• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 7 Ide Memanfaatkan Barang Seadanya Jadi Pajangan Dinding Cantik

7 Ide Memanfaatkan Barang Seadanya Jadi Pajangan Dinding Cantik

Siapa bilang dinding polos cuma bisa diisi dengan lukisan, pajangan ataupun wall sticker. Tujuh kreasi ini bikin dinding rumah kamu tampil lebih menarik!

Coba lirik kembali ruang-ruang di dalam rumahmu. Jika terasa membosankan dan kurang ‘hidup’, bisa jadi karena tak ada pemanis di dinding polosmu. Ataupun jika ada, bisa jadi hanya sebuah frame foto besar yang mungkin sudah belasan tahun tergantung di sana.

Nggak perlu langsung buru-buru berpikir untuk membeli lukisan, wall sticker atau pajangan lain. Kamu bisa mendekorasi dinding rumah dengan memanfaatkan bahan atau pernak-pernik yang ada. Yuk, kita berkreasi dengan ide-ide di bawah ini!

Pajangan Dinding dari Papan Berjalan Warna-warni

Ingat papan atau meja berjalan yang suka dipakai anak sekolah ujian? Kalau punya setidaknya 3-5 papan, kamu bisa memanfaatkannya sebagai pajangan dinding. Beli cat warna-warni, lalu cat seluruh permukaannya. Jika sudah kering, tempel berurutan memanjang pada dindingmu. Sebagai aksen, kamu bisa menempel bunga kering lho!

dekorasi dinding

Pajangan dari Kardus Sepatu

Daripada menumpuk dan bikin penuh kamar, pajang saja kardus-kardus sepatumu di dinding ruang keluarga! Caranya, singkirkan tutup kardusnya, lalu seluruh permukaan kardus kamu cat senada dengan warna interiormu. Bagian bawah karduslah yang akan ditempel ke dinding sehingga bagian terbukanya bisa kamu manfaatkan untuk memajang apapun yang nggak terlampau berat. Mulai dari vas bunga plastik, koleksi mainan anak, hingga koleksi korek api sang suami.

dekorasi dinding

Kalimat Kutipan yang Cantik di atas Canvas

Terinspirasi dengan kalimat atau quote pendek seorang tokoh? Siapkan sebuah canvas besar, kemudian rangkai kalimat di canvas tersebut. Atau bisa juga hasil hobi sketchingmu dipanjang di sini. Jika kurang pede dengan hasil gambar sendiri, gunting saja huruf demi huruf dari kertas bekas majalah dan ditempel pada kanvas. Seru juga!

dekorasi dinding

Bingkai Scarf Cantik

Orang tuamu pernah menghadiahkan banyak sapu tangan atau mini scarf yang cantik? Kenapa nggak untuk memajangnya di dalam sebuah frame polos. Setrika terlebih dahulu, agar permukaannya rata, tinggal masukkan ke dalam frame sama seperti menaruh foto. Biar menarik mata, bikin setidaknya empat frame kecil ya.

Sudut Kartu Pos

Pasti kamu punya banyak koleksi kartu pos! Tempel kartu-kartu tersebut pada stereofoam (bahan seperti papan gabus yang banyak dijual di toko buku, dengan ketebalan biasanya 1 sentimeter), kemudian gunting stereofoam sesuai ukuran kartupos. Agar lebih bervariasi, setiap kartu pos dibuat dengan ketebalan berbeda. Yang lebih tebal tentu bisa dengan menumpuk stereofoam menjadi 2, 3, hingga 4 bagian. Kalau sudah, langsung tempel di bidang dinding polosmu.

dekorasi dinding

Bermain Inisial dengan Kancing

Pada bidang dinding kosong, bikin sketsa inisial nama kamu dan pasangan pakai pensil tipis, dengan bentuk huruf yang cantik tentunya. Biar hasilnya kelihatan bagus, tentu harus bikin sketsa yang berdimensi tinggi dan besar terlebih dahulu. Jika sudah presisi, tempel kancing-kancing kecil warna-warni mengikuti garis pensil. Pasti hasilnya seru!

Sisa Triplek atau Kayu Bekas

Memanfaatkan sisa material seperti triplek dan kayu bekas, kenapa nggak? Tinggal potong menyerupai balok atau lempeng-lempeng kecil. Susun sesuai selera di atas frame besar yang kamu sudah copot kacanya, kemudian lem atau paku pada masing-masing bidang potongannya. Jika perlu, minta bantuan suami atau kakak untuk mengerjakannya.

Simpel dan mudah diaplikasikan bukan? Kamu bisa membuatnya saat weekend besok, atau saat waktu senggang menunggu anak-anak pulang sekolah. Selamat mencoba!

Photo Credit: www.hgtv.com, www.furniturehomedesign.com, homesweethome.blogspot.com,

Baca Juga:
Selesai dengan Dinding, Jangan Lupa Percantik Jendela Juga!
Tertarik Bikin Perpustakaan Mini di Rumah? Ini Caranya!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza