• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 7 Tips Ampuh untuk Menolak Cowok Tapi Tetap Terkesan Friendly

7 Tips Ampuh untuk Menolak Cowok Tapi Tetap Terkesan Friendly

Mau menolak tapi takut dijauhi, mau balas chat-nya tapi takut dibilang PHP. Simaklah 7 tips ini agar bisa menolak cowok yang halus.

Apakah kamu berada di tengah kegalauan mencari cara untuk menolak cowok yang sedang deketin kamu? Kalau hanya menolak saja sih nggak sesulit itu, yang lebih susah adalah menghadapi apa yang terjadi setelah penolakan.

Bagaimana cara menolak yang tepat agar nggak menyakitkan sehingga si dia nggak baper. Terlebih lagi kalau sebenarnya si dia adalah teman dekatmu atau teman yang sangat menyenangkan.

Kalau kita tetap merespon, nanti dibilang PHP alias Pemberi Harapan Palsu. Kalau langsung menolak mentah-mentah, kita bisa langsung dijauhin dan akhirnya kehilangan teman baik. So, buat kamu yang lagi bingung dengan masalah yang sama, yuk simak 7 tips menolak cowok namun tetap friendly ini.

Perhatikan Jeda Waktu Membalas

Tips Ampuh untuk Menolak Cowok tapi Tetap Terkesan Friendly 2

Kalau cowok sedang PDKT (pendekatan), sudah pasti dia akan mencoba chat kamu terus menerus karena ingin ngobrol dan tahu keadaanmu setiap saat. Tapi, jika kamu memang nggak ingin menerima perasaannya, balaslah chat dengan jeda waktu yang lama seperti setiap beberapa jam sekali atau bahkan keesokan harinya.

Kamu nggak perlu berbohong mencari alasan kenapa terlambat membalas, dengan itu si cowok bisa sadar kalau kamu nggak tertarik untuk chat dengannya, dan kamu nggak perlu menyakiti perasaannya.

Menyudahi Chat yang Terus Menerus

Tips Ampuh untuk Menolak Cowok tapi Tetap Terkesan Friendly 3

Namun, ada juga cowok yang kekeh dan nggak mempan dengan langkah pertama. Dia masih akan terus bersabar menanti balasanmu atau terus memanggilmu. Kalau begini, lebih baik setelah beberapa kali chat, kamu sudahi saja.

Kamu bisa memberitahu ke dia kalau kamu perlu melakukan sesuatu, atau ada urusan lain seperti, “aku harus bantu mama dulu nih, brb ya” atau “sudahan dulu ya, aku lagi menyetir mobil”.

Jangan Pernah Tanya Balik

Tips Ampuh untuk Menolak Cowok tapi Tetap Terkesan Friendly 4

Si dia pasti akan ingin terus mencari tahu apa yang sedang kamu lakukan dan mencoba menunjukkan perhatian dengan bertanya apakah kamu sudah makan, sudah mau tidur, dan sebagainya. Tapi, jika kamu nggak ingin memberinya harapan, jangan sekali-kali bertanya balik!

Cukup jawab saja pertanyaannya, karena jika kamu bertanya balik artinya kamu juga menunjukkan perhatian yang sama pada dia.

Baca juga: 5 Pasangan Zodiak yang Paling Cocok Jadi Soulmate

Penggunaan Kata yang Efisien

Tips Ampuh untuk Menolak Cowok tapi Tetap Terkesan Friendly 5

Kadang pasti kamu bingung, kalau balas terlalu panjang nanti terkesan kamu menanggapi chat-nya, tapi kalau kependekan terkesan jutek. Jadi untuk mengatasinya, lebih baik kamu menggunakan kata-kata secara efisien!

Contohnya tambahkan huruf belakang supaya terkesan panjang, atau tambahkan tawaan agar terkesan lebih ramah seperti “udah hehe” atau “udah donggg”. Dengan cara ini, kamu nggak perlu tanya balik kan untuk panjangin chatnya?

Pemilihan Kata yang Tepat

Tips Ampuh untuk Menolak Cowok tapi Tetap Terkesan Friendly 6

Kamu tahu nggak sih kalau kata-kata yang kamu gunakan juga bisa bikin salah paham? Sering kali orang menjawab apa adanya, tapi si lawan bicara malah salah tangkap dan terlanjur baper. Maka dari itu, kamu harus sangat berhati-hati dalam memilih kata sebelum membalas chat si dia.

Misalnya, saat dia chat “Hai Anna!”, kamu jangan balas dengan “Hai Bobby” atau “Halo juga”. Lebih baik balas “Ya, ada apa ya, Bob?”. Atau saat menyudahi chatnya sebelum tidur, jangan menggunakan “goodnight”, tapi gunakan “bye” atau “dadah”. Pilihlah kata-kata yang lebih sederhana, namun nggak menunjukkan kasih sayang.

Tetap Tersenyum Saat Bertemu

Tips Ampuh untuk Menolak Cowok tapi Tetap Terkesan Friendly 7

Sumber: Flickr

Walaupun kamu jarang atau belum membalas chat-nya saat itu, jangan panik atau kabur saat bertemu dengannya. Justru kamu jangan lupa untuk tetap menyapa si dia! Tunjukkan kalau kamu adalah kamu yang biasanya. Kamu yang tidak salah tingkah ketika ketemu orang yang sedang deketin kamu.

Kalau dia melihat kamu salah tingkah, dia akan merasa kalau usaha PDKT-nya selama ini membuahkan hasil. Kamu cukup tersenyum saja pada dia agar tetap friendly.

Pasang Foto dengan Pacarmu

Tips Ampuh untuk Menolak Cowok tapi Tetap Terkesan Friendly 8

Sumber: Flickr

Ini adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk membuat si dia secara alamiah berhenti PDKT dan chat kamu setiap hari. Buat kamu yang sudah punya pasangan, cobalah mengganti display picture di media sosial dengan foto berdua sama pacarmu.

Contohnya seperti foto selfie ala wide lense yang lagi kekinian. Setelah melihat kemesraan kamu dan pasanganmu, si dia akan sadar diri dan mundur dengan sendirinya tanpa harus kamu yang menolak atau menjauhkan diri.


Nah itulah 7 tips untuk kamu yang ingin menghindar dari keagresifan cowok-cowok yang sedang deketin kamu. Jika sudah punya pasangan, tips terakhir sudah pasti jadi cara yang paling efektif. Tapi untuk kamu yang masih single, jangan bingung dan ikuti tips-tips lainnya, ya. Good luck, girls!

Categorised in: , ,

This post was written by Erine Yovinda