• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Rekomendasi Novel untuk Belajar Tentang Cinta

5 Rekomendasi Novel untuk Belajar Tentang Cinta

Membaca novel memberi banyak pelajaran akan berbagai hal, salah satunya tentang cinta. Inilah 5 novel yang membantumu belajar tentang cinta.

Seringkali kita mendengar ungkapan bahwa buku adalah jendela dunia. Ungkapan tersebut sangatlah benar. Buku bisa membuat kamu merasakan berbagai emosi dan juga melihat suatu peristiwa dari berbagai sudut pandang ketika kamu membacanya. Sehingga kamu bisa belajar berbagai hal dari tiap buku yang kamu baca, tak terkecuali tentang cinta.

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari membaca buku, salah satunya buku novel tentang cinta. Ya, memang bisa dimengerti saat kamu merasakannya. Akan tetapi ada banyak hal lain tentang cinta yang bisa kamu pelajari dengan membaca sebuah novel. Untuk itu, berikut adalah lima rekomendasi buku novel dan pelajaran yang bisa kamu ambil dari buku-buku tersebut.

Jangan Mencari Cinta yang Tak Bisa Kamu Raih


Sumber: deliciousreads

Walaupun buku bergambar ini terlihat lebih cocok untuk dibaca anak-anak, tapi pesan yang terkandung di dalamnya sangatlah penting. Baik bagi kamu yang masih remaja atau sudah dewasa. Karena pada masa ini, kamu biasanya akan lebih tertarik untuk menunggu cinta dari seseorang yang kurang menganggap keberadaan kamu.
Bloom! A Little Book About Finding Love karangan Maria van Lieshout ini akan mengajarkan kamu untuk melihat cinta dari sudut pandang yang sedikit berbeda. Yaitu dengan melihat orang-orang yang dekat dan selalu menunggu kamu. Daripada mencari orang yang susah dicapai. Orang dekat tersebut mungkin kurang sesuai dengan kriteria kamu, tapi dia selalu berusaha membuatmu bahagia. Bukankah hal itu yang lebih penting?

Jangan Biarkan Cinta Menghalangi Mimpimu

Many thanks to Benjamin for loaning me this one. Loving it already. #thealchemistbook #bookwormstatus #readoftheweek

Foto kiriman kylie justine (@thatjesuslovingyogi) pada


Sumber: thatjesuslovingyogi

Semua orang pasti memiliki mimpi yang ingin dicapai dalam hidupnya. Kalau kamu nggak punya, kamu harus membuatnya dan mencapai mimpi tersebut. Sehingga hidup kamu lebih bermakna. Nah, buku novel ini dapat membantu kamu mencapai hal tersebut.

The Alchemist merupakan sebuah novel karangan Paulo Coelho. Novel ini memberi pelajaran untuk tetap mengejar mimpi, walau terdapat banyak tantangan yang menghalangi. Termasuk dalam urusan mencari cinta, mengingat itu perlu diperjuangkan. Jadi, bila cinta itu memang milikmu, pasti akan menemukan jalan yang tepat dan juga mencapai mimpi-mimpi kamu. Akan tetapi, hal yang perlu diingat adalah tetap hidup seimbang.

Tentukan Sendiri Pasanganmu

Finally got english copy with this amazing cover. #perksofbeingawallflower #stephenchbosky #books #reading

Foto kiriman lenkareads (@lenkareads) pada


Sumber: lenkareads

Saat menjalani sebuah hubungan, mungkin terdapat saat kamu merasa rendah diri dan merasa kurang pantas untuknya. Jangan pernah berpikir seperti itu, karena semua orang berhak menerima cinta.

The Perk of Being a Wallflower merupakan novel karangan Stephen Chbosky yang membahas tentang hal itu. Novel ini mengajarkan bahwa pantas menerima cinta yang mereka rasa dan yakini. Ingatlah bahwa setiap orang berharga dan berhak menentukan siapa orang yang pantas menjadi pasangannya.

Hal Penting Dalam Hubungan Adalah Komitmen


Sumber: ichi95

Setiap orang pasti mengharapkan untuk memiliki kisah cinta yang abadi layaknya cerita-cerita romantis di film ataupun novel. Kenyataannya, kisah cinta dalam kehidupan nyata nggak bisa berjalan semulus itu. Berbagai macam konflik bisa terjadi dalam sebuah hubungan dan dapat memudarkan perasaan cinta yang awalnya hadir dalam hati setiap pasangan.

Walaupun novel Cinta Brontosaurus karangan Raditya Dika ini bergenre komedi dan sukses menghibur setiap pembaca, terdapat banyak pelajaran penting tentang cinta di novel ini. Misalnya pernyataan bahwa dunia ini nggak abadi, karena semua pasti memiliki tanggal kadaluarsa. Begitu juga dengan perasaan cinta.
Jadi, agar hubungan kamu bisa bertahan lama. Maka kamu dengan pasangan harus memiliki komitmen untuk tetap bersama sampai akhir. Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa tetap bersama walaupun mengalami berbagai konflik.

Jujurlah Pada Diri Sendiri


Sumber: justtosay_nl

Novel romantis yang terkenal ini bisa memberikan banyak pelajaran tentang cinta. Namun pelajaran yang paling penting dari novel yang berjudul The Notebook karangan Nicholas Sparks ini adalah kamu harus jujur pada dirimu sendiri.

Cobalah jawablah pertanyaan ini. Apakah pasanganmu itu benar-benar orang yang kamu inginkan untuk menjadi pasanganmu?

Jika jawabanmu adalah ‘iya, benar’, artinya kamu harus memperjuangkannya. Walau ada berbagai hal yang menghadang. Restu dari orang tua memang sangatlah penting dalam memutuskan persoalan pasangan hidup, tapi yang menjalankan hidupmu adalah kamu sendiri. Jika kamu sudah yakin dia orangnya, perjuangkanlah! Pada akhirnya orang tuamu pasti akan mengerti dan bisa menerimanya.

Namun jika jawabanmu adalah ‘tidak’, kamu harus membahas hal tersebut dengan pasanganmu sekarang. Karena bila hubungan kalian sudah berjalan lama, kamu tetap harus tetap jujur pada perasaanmu sendiri. Hubungan yang dipaksakan itu nggak baik loh.

Baca juga: Film Romantis Buat Kamu yang Putus Asa Mencari Cinta


Masih ada banyak hal tentang cinta yang bisa kamu dapatkan dari buku novel lain. Karena setiap buku pastinya memiliki pelajaran-pelajaran tertentu yang bisa dipelajari. Maka dari itu, bacalah berbagai jenis buku untuk menambah ilmu dan belajar tentang kehidupan, khususnya memahami apa itu cinta.

Categorised in: ,

This post was written by Caroline Winata