• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Biar Nggak Bosan, Olah Kurma Jadi 5 Menu Tajil Ini

Biar Nggak Bosan, Olah Kurma Jadi 5 Menu Tajil Ini

Selain dimakan begitu saja, kurma enak banget untuk diolah jadi menu tajil lainnya. Ini 5 pilihannya buat kamu coba di rumah.

Benar, memasuki bulan Ramadhan ini, buah kurma memang jadi favorit. Bagimana enggak, selain menyehatkan, kurma mengandung rasa gula alami sehingga rasa manisnya aman untuk tubuh kamu. Nggak heran kan, banyak orang yang menjadikan kurma sebagai makanan pembukanya.

Nah, kalau kamu ingin lebih banyak variasi dalam makan buah kurma, tandanya kamu harus contek artikel ini. Karena, ternyata selain dimakan begitu saja, kurma enak juga untuk diolah jadi menu lezat lainnya.

Kurma Isi Keju

thethingswellmake.com

Mungkin ini resep paling sederhana, dan nggak makan banyak waktu untuk bikinnya. Karena kamu hanya cukup menyiapkan buah kurma, kacang kenari, dan cream cheese. Atau bisa diganti juga dengan jenis keju lainnya, seperti keju cheddar.

Untuk membuatnya, cukup belah kurma dan buang biji di dalamnya. Setelah terbuka, isi dengan cream cheese, atau potongan keju. Lalu, selipkan kacang kenari hingga terlihat padat isinya. Bikin sesuai dengan banyaknya sesuai kebutuhan. Siap disajikan!

Baca juga: 5 Tips Aman Buka Puasa Pertama di Rumah Pacar

Bolu Kurma

archanaskitchen.com

Kamu memerlukan bahan-bahan; 150 gram tepung terigu, 300 gram kurma (buang biji dan potong-potong), 50 gram kacang mete yang dicincang, 1 sdt baking powder, 1/2 sdt baking soda, 300 gram margarin, 100 gram gula halus, 45 gram gula palem, 3 butir telur.

Cara membuatnya mulai dengan ayak tepung terigu, baking powder dan juga baking soda bersamaan. Dalam mangkuk terpisah campur margarin, dengan gula halus dan gula palem, kocok sampai rata. Masukkan campuran tepung yang sudah diayak dalam campuran telur, aduk rata. Masukkan kurma dan kacang mete, aduk sampai rata. Masukkan adonan dalam loyang yang sudah dioles margarin. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 35 menit. Angkat dan hidangkan.

Puding Kurma

resepasik.com

Bahan yang kamu perlukan diantaranya; agar-agar plain 1 bungkus, susu kental manis variant vanilla 80 gram, gula pasir 2 sendok makan, air matang 900 mililiter, kurma 100 gram, topping vla sesuai selera.

Untuk membuatnya, mulai dengan membuang biji kurma, kemudian potong kasar. Setelah itu campur agar-agar, susu kental manis dan gula. Aduk rata terlebih dahulu agar lebih mudah untuk mencampurkan air nantinya. Masak diatas kompor sambil tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata. Setelah cairan agak mengental masukkan potongan kurma. Aduk terus sampai mendidih, lalu angkat. Kemudian tuang ke dalam cetakan atau cangkir, tunggu sampai dingin. Masukkan ke dalam kulkas. Sajikan selagi dingin, tinggal tambahkan topping vla sesuai selera.

Tumis Kurma

food52.com

Kalau ingin sensasi yang sedikit berbeda, kamu bisa menumis buah kurma. Selain bahannya mudah, nggak memakan waktu juga kok! Cukup siapkan potongan kurma (nggak perlu dibuang bijinya), minyak zaitun, serta garam. Untuk satu porsi, cukup 4-5 potong kurma saja.

Pembuatannya dimuali dengan panaskan ½ sendok minyak zaitun di panci kecil dengan api sedang. Masukkan kurma dalam panci, lalu mulai ditumis. Balikkan beberapa kali, sampai menghangat (kurma tentu mudah terbakar, jadi jangan berlebihan alias gosong). Sajikan di atas piring dengan taburan garam di atasnya.

Baca juga: 5 Restoran Vegetarian yang Harus Kamu Coba di Jakarta Selatan

Yogurt Kurma

U

Buat kamu ingin berbuka puasa dengan menu yang lebih sehat, menu ini bisa jadi pilihan. Siapkan beberapa butir kurma, yogurt rasa plain, madu cair, kacang pistachio yang sudah dipotong kasar. Siapkan piring atau wadah datar lainnya.

Caranya bikinnya, cukup dengan letakkan kurma di atas piring, lalu tuangkan yogurt di atasnya. Tabur kacang pistachio sampai merata. Terakhir, teteskan secara acak madu cair di atasnya. Siap dihidangkan.

Wah, banyak sekali ternyata ya resep untuk mengolah buah kurma. Bisa kamu coba bikin setiap hari nih!

This post was written by Diona Ratrixia