• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 7 Makanan Sehat di Bawah Rp30.000 yang Pas Buat Anak Kost

7 Makanan Sehat di Bawah Rp30.000 yang Pas Buat Anak Kost

Jadi anak kost, bukan berarti hidup “seadanya”. Simpan saja 5 makanan sehat di bawah 30 ribu ini yang cocok buat bujet anak kost.

Meski tinggal sendirian atau jauh dari orang tua, bukan berarti kita nggak bisa hidup sehat. Bukan berarti juga kamu mengandalkan mie instan atau makanan kaleng buat jadi menu makan sehari-hari. Banyak kok makanan sehat yang harganya ramah kantong. Apalagi kalau harga makanannya di bawah tiga puluh ribu rupiah saja. Terjangkau, kan?

Asyiknya lagi, kalau kamu lagi malas keluar kamar, tinggal beli online di sini. Nah, daripada berat badan melar atau kamu jatuh sakit karena makanan nggak sehat, simpan 7 jenis makanan ini di kamar atau lemari es kamu, ya!

Buah Apel

httpblog.papaorder.comwp-contentuploads201608pretty-apples-wallpaper-43080-44107-hd-wallpapers.jpg

Di setiap buah, mengandung sejumlah serat yang penting buat tubuh. Serat itu penting banget buat pencernaan, dimana kamu bakal terhindar dari sembelit alias susah buang air besar. Nah, buah yang tinggi serat diantaranya adalah buah apel. Apalagi buah ini umurnya cukup panjang. Jadi aman kalau kamu menyimpannya jadi stok di kulkas kamu.

Buah Avokad

avo-on-toast

Masih dari aneka buah-buahan, avokad perlu kamu andalkan. Karena, buah yang satu ini punya kandungan lemak baik yang bagus buat kesehatan. Jadi, ternyata tubuh kita itu perlu asupan lemak setiap harinya. Tapi, tentu lemak tersebut harus dari sumber yang sehat, seperti buah alpukat. Atau lemak sehat bisa juga kamu dapatkan dari ikan salmon dan tuna.

Baca juga: 5 Restoran Vegetarian yang Harus Kamu Coba di Jakarta Selatan

Sayur Brokoli

Master

Nah, tinggal sendirian kadang bikin tubuh nggak semangat dan kurang stamina. Kalau udah gitu, tandanya kamu harus banyak makanan yang mengandung vitamin A dan C. Yang sehat, tentu pilihannya sayur. Sementara, sayur yang praktis itu salah satunya adalah brokoli. Bisa direbus, atau ditumis bersamaan dengan makanan lainnya.

Tahu & Tempe

tempe

Pasti tahu kan, kalau tahu dan tempe itu sumber protein yang tinggi. Protein itu, penting banget buat gizi tubuh kita, dan bagus juga buat kesehatan otak. Jadi, kita bisa berpikir lebih cerdas deh. Nah, duo makanan sehat berbahan dasar kedelai ini memang wajib banget buat dikonsumsi sehari-hari!

Oats

httpwww.nutritionistinthekitch.comwp-contentuploads201309IMGP8031.jpg

Kalau lagi jalan-jalan ke supermarket, kamu sering ngeliat makanan kering dalam kemasan semacam sereal, itulah oats. Ini adalah sumber makanan yang menyehatkan, karena mengandung sejumlah serat dan bagus juga buat mengatur kolesterol. Sebagai sarapan pagi, oats bisa jadi andalan, karena cukup dicampur dengan susu atau bahkan air putih.

Baca juga: Do it Yourself! 10 Kreasi DIY Untuk Kamar Kos Ini Buat Kamar kamu Lebih Keren

Susu & Yogurt

dairy-food5

Kalau lagi kepepet, susu dan yogurt tentu bisa jadi pilihan buat mengisi kekosongan di perut kamu. Apalagi dua minuman sumber protein dan lemak baik ini, punya umur simpen yang cukup panjang. Bisa kamu minum langsung, atau bisa juga jadi campuran buat konsumsi oats, sereal, ataupun aneka buah potong.

Kentang

potato

Kalau bosan makan nasi, kentang bisa jadi pilihan. Apalagi kentang itu sumber karbohidrat yang lebih sehat, jika dibandingkan nasi putih. Udah gitu, kentang mengandung vitamin A juga yang bagus buat kesehatan mata kamu. Buat mengolahnya, kentang bisa kamu rebus dan dimakan begitu saja. Atau siapa tahu ibu kost punya mesin oven, tentu kentang enak untuk dipanggang!

Banyak kan, asupan sehat dan bernutrisi tinggi yang harganya terjangkau? Jadi, jangan melulu andalkan makanan nggak bergizi, ya!

 

This post was written by Diona Ratrixia