Berhijab? Ini Tips Jitu Biar Rambut Kamu Tetap Sehat!

Para hijabers, ini dia langkah-langkah yang bikin kesehatan rambutmu tetap terjaga. Simak, yuk!

Sehari-harinya, kita perempuan muslim yang menggunakan hijab atau kerudung, tetap perlu menjaga kesehatan rambut. Karena walaupun sehari-harinya rambut kamu tertutup dengan balutan kain, bukan berarti rambut kamu nggak memerlukan perhatian ekstra. Karena kalau nggak, rambut kamu bakal gampang terkena gangguan, seperti ujung rambut menjadi kering, mudah gatal, bahkan berketombe. Buat kamu yang berhijab, ini tipsnya biar rambut selalu sehat.

Waktu Keramas

poin_1

Meski setiap harinya rambut tersembunyi di balik kain, kamu harus rajin keramas setidaknya 2-3 hari sekali. Setiap habis keramas, keringkan secara alami. Jangan mengandalkan hair dryer karena bikin rambut cepat kering. Jangan juga membungkus rambut saat keadaan masih lembap dan basah. Jadi setiap mau keramas, selalu sisakan waktu yang cukup untuk mengeringkannya secara alami.

Baca juga: 5 Trik Makeup Biar Wajah Tetap Segar Waktu Puasa

Bahan Alami

Optimized by JPEGmini 3.13.3.8 0xf5a89338

Kamu harus cermat juga memilih produk kecantikan rambut. Seperti memilih sampo, gunakan sampo khusus berhijab yang banyak dijual di pasaran. Sampo ini memiliki kandungan alami yang lebih aktif untuk melembapkan dan melembutkan kulit kepala. Satu atau dua kali sebulan, lakukan perawatan seperti creambath, juga dengan menggunakan bahan alami seperti ginseng dan lidah buaya.

Potongan Praktis

poin_3

Karena butuh perhatian ekstra, tak ada salahnya untuk memiliki model potongan rambut yang praktis saja. Jika memiliki rambut super panjang sampai sebatas punggung misalnya, tentu lebih banyak waktu juga yang kamu perlukan untuk perawatan. Model rambut pendek atau sebatas bahu rasanya lebih praktis untuk para perempuan berhijab.

Beri Napas

poin_4

Jika saat menggunakan hijab rambutmu perlu diikat, jangan mengikatnya terlalu kencang karena malah bikin mudah rontok. Kesehatan saraf di seputar kepala juga bisa terganggu. Untuk itu, saat berada di rumah dan bisa menanggalkan hijab, beri waktu kulit kepala kamu untuk bernapas dengan membiarkan rambut terurai secara alami.

Baca juga: Fashion Item Untuk Si Hijab Pemula Baju Lama Jangan Dibuang

Bahan Hijab

poin_5

Yang nggak kalah penting, pilih kain hijab jangan hanya karena motif dan warna saja. Tapi, pilihlah yang bahannya nyaman. Begitu juga dengan bahan dalaman hijab yang pasti digunakan untuk sehari-hari. Misalnya bahan katun, spandek, atau rayon yang permukannya lebih adem dan lebih menyerap keringat.

Tentunya jika rambut di balik hijab kamu tetap sehat dan wangi, kamu akan lebih nyaman untuk beraktivitas sehari-hari!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia