• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Cara Ampuh Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi

Cara Ampuh Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi

Untuk mencegah tubuh dehidrasi, kamu perlu lakukan beberapa langkah sehat berikut ini!

Sekalipun nggak lagi olahraga, tubuh bisa kena dehidrasi alias kekurangan cairan. Misalnya saat berkeringat atau buang air kecil, cairan dalam tubuh tentu berkurang. Akibatnya, bukan saja rasa haus, tapi tubuh juga akan kekurangan oksigen dan mengalami rasa lemas yang berlebihan. Bahkan, dehidrasi berlebihan bisa bikin nyeri kepala dan migren, loh!

Nggak pengen hal tersebut melanda kamu, kan? Kalau gitu, kamu bisa mencegah terjadinya dehidrasi di tubuh dengan langkah-langkah berikut ini:

8 Gelas Sehari

poin_1

Wajib hukumnya, setiap orang dewasa minum 2 liter air putih atau setara 8 gelas setiap harinya. Ini jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa bermetabolisme dengan baik. Biar nggak lupa minum, kamu bisa menyimpan gelas mug lucu untuk digunakan sehari-hari. Jangan lupa juga, sebelum, saat, dan sesudah olahraga, kamu juga harus mencukupi tubuh dengan minum air putih.

Tambah Zat Mineral

poin_2

Walau kamu sudah mencukupi kebutuhan minum air putih untuk sehari-hari, tubuh kita tetap memerlukan zat mineral. Mengapa? Karena zat mineral itu akan membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh kita. Diantaranya bisa kamu dapat dari buah semangka, melon, anggur, jeruk, hingga tomat. Pastikan buah ini ada di menu makanmu sehari-hari, ya!

Baca juga: Manfaat sehat makanan berdasarkan warnanya. 

Hindari Asin Berlebihan

poin_3

Perlu kita ketahui sama-sama, kalau garam itu memiliki kandungan yang bernama natrium klorida yang ternyata dapat mengekang atau menyerap cairan dalam tubuh. Akibatnya, tubuh kita jadi cepet ngerasa haus, dan bahkan dehidrasi. Kalau gitu, yuk mulai batasi konsumsi makanan yang terlalu asin, khususnya saat sarapan.

Pilih Area Olahraga

poin_4

Jika tubuh lagi nggak terlalu fit namun kamu tetap ingin berolahraga, sebaiknya hindari olahraga di area outdoor. Juga hindari dulu berolahraga di suhu ruang yang tinggi, seperti ikut kelas yoga bikram. Kondisi ini hanya akan bikin tubuh semakin kekurangan cairan dan terasa cepat lelah. Lakukan saja di ruangan bersuhu normal, dengan pakaian olahraga yang nyaman.

Baca juga: Online shop yang jual pakaian olahraga keren.

Batasi Ruang AC

poin_5

Bukan berarti berada di ruang AC yang nyaman, bikin tubuh kita aman dari dehidrasi. Suhu rendah ini akan pelan-pelan menghisap kelembapan dan cairan di tubuh kita. Nggak heran kalau berlama-lama di ruang AC, kulit tubuh akan kering, mengerut, atau bahkan bibir pecah-pecah sehingga perlu penggunakaan lipbalm. Jadi maksimal 2 jam sekali, sebaiknya berjalan-jalan keluar dari ruangan dingin tersebut, ya!

Pokoknya, jangan sampai dehidrasi melanda tubuhmu. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan tepat!

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza