Biar Selalu Fresh, Tiap Jenis Kulit Ada Perawatannya

Untuk menentukan perawatan kulit dan makeup yang tepat, kamu harus tahu dulu jenis kulit kamu. Panduan mudahnya ada di sini.

Dengan mengetahui jenis kulit wajah, kamu akan tahu jenis skincare dan makeup apa yang cocok, agar kadar air dalam kulit senantiasa terjaga. Yuk, simak ciri-ciri jenis kulit wajah yang paling mendekati kondisi kulit kamu sekarang.

Pernah nggak kamu ngerasa kulit kelihatan kusam dan nggak bercahaya, walaupun kamu sudah pakai makeup? Salah satu faktor utamanya sudah pasti adalah akibat sengatan sinar matahari yang membuat kelenjar minyak pada kulit lebih aktif bekerja. Nah, hal tersebut menyebabkan kadar minyak pada kulit lebih banyak daripada air, jadinya kulit akan terlihat kusam dan kelihatan tua. Belum lagi ditambah polusi dan pola makan yang kurang teratur. Nah, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan hasil makeup yang kelihatan flawless, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui jenis kulit wajah kamu sendiri!

Kulit normal

kulitcerah

Kamu termasuk beruntung jika memiliki jenis kulit ini. Ciri kulit wajah normal adalah memiliki keseimbangan yang baik, serta kadar air dan minyak yang pas. Umumnya kulit normal kelihatan sehat, segar, nggak mengilap atau terlalu kering, dan pori-pori hampir nggak kelihatan. Untuk menentukan produk skincare dan makeup jenis kulit normal adalah hal paling mudah, karena jenis kulit ini nggak punya sensitivitas yang parah terhadap zat tertentu. Jenis skincare dan makeup yang cocok kamu si pemilik kulit wajah normal adalah face toner dengan pH balance, foundation bubuk atau krim, compact powder, blush on dan eyeshadow bubuk.

Kulit Berminyak

oilyskin

Jenis kulit yang satu ini memiliki ciri-ciri pori yang kelihatan besar, terdapat komedo, bintik-bintik atau noda lainnya, dan hampir selalu kelihatan mengilap. Kamu mungkin sering berpikir bahwa kulit berminyak nggak membutuhkan pelembap. Nah, mulai sekarang buang jauh-jauh pemikiran tersebut, karena hal itu justru tidak benar! Pelembap tetap diperlukan untuk pemilik kulit berminyak, tapi sebaiknya kamu pilih produk berlabel non-comedogenic, yang berarti tidak menyumbat pori-pori sehingga hasil makeup kamu nanti tetap terlihat sempurna. Kulit berminyak sangat cocok menggunakan pelembap berbahan dasar air karena akan membuat tampilan kulit kelihatan lebih halus. Saat kamu mengaplikasikan makeup, pilih bedak berbentuk loose powder, blush on dan eyeshadow powder tanpa kandungan shimmer agar lebih melekat di kulit. Untuk mengurangi minyak di wajah, kamu bisa menggunakan kertas minyak.

Kulit Kering

kulitkering

Kulit kering biasanya kelihatan kusam, tapi jenis kulit ini punya keuntungan nggak gampang berjerawat. Selain itu, biasanya garis-garis halus di wajah lebih kelihatan jelas pada si pemilik kulit kering. Kalau nggak dirawat dengan baik, kulit kering akan kelihatan kasar dan bersisik. Produk kecantikan yang cocok untuk jenis kulit kering adalah foundation yang mengandung minyak, lipstik atau lip balm yang kaya kandungan vitamin E, serta eyeshadow dan blush on yang berbentuk krim. Jangan lupa juga untuk menggunakan cleansing milk saat membersihkan makeup agar sel kulit mati mudah terangkat.

Kulit Sensitif

kulitsensitif

Nah, kalau kamu punya ciri-ciri kulit yang gampang kemerahan, sering kerasa gatal, kering, bahkan kadang terasa seperti terbakar, bisa jadi kamu memiliki jenis kulit sensitif. Kulit sensitif biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor, namun biasanya kulit menjadi sensitif karena kontak dengan produk perawatan kulit tertentu. Kamu pun nggak bisa sembarangan mencoba berbagai jenis produk. Bila memiliki kulit sensitif, sebelum memilih produk skincare dan makeup, ada baiknya kamu mengetahui penyebab kulitmu sensitif sehingga kamu tau bahan atau zat yang perlu kamu dihindari. Saat memilih produk skincare, sebaiknya carilah produk berformula lembut, berbahan dasar alami, bebas bahan kimia, wewangian dan pewarna. Sedangkan untuk produk makeup, pilih yang tidak mengandung alkohol dan lanonin. Sebaiknya cari yang berlabel hypoallergenic atau chemical free, dan dianjurkan untuk menggunakan foundation cair.

Sudah tahu, kan, kalau tiap jenis kulit punya perawatan yang beda-beda. Jangan sampai salah pilih, ya! Buat cari perawatan kulit dan kosmetik yang cocok, kamu bisa cek di MatahariMall aja.

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza