Tips Kulit Tubuh Anti-Kering Selama Bulan Puasa

Nggak usah takut kulit tubuh jadi kering selama berpuasa. Ini beberapa tips yang bisa kamu jalankan!

Hal yang wajar, kok, kalau saat kamu beribadah puasa, kulit tubuh kamu menjadi lebih kering. Karena memang selama hampir 12 jam tubuh kamu nggak mendapatkan zat cairan yang cukup. Tapi nggak usah khawatir, kalau secara keseluruhan tubuh kamu saja bisa survive, kulit tubuhmu pun juga bisa. Apalagi, kamu bisa ikuti langkah-langkah sehat di bawah ini, supaya kekeringan di kulit tubuh di bulan puasa bisa kamu atasi dengan segera!

Hindari Sering Mandi

poin_1

Dengan alasan biar badan segar, banyak orang yang menambahkan aktivitas mandi ketika sedang berpuasa. Apalagi saat siang rasa mengantuk melanda di siang hari bolong. Padahal dengan tubuh kamu kena lebih banyak air, maka kulit akan semakin terasa kering dan kurang kelembapannya.

Baca juga: 4 Trik Supaya Kamu yang Berhijab Selalu Wangi

Pilih Body Butter

poin_2

Kalau selama ini kamu hanya mengandalkan body lotion untuk digunakan sehari-hari, coba gunakan body butter selama bulan puasa ini. Kalau perlu, kamu punya stoknya juga di loker kampus ataupun meja kerja. Body butter memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi, sehingga lebih ampuh untuk menghidrasi dan melembapkan permukaan kulit tubuh kamu.

Kantongi Lip Balm

poin_3

Kulit di bibir kamu juga salah satu yang rawan akan kekeringan saat berpuasa. Untuk itu, selalu bawa lip balm kemanapun kamu berada. Jangan mengandalkan air ludah ataupun air cuci muka saja, ya. Pilih lip balm yang mengandung moisturizer dan vitamin, sehingga lebih ampuh untuk menjaga kelembapan bibir.

Batasi Ruang AC

poin_4

Mentang-mentang nggak makan dan nggak minum, kamu jadi malas beranjak dari kamar tidur, ruang keluarga, ataupun ruang kerja yang ber-AC? Duh, kamu keliru! Biar kulit nggak terasa makin kering, kamu perlu batasi berada di ruang bersuhu rendah. Secara berkala kamu perlu berada di ruang bersuhu normal, agar kulit kamu tetap bisa ‘bernapas’. Kalau perlu lakukan workout sederhana, biar peredaran darah di tubuhmu lebih lancar.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kulit Kamu Tetap Sehat di Ruangan Ber-AC

Sahur Bergizi

poin_5

Kulit sehat dan lembap, tentu datangnya juga dari asupan makanmu. Untuk itu, saat puasa ini, kamu harus memastikan menu sahur dan berbuka puasa yang dipilih adalah yang bergizi. Pilih yang berserat, tinggi vitamin A dan E, dan tinggi zat omega-3. Diantaranya wortel, ikan salmon dan tuna, buah apel, semangka, hingga alpukat.

Yang terpenting lagi, setiap sahur ataupun saat berbuka puasa kamu harus banyak minum air putih, ya!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia