• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Kamu Sudah Dewasa Belum? Cari Tahu di Sini!

Kamu Sudah Dewasa Belum? Cari Tahu di Sini!

Dewasa secara mental itu berbeda dengan dewasa secara fisik. Lima ciri ini menandakan kamu sudah mengalami proses pendewasaan mental.

Beda dengan pertumbuhan umur yang terjadi secara alami tiap harinya, pertumbuhan mental lebih merupakan suatu pilihan dan belum tentu terjadi secara konstan. Karena pertumbuhan mental terkait dengan seberapa dewasa seseorang itu. Apakah kamu seperti bunga yang paling kanan (gambar di atas), mekar duluan?

Pertumbuhan mental yang lebih dikenal sebagai proses pendewasaan baru benar-benar terasa terjadi ketika kamu sudah mencapai umur 20-an karena di usia ini kamu dituntut untuk membiasakan diri dengan kehidupan kuliah, kerja, dan sebagainya yang membutuhkan tanggung jawab lebih.

Pendewasaan secara terus-menerus akan membuat kamu terlihat berbeda dibanding sekeliling kamu yang belum mengalami pendewasaan. Berikut adalah tanda-tanda kamu lebih dewasa dibanding teman-teman sekitar kamu.

Arti hidup bagi kamu

Salah satu ciri kamu mulai mengalami proses pendewasaan adalah ketika kamu mulai mempertanyakan arti dari hidupmu. Hidup kamu nggak cuma sekadar main-main dan pergi jalan-jalan saja, tapi kamu mulai mencari pekerjaan dan memikirkan masa depan kamu.

Kamu juga akan semakin hati-hati dengan segala sesuatu yang kamu lakukan karena YOLO (You Only Live Once) sudah bukan merupakan moto hidup kamu lagi. Memang benar, kamu hidup hanya sekali saja, tapi kamu sadar kalau mati juga bisa terjadi kapan saja..

Melepas keegoisan sepenuhnya

Kamu mulai sadar kalau dunia nggak hanya seputar kamu saja. Banyak hal lain yang terjadi dan kamu nggak selalu harus menjadi pusat perhatian. Kamu nggak lagi mengambil keputusan atau melakukan sesuatu serta merta hanya melihat dari sisi keuntungan kamu saja.

Kamu juga sudah memikirkan apa akibat dari tingkah laku kamu ke orang lain, apakah itu menguntungkan atau malah merugikan orang lain. Di saat seperti inilah, kamu sudah membuktikan kalau kamu itu sebenarnya sudah berpikir lebih dewasa dari teman-teman kamu.

Pikiran lebih tertata

Kamu mulai menyusun rencana-rencana jangka panjang di otak kamu. Hobi-hobi lama yang dianggap kurang bermanfaat sudah kamu tinggalkan supaya bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan. Apapun yang kamu lakukan akan kamu kaitkan dan pertimbangkan agar sejalan dengan impian tersebut.

Kamu juga sudah mulai mencari pacar yang bisa diajak untuk melanjutkan ke tahap yang serius, dibandingkan dengan sekitar kamu yang mungkin masih ingin bermain-main dengan pasangannya.

Kamu sadar semua kerja keras yang kamu lakukan adalah untuk kebaikan masa depan kamu supaya di kemudian hari kamu nggak perlu susah-susah lagi bekerja seperti saat ini.

Dewasa itu bebas drama

Kamu mulai merasa risih dan mencoba tutup telinga dari gosip-gosip atau diskusi kosong yang heboh dibicarakan teman-temanmu. Kamu nggak ingin terpengaruh dan hidupmu juga pastinya nggak menyangkut drama. Kamu nggak mau masalah apapun yang sedang kamu hadapi menjadi bahan omongan dan tersebar kemana-mana.

Salah satu contoh pendewasaan dini adalah ketika kamu melihat drama yang sedang terjadi di depan kamu dan kamu mencoba untuk meluruskannya, bukan malah panas-panasin. Hidup yang tenang akan lebih terasa nyaman. Ribut-ribut itu hanya bikin kamu merasa kehilangan.

Sendiri? Nggak masalah!

Kalau dulu kamu nggak tahan sama yang namanya jomblo, sekarang kamu mulai mencari esensi dari kejombloan tersebut. Kamu bisa lebih banyak memiliki waktu untuk diri sendiri, mengenal diri lebih baik, dan menikmati kebebasan-kebebasan kamu.

Kamu sadar kalau kamu lebih baik menjomblo dibandingkan mempunyai pasangan yang belum tentu serius dan bahkan berujung baik. Kamu mulai menginginkan hal-hal yang pasti dalam hidup kamu.

Kamu juga nggak merasa aneh kalau kamu shopping atau berlibur sendirian. Kamu nggak tergantung sama teman-teman kamu untuk pergi bersama karena kamu tahu setiap orang punya kesibukan dan keperluan masing-masing.


Baca juga: Kamu, pernah digombal begini nggak?
Nah, kalau kamu merasa kamu sudah mulai mengalami hal-hal di atas, tandanya kamu sudah berada di dalam proses pendewasaan yang belum tentu dialami teman-teman kamu.

Pertumbuhan mental akan membawa kamu menjadi orang yang lebih baik lagi. Kamu akan semakin bijak dalam mengambil keputusan. Begitu juga dengan membedakan perilaku yang bermanfaat dan mana yang nggak, untuk dirimu dan orang lain.

Sumber Gambar Utama: Stephanie Peters

Categorised in: , , , , ,

This post was written by Sharon Hambali