• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Bingung Menata Rumah Tipe 36 Supaya Kelihatan Lebih Luas? Ini 5 Panduannya!

Bingung Menata Rumah Tipe 36 Supaya Kelihatan Lebih Luas? Ini 5 Panduannya!

Menata rumah yang esktra mungil seperti Tipe 36, ada triknya sendiri. Ini diantaranya!

Punya rumah berukuran mungil kayak Tipe 36 memang butuh kecermatan tersendiri dalam menatanya. Nggak bisa sembarangan taruh barang karena luas bangunannya terbatas banget. Belum lagi (umumnya) tata ruangnya juga nggak terlalu bervariasi. Dua kamar tidur dan satu kamar mandi di sisi kiri, serta sebelah kanan untuk ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Supaya tetap terasa luas, berikut hal-hal yang perlu diingat saat ingin menatanya.

A photo posted by @galihrenni on

Ruang Keluarga

Mengingat ruang keluarga bisa jadi ruang multifungsi yang bisa jadi ruang tengah atau ruang tamu, pilih satu model sofa minimalis (2-3 seat) tapi dengan dimensi yang nggak terlalu besar adalah tepat.Sofa diletakkan sejajar dengan bidang dinding, alias jangan melintang di tengah ruang supaya nggak bikin ruang jadi kelihatan penuh. Kamu bisa tambahkan kursi dari box kecil tanpa sandaran. Nah, box bawahnya ini bisa dipakai buat menyimpan barang. Jadi semacam gudang mini gitu. Pada area dinding atas sofa, bisa kamu manfaatkan untuk membuat lemari terbuka untuk simpan koleksi buku. Ikuti panduan kami ini supaya koleksi bukumu terlihat lebih rapi.

kamar tidur rumah tipe 36

Kamar Tidur

Karena kamar tidurmu luasnya nggak bakal lebih dari 3×3 meter, jadi yang utama pilih ukuran ranjang yang sesuai. Ukuran queen rasanya sudah cukup. Lebih efisien lagi kalau punya lemari baju yang bikin sendiri alias customized. Jadi lebarnya bisa sesuai dengan sisa ruang, dan tinggi lemarinya bisa full dari lantai sampai bidang plafon. Tips lain biar bikin ruang kelihatan lebar, isi sebagian bidang dinding atau pintu lemari dengan bidang kaca.

Baca Juga: 6 Panduan Ini Bakal Bikin Kamar Tidurmu Lebih Tertata Baik

Kamar Mandi

Luas kamar mandi di rumah Tipe 36 biasanya hanya 1,5 x 1,5 meter. Idealnya cukup gunakan WC, wastafel mini, dan shower menggantung. Kalau pakai bak mandi, kamar mandi bakal kerasa lebih sempit. Jika memungkinkan, gunakan pembatas kaca untuk area basah dan kering. Lalu, di sisi dinding yang paling dekat pintu, bikin lemari kecil atau bisa juga pakai hanging board untuk menyimpan handuk bersih dan perlengkapan mandi. Supaya awet, pastikan letak lemari di sisi yang nggak terkena langsung oleh cipratan air ya.

Dapur & Ruang Makan

Sebagian rumah tipe 36 meletakkan dapurnya di teras belakang. Namun jika dapurmu tetap di dalam, pastikan posisinya berdekatan dengan jendela. Karena meskipun mini, dapurmu tetap memerlukan akses dengan ruang luar. Untuk ruang makan yang menyatu dengan dapur seperti ini, disarankan untuk letakkan meja kecil dan dua buah kursi yang modelnya slim. Lagi-lagi, storage atau lemari penyimpanan yang customized lebih efisien karena pasti kamu punya spot simpan yang lebih banyak.

Baca Juga: Dapurmu Bakal Terlihat Lebih Lapang Lagi kalau Pakai Panduan Ini

Teras

Biar suasana rumah kamu lebih hidup, bikin area super mungil jadi lebih hangat, yuk! Jadi, selain kursi tamu besi yang bentuknya slim, kamu bisa isi teras dengan menempatkan beberapa pot bunga yang cantik. Pilih bunganya yang kecil-kecil aja karena kalau yang daunnya lebar malah bikin sempit teras kamu. Nah di bagian dinding teras, kamu bisa bikin lemari kecil tertutup yang bisa dimanfaatkan untuk simpan payung, alat kebersihan, atau benda outdoor lainnya. Taman kecil di luar rumah juga bisa kamu bikin cantik dengan menanam jenis-jenis rumput ini.

Oh ya, tinggal di rumah yang luasnya mini, kamu juga harus cermat-cermat memilih ukuran barang dan furnitur ya. Jangan sampai kebesaran dan bingung meletakkannya dimana!

opening: www.rumahanda.net

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza