikurangi.

Bahan Polyester

polyester

Sebenarnya bahan polyester itu mirip dengan bahan katun. Yang membedakan, polyester bertekstur lebih halus namun sedikit lebih ringkih. Cara mencuci bahan ini nggak sulit, bisa dengan tangan, mesin cuci atau dry clean. Yang harus diperhatikan adalah cara menjemurnya. Hindari mengeringkan pakaian berbahan polyester langsung di bawah sinar matahari, ya!

Bahan Rajut

rajut

Nah, bahan satu ini membutuhkan teknik ekstra untuk merawatnya agar tetap terlihat baru walau sudah dipakai berulang kali. Bahan rajut nggak boleh bersentuhan dengan banyak detergent saat dicuci. Hindari juga menyikat bagian yang terkena noda. Bulu pada sikat akan membuat serabut rajutan rusak dan setelah kering akan membuat pakaianmu seperti berbulu. Kalau favorit kamu adalah knit dress, kamu juga bisa cari di Massilca.

Baca Juga: Hal-Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Batik

Sudah tahu cara merawatnya, kini kamu nggak ragu lagi dong untuk memilih bahan-bahan pakaian di atas?Mau bahan pakaian apapun, jangan lupa kamu bisa mencarinya di Massilca dengan harga yang relatif terjangkau.

Categorised in: , ,

This post was written by Jessica Esther