Masih Muda Sudah Ubanan? Ketahui Fakta Ini

Uban pada rambut tumbuh lebih cepat? Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang rambut beruban!

Jika kamu beranggapan bahwa rambut beruban akan tumbuh saat usia senja, maka kamu keliru. Karena faktanya, rambut beruban itu bisa tumbuh saat usia kita masih muda. Tumbuhnya memang nggak langsung merata, namun biasanya akan mudah terlihat karena warnanya yang kontras. Kalau kamu masih muda sudah ubanan, jangan buru-buru khawatir, berikut beberapa fakta dan hal yang perlu kamu ketahui tentang helai rambut berwarna abu-abu atau keputihan ini!

Kerusakan Sel

poin_1

Setiap warna rambut datang dari kelenjar atau folikel, dimana kelenjar ini menghasilkan zat yang namanya melamin. Seiring bertambah usia, zat melamin ini mulai rusak atau nggak tumbuh. Jika helai rambut nggak memiliki sel tersebut, maka rambut akan tumbuh dengan warna yang lebih terang. Inilah penyebab utama mengapa uban itu tumbuh di rambutmu.

Faktor Genetik

poin_2

Sebuah situs kesehatan Amerika Serikat mengatakan bahwa jika orang tuamu sudah beruban di usia 30-an, maka kemungkinan besar hal itu terjadi juga pada dirimu. Karena ternyata faktor genetika memang sangat berperan dalam pertumbuhan uban. Jadi faktor lain seperti banyak pikiran dan stress, bukanlah penyebabnya. Melainkan hanya pemicu terganggunya kesehatan kulit kepala.

Baca juga: 4 Cara Mengeriting Rambut Tanpa Curling Iron Yang Mahal

Problem Kesehatan

poin_3

Ternyata, gangguan kesehatan juga bisa jadi penyebabnya. Misal saat kekurangan vitamin B12, kondisi tubuh yang kena penyakit serius seperti tumor, ataupun yang terkena vitiligo atau penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, kamu bisa rutin konsumsi ikan salmon, ikan tuna, kerang, serta susu segar.

Jangan Dicabut

poin_4

Karena dianggap mengganggu dan tumbuhnya nggak halus, kita sering mencabut helai rambut yang beruban. Padahal, jika rambut ditarik terus menerus, folikelnya akan bertambah rusak. Hal ini yang memicu kerusakan batang rambut malah jadi melebar. Bisa jadi, rambutmu malah nggak tumbuh sama sekali di bagian yang sering dicabut tersebut.

Baca juga: Cara Sukses Cat Rambut Sendiri Di Rumah

Perawatan & Penataan

poin_5

Mulailah dengan selalu menjaga kelembapan kulit kepala agar helai rambutmu tumbuh sehat. Rutinlah juga melakukan trim atau memotong rambut, untuk menghindari helai rambut yang terlalu panjang dan kering. Jika memutuskan untuk memberi warna pada rambut beruban, pilih cat rambut yang permanen. Kalau perlu yang khusus rambut beruban, atau bisa memilih warna cenderung gelap untuk bagian akar. Seperti warna hitam, dark blue, hingga dark brown.

Yang pasti, jika rambutmu sudah mulai beruban, percaya diri adalah kunci utamanya. Tak ada yang salah dari penampilan dengan rambut beruban, kok!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza