• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 7 Cara Membersihkan Rumah dan Menata Ulang Habis Lebaran

7 Cara Membersihkan Rumah dan Menata Ulang Habis Lebaran

Nggak usah pusing karena harus membersihkan rumah pascalebaran. Kami siapkan 7 tips yang bisa membantumu mengatasinya!

Usai perayaan Hari Raya, pasti ada satu hal besar yang masih tersisa, yaitu membersihkan rumah dan menata ulang furnitur. Apalagi kalau kemarin rumahmu digunakan untuk kumpul keluarga besar. Mumpung sekalian beberes dan masih musim liburan, yuk bersihkan dan sedikit tata ulang rumahmu dengan 7 cara di bawah ini:

Re-gift Barang Lama Membersihkan Rumah

www.rodalesorganiclife.com

image source:rodasoleorganiclife

Kalau Lebaran tahun ini kamu dapet barang-barang baru pemberian orang lain, itu tandanya kamu harus mengeluarkan barang-barang lama yang rasanya sudah nggak diperlukan. Karena yang namanya ruang simpan dalam rumah nggak akan membesar, sementara barang-barang terus bertambah setiap waktu. Kalau banyak dapet toples baru, toples lama dihibahkan saja ke yang membutuhkan, dan seterusnya. Hal ini berlaku buat pakaian dan makanan juga, loh!

BACA JUGA: Rahasia Sederhana Penghilang Noda Yang Wajib Kamu Tahu

Sortir Sebelum Simpan

petapixel.com

image source:petapixel

Sebelum masuk gudang atau disimpan, hendaknya taruh semua barang-barang di satu tempat, bersihkan kembali, lalu sortir atau pilah satu demi satu. Kenapa harus demikian? Supaya kamu tahu mana yang prioritas (barang yang masih sering dipakai), mana yang setahun sekali, atau mana yang berat, dan seterusnya. Tentunya memudahkan kamu untuk nantinya mencari kalau diperlukan.

Manfaatkan Space Kosong

pinterest.com

image source: pinterest

Yang pasti, perangkat makan seperti gelas, toples, sampai karpet bakalan harus kembali lagi ke ‘rumahnya’ alias ke gudang. Kamu perlu ekstra sabar sedikit, supaya bisa nyusunnya kembali dengan rapih. Manfaatin setiap inci dari space kosong. Misalnya, tumpuk piring makan dari besar ke yang paling kecil, atau manfaatkan toples kosong yang di dalemnya bisa buat jadi area simpan sendok-garpu kecil. Jadi, gudang kamu nggak mendadak kepenuhan cuma gara-gara kamu malas mengaturnya.

Alih Fungsi Barang

www.etsy.com

image source:etsy

Banyak dapet kiriman bunga yang ada vasnya? Kamu bisa manfaatin vas-nya buat wadah simpan sendok dan garpu. Atau dapet banyak boks rotan bekas parcel? Wah, bisa jadi wadah untuk simpan koran, majalah, ataupun mainan anak-anak. Pokoknya simpanlah barang yang kira-kira punya banyak fungsi alias multifungsi!

Segera Dibersihkan

www.kukshome.ee

image source:kukshome.ee

Yang namanya special occasion, benda-benda kayak taplak, serbet sampai alas piring pasti keluar semua dari gudang. Hal ini termasuk alas sholat atau sajadah. Sebelum kembali ke gudang atau disimpan, pastikan kamu sudah membersihkan dan mencucinya dengan baik. Karena bekas kotoran dan noda yang didiamkan lama, nantinya bikin benda-benda tersebut jadi nggak layak pakai.

Kasih “Napas”

cleaning sofa

image source: cleanipedia

Sedikit butuh tenaga, tapi kamu perlu memberi “napas” buat sofa, kursi, bantal dan karpet besar yang aktif dipakai di Hari Raya. Keluarkan mereka ke pekarangan rumah supaya bisa diangin-anginkan di bawah sinar matahari. Atau setidaknya, bersihkan dengan vacuum cleaner. Kedua cara ini tentu buat basmi kuman-kuman yang bersarang pada benda-benda tersebut.

Tata Letak

www.somavit.com

image source: somavit

Mumpung geser-geser furnitur, kamu bisa sedikit melakukan perubahan biar suasana rumah nggak bosan. Mulai dari sofa dan kursi yang posisinya diubah dari posisi biasanya, ganti sarung bantal dan karpet, atau bahkan kalau ada waktu dan bujet, kamu bisa sekalian cat ulang bidang dinding.

Kalau semua barang sudah kembali ke tempatnya, baru deh kamu tinggal membersihkan furnitur dan seluruh ruangan satu persatu.

This post was written by Diona Ratrixia