• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Alasan Kenapa Foto Instagram Kamu Kurang Laku

5 Alasan Kenapa Foto Instagram Kamu Kurang Laku

Kok yang like foto instagram-mu sedikit? Coba lihat, ini penyebabnya bukan?

Hari ini udah post foto di Instagram belum? Instagram emang media sosial yang simple tapi seru sih. Semuanya bisa kamu ungkapkan lewat sebuah foto.

Para pecinta kuliner sering posting foto-foto makanan mereka yang bikin ngiler. Pas makanannya datang kayaknya wajib nyari angle yang bagus untuk memotret makanannya. Terkadang sampai makanannya juga keburu dingin.

Fashionista juga pasti senang posting foto-foto mereka dengan caption OOTD alias Outfit Of The Day, sampai-sampai padu padan baju setiap hari menjadi tantangan tersendiri biar terlihat bagus di Instagram.

Fotoku sepi like kakak :’(

Kamu juga pasti punya ciri khas tersendiri kan sebagai Instagram user? Apa pun jenis foto kamu, kamu pasti lebih senang ketika foto kamu memperoleh banyak likes. Yep, rasanya udah kayak selebriti Instagram deh kalau likesnya seabrek.

Terus kalau foto kamu sepi like gimana dong? Puk puk, jangan sedih dulu. Coba cari tahu dulu alasannya. Mungkin saja karena salah satu dari lima alasan berikut:

Kualitas Fotomu Kurang Bagus

Follower: Nggak jelas deh ini foto apa sih?

Ada kalanya moment yang kamu capture udah pas, kamunya juga udah cakep banget, background kamu udah ok. Eh, tapi fotonya blur dan nggak jelas. Atau bisa juga fotomu terlihat pecah-pecah. Secara keseluruhan, fotomu juga ikut-ikutan nggak bagus dan orang lain yang melihat foto kamu juga jadi mengabaikannya tanpa di like.

Makanya, perhatikanlah kualitas fotomu. Mungkin kamu bisa coba smartphone ini yang kameranya canggih biar kualitas fotomu nggak kalah sama para fotografer.

Kamu Nggak Pake Hashtag

Fungsi hashtag itu untuk apa sih? Hashtag itu bikin foto kamu lebih mudah untuk ditemukan orang lain, terutama bagi mereka yang bukan follower kamu. Kamu bisa coba pakai hashtag yang lagi trending biar foto kamu juga masuk ke dalam sekumpulan foto dengan hashtag tersebut ketika orang-orang lagi browse hashtag itu.

Misalnya, kamu foto makanan dan diberi hashtag #foodgasm, maka akan ada orang-orang yang lagi nyari foto makanan yang melihat foto kamu tanpa harus membuka akun kamu dulu. Tanpa hashtag, foto kamu kayak nggak punya komunitasnya sendiri.

Baca juga: Bagaimana Pendapat Kamu Tentang logo Baru Aplikasi Instagram? Oke atau Tidak?

Kamu Juga Pelit Like

Hayo, pengen dapet like tapi males banget nge-like foto orang. Mungkin kamu nggak bermaksud pelit atau gengsi, tapi kamu sekedar nggak terbiasa aja untuk double tap di foto orang ketika scrolling.

Begitu ketemu foto bagus, diliatin bentar, senyum, terus udah deh scroll lagi.

Hmmm, masalahnya, si pemilik foto nggak bisa melihat senyuman kamu. Jadi kamu perlu like fotonya untuk menunjukkan apresiasi kamu. Biasanya, orang-orang yang sering nge-like akan lebih diperhatikan sama teman-temannya, sehingga dia juga akan dapat like ketika fotonya nongol.

Fotomu Itu-Itu Saja

Mati gaya…

Pasti ada beberapa kali ketika kamu memotret moment yang sama beberapa kali. Misalnya, kamu baru selesai kondangan, yang artinya lagi cakep banget nih dengan dandanan yang cetar jadi kamu berselfie-selfie ria sampai menghasilkan puluhan foto.

Lalu, kamu upload sekitar 5 foto terbaik yang bedanya super tipis (dan mungkin hanya bisa dibedain oleh kamu aja). Yang satu kepalanya miring dikit, yang satu alisnya agak naik, dan seterusnya.

Ini sebenarnya bisa jadi hal yang agak nyebelin sih untuk followers kamu karena mereka akan beranggapan kalau sebenarnya kamu posting foto yang sama berkali-kali. Kalau emang kamu menghasilkan banyak foto yang mirip-mirip gitu, coba deh foto-fotonya digabungkan dalam satu collage.

Selain terlihat lebih unik, kamu juga nggak perlu spamming kan?

Timing-nya Nggak Pas

Semua lagi bobo

Kesempatan foto kamu dapet banyak like adalah ketika kamu posting pada saat orang-orang lain juga sedang online dan mantengin Instagram, sehingga mereka nggak harus scrolling terlalu jauh untuk menemukan foto kamu.

Nah, kecuali followers-mu isinya manusia-manusia nocturnal, sebaiknya jangan post foto pada jam 3 subuh ketika sebagian besar orang lain masih terlelap dan nggak ada yang langsung melihat fotomu. Cobalah sekitar pukul 12 sampai 2 siang ketika orang-orang pada istirahat makan siang, atau pukul 6 sampai 9 malam ketika orang-orang lagi nyantai dan nyari hiburan.

Well, apakah ada hal-hal di atas yang menjadi kebiasaan kamu kalau post foto di Instagram? Mungkin itulah mengapa kamu sepi likers dan kurang terkenal foto-fotonya.Coba saja diubah kebiasaan-kebiasaan tersebut di Instagram. Niscaya, jalan kamu sebagai calon selebriti Instagram akan semakin dilancarkan, hehe.

Categorised in: ,

This post was written by Karen Tungka