Cantik saat Bergaya Etnik, Yuk Pakai 5 Aksesori Ini!

Dari batik sampai songket, apa saja sih aksesori yang cocok dipadupadankan dengan pakaian tradisional Indonesia?

Sebagai perempuan, pasti kita sering merasa bingung ya bagaimana memadupadankan pakaian, apalagi ketika harus tampil formal di depan orang banyak. Akhir-akhir ini, pakaian tradisional Indonesia seperti batik dan kebaya sedang ngetrend banget dipakai dengan cara yang lebih modern sehingga bisa dipakai untuk pesta, acara semi-formal, atau arisan dengan teman.

Setelah mix and match baju selesai, permasalahan baru pun muncul, yaitu dengan aksesori apa sebaiknya pakaian dengan motif yang sudah ‘ramai’ ini dipadankan? Contek panduan kami ya!

Kalung Bebatuan untuk Si Songket

Untuk bahan pakaian yang agak mengilat seperti kain songket, tentu kita butuh aksesori untuk membuat perhatian orang lain tertuju pada songket cantik kita. Tambahkan kalung bebatuan dengan warna senada dengan kain yang kamu gunakan. Nah, untuk menggunakan aksesori atau sentuhan bebatuan lain dalam outfitmu, lebih baik jangan lebih dari 2 jenis! Penasaran kenapa? Simak alasannya di artikel ini.

Statement Necklace untuk Si Kutu Baru

Tak bisa dipungkiri tren kebaya kutu baru sedang jadi tren untuk pergi ke pesta. Potongannya yang super simpel membuat kebaya ini jadi andalan untuk jadi kebaya bridesmaid untuk pernikahan. Untuk mengakali bagian dada yang terkesan terlalu polos, kamu sah-sah saja memakai kalung yang agak ‘heboh’ seperti statement necklace untuk membuat kesan mewah. Hasilnya, kebaya kutu barumu akan terlihat lebih modern saat dipakai.

Sepatu Etnik untuk Si Kebaya Polos

Punya kebaya bermotif polos di rumah dan bingung memadupadankannya dengan apa? Kamu bisa menggunakan rok bermotif polos juga lho! Triknya agar tak terlihat serba polos, andalkan sepatu bermotif etnik untuk mempercantik penampilanmu. Atau kalau kamu ingin memberikan sentuhan brokat yang vintage untuk si sepatu kesayangan, jangan lupa contek DIY kami ya!

Velvet Clutch untuk Si Dress Batik

Sedang mood menggunakan dress batik kesayangan? Biasanya menggunakan dress batik saja akan membuat tampilanmu terlihat membosankan, oleh karena itu kamu harus memberi sentuhan lain pada penampilanmu ini. Coba padankan dress batik ini dengan clutch berwarna senada dengan aksen velvet untuk membuatnya terlihat lebih mewah. Atau kalau mau tampil aman, cukup gunakan velvet clutch berwarna hitam dengan sentuhan bebatuan di bagian atasnya.

Double Earring untuk Si Rok Batik

Bisa dibilang kegemaran akan rok batik bermotif sangat tradisional seperti motif parang, kawung, dan motif lainnya mulai merajalela. Mengakali agar tak terlihat terlalu ‘kuno’, padu padankan saja rok batik dengan motif tradisional ini dengan sentuhan double earring yang juga sedang booming. Tampilan etnikmu pun akan tetap terlihat klasik, namun elegan dan nggak membosankan.

Nah, sudah tahu kan aksesori apa saja yang bisa kamu andalkan untuk bergaya etnik namun tetap terlihat modern? Jangan ragu lagi bergaya etnik ya!

Photo credit: fashionwindows.net, Elle Canada, weddinginspiration.com

Baca Juga:
3 Tips Memilih Batu Akik untuk Perempuan!
Tampil Modern dengan Batik dan Ulos? Bisa!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza