• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 9 Peralatan Dapur Utama Wajib Tahu untuk Wanita Muda

9 Peralatan Dapur Utama Wajib Tahu untuk Wanita Muda

Dapur efisien tentu dimulai dari efisiensi peralatan dan perlengkapan yang hadir di dalamnya. Untuk mewujudkannya, intip pembahasan di bawah ini ya!

Untuk kamu pasangan muda, atau para perempuan yang baru ingin mulai ‘terjun’ ke dapur, berikut ini panduan untuk membuat peralatan di dapurmu menjadi lebih efisien. Kamu bisa mulai dengan mempertimbangkan seberapa besar frekuensi memasakmu, dan seberapa jauh keahlian memasakmu karena hal itu memengaruhi setiap peralatan dapur dan perangkat yang dibutuhkan. Misal, kamu nggak ahli membuat kue, berarti nggak perlu beli loyang panci lebar yang biasa digunakan untuk memanggang, dan seterusnya. Apa saja ya kira-kira peralatan yang penting untuk kamu punya di dapur sendiri?

Kompor dan Oven

Benar, kompor bagai ‘mesin utama’ di dapurmu dan itu adalah investasi! Jangan mudah tergoda harga murah karena bisa jadi nyala apinya nggak merata dan malah cepat rusak. Saran kami, akan lebih efisien membeli kompor yang sudah termasuk oven untuk memanggang, dibandingkan hanya memiliki kompor kecil saja. Apalagi jika senang membuat masakan tradisional, penting juga punya kompor dan oven ini! Jika sudah punya kompor ini, jangan lupa coba resep kue cubit yang lagi hits sekarang ini ya!

Lemari Es Kecil

Untuk skala rumah tangga kecil rasanya nggak perlu memaksakan punya lemari es empat pintu. Yang kecil justru lebih efisien untuk membuatmu selalu menyimpan bahan-bahan makanan segar yang sesuai dengan kebutuhan saja. Ruang dapur pun nggak tampak sesak!

dekorasi dapur

Panci dan Penggorengan

Kembali ke soal kebutuhan, nggak perlu beli wadah masak terlalu besar jika sehari-hari hanya memasak untuk 2-3 orang. Pilih yang terbuat dari bahan stainless steel terbaik, karena pasti kamu nggak mau wadah memasakmu malah menjadi perlatan yang nggak baik bagi kesehatan akibat bahan kimia yang ikut larut saat proses memasak. Untuk kenyamanan, pilih pegangan yang berbahan antipanas ya!

Microwave

Segala kebutuhan memanaskan bahan memasak ataupun makanan jadi, microwave memang lebih praktis dan tentu lebih hemat gas. Tahu nggak? Ternyata microwave juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah menyimpan roti saat nggak lagi digunakan, lho! Hal ini dikarenakan ruang microwave kedap udara sehingga ketahanan roti menjadi lebih baik. Jangan lupa pilih microwave yang sesuai dengan daya listik di rumah, dengan begitu kamu tetap bisa hemat listrik di rumah. Selain itu, pilih juga microwave yang memiliki fitur auto-cook dan yang lebih baik lagi jika ada fitur child lock untuk keamanan jangkauan si kecil ya!

perabotan dapur

Blender

Fungsinya serupa dengan mixer, jadi sebelum membeli keduanya, ketahui hal ini. Untuk kamu yang jarang mengolah makanan liat seperti adonan kue, mixer belum diperlukan di dapurmu. Cukup punya blender dengan mata pisau yang bisa diganti-ganti karena sudah bisa berguna untuk menghaluskan bumbu masak hingga membuat jus buah! Pilih dengan mangkuk kaca atau stainless steel untuk ketahanan yang lebih tinggi.

Rice Cooker

Jika hanya 2-3 orang yang perlu kamu sajikan nasi, maka rice cooker mini berkapasitas 0,6 – 2 liter sudah cukup berada di dapurmu. Perhatikan bahwa kini telah tersedia rice cooker dengan fitur all in one yang bukan saja bisa menanak nasi, tapi dapat dimanfaatkan untuk mengukus, dan menghangatkan sup. Jika dirasa nggak perlu fitur tersebut, cukup beli rice cooker dengan fungsi menanak saja.

Set Pisau

Pisau tajam dan memiliki pegangan yang kuat juga investasi di dapurmu! Pisau memang banyak dijual satu set, namun jika belum paham akan fungsi-fungsinya, cukup punya set 3 pisau ini; pisau koki yang bisa digunakan untuk semua aktivitas memotong, pisau pengupas untuk mengupas tipis, serta pisau panjang bergerigi untuk memotong roti, membelah kue dan memotong buah besar.

Dari list di atas, kamu sudah dapat mewujudkan dapur impian yang smart dan efisien. Nggak ada lagi peralatan dan perangkat dapur yang nggak terpakai alias cuma mejeng saja di dapurmu. Selamat memasak, Ladies!

Baca Juga:
Trik Dekorasi Dapur Terlihat Lebih Bersih, Andalkan Warna Putih!
7 Tips Menata Peralatan Eletronik di Dapur

This post was written by Kak Moza