• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 7 Cara Biar Bikin Rumah Terasa Lebih Adem dan Homey

7 Cara Biar Bikin Rumah Terasa Lebih Adem dan Homey

Kalau sudah mulai merasa suntuk di rumah sendiri, tandanya kamu perlu menerapkan 7 hal ini supaya rumahmu terasa lebih nyaman dan homey.

Nggak bisa dipungkiri, kok, kalau rasa bosan melanda karena setiap hari melihat suasana ruangan yang sama, hingga faktor lingkungan dan cuaca yang tak tentu, kadang bikin kita merasa sumpek atau penat di rumah sendiri. Kalau sudah begini, tandanya kamu perlu melalukan sedikit perubahan penataan pada interior dan aksitektur rumahmu. 7 tips di bawah ini dapat membantumu cara bikin rumah terasa lebih adem, dan menciptakan napas segar di dalam rumah sendiri.

Ganti Lantai

Khususnya di kamar tidur dan ruang keluarga, kamu bisa ciptakan suasana baru dengan mengganti material pengisi lantai. Jika saat ini lantainya menggunakan keramik, coba ganti dengan lantai parket. Karena memang tekstur dan warna kayu memberikan efek ruang menjadi lebih adem dan homey. Jika bujetmu belum cukup untuk membeli parket kayu asli, ada parket kayu sintesis yang sudah banyak dijual di pasaran. Pemasangannya pun gampang dan mudah, serta tak perlu membongkar keramik (ditempel di atasnya). BACA JUGA: 7 Panduan Memilih Bahan Lantai Agar Rumah Lebih Indah

Bermain Karpet

A photo posted by The Rug Seller (@therugseller) on


Kalau tetap ingin pakai lantai keramik, berarti kamu bisa bermain dengan aksesori karpet pada lantai. Karpet besar yang mengelilingi ruang keluarga salah satu cara yang diterapkan biar suasana ruang jadi lebih intim. Atau jika di kamar tidur, karpet di depan atau samping dipan bisa jadi pemanis ruang. Pilih warna yang nggak terlalu mencolok agar kesan hangatnya tetap terasa.

Tanaman Gantung

A photo posted by Phoebe Hill (@phoebe_mosha) on

Benar, meletakkan tanaman dalam ruang adalah cara ampuh bikin rumah agar terasa lebih asri. Kalau yang lalu Mozaic sudah membagi tips punya indoor pot plan kali ini kamu bisa mencoba menerapkan tanaman gantung di dalam rumah. Bisa digantung di bawah lemari dapur, di bawah area tangga, ataupun di sudut tertentu yang memang kamu tentukan sendiri (dengan bantuan benang kenur ataupun tali lainnya). Tentunya kamu harus letakkan tanaman-tanaman tersebut di area yang tetap dekat dengan sumber penghawaan alami ya. Atau secara berkala, tanaman tersebut diangin-anginkan dan dijemur di bawah matahari.

Cek Arah Matahari

A photo posted by houseinterior (@gracegift999) on


Kalau selama ini nggak sadar, coba cek jendela di ruang utama rumah kamu menghadap kamu. Jangan-jangan menghadap timur dan barat? Nah, ada baiknya kamu tata ulang furnitur (misal tempat duduk) biar nggak terlalu berdekatan atau langsung menghadap ke arah tersebut. Atau dekatkan benda-benda yang bisa menyerap panas masuk dalam ruang, seperti tanaman misalnya.

Pakai Vitrase

Kalau suka merasa silau atau hawa panas terlalu menusuk ke dalam ruangan, bisa jadi kamu membutuhkan vitrase untuk menutupi jendelamu. Tirai dari bahan (biasanya lace atau nilon) yang cenderung tipis ini memang akan membantu meredam silau dan hawa panas yang datang dari luar. Umumnya vitrase berwarna putih agar netral dan nggak memantulkan warna lain ke dalam ruang.

General Lighting


Untuk area utama, interior rumah terasa lebih nyaman jika menggunakan sistem general lighting atau pencahayaan yang menyeluruh. Hal ini mencegah terlalu banyaknya menggunakan titik lampu kecil-kecil, sehingga dapat memilinimalisasi efek panas dalam ruang. General lighting ini umumnya tersembunyi di balik atau samping bidang plafon, sehingga sinarnya tak langsung menyorot. Tertarik? Perlu sedikit renovasi di bagian plafon dan titik lampu, tapi pasti bikin ruang inti pada rumahmu jadi lebih terasa lebih hangat.

Bikin Roof Garden


Sekalipun agak teknis dan butuh bantuan ahlinya, menerapkan taman di atas atap adalah salah satu cara yang signifikan untuk menciptakan kesan yang lebih teduh pada bangunan. Ya, jika di rumahmu ada bagian atap yang terbuat dari dak beton, coba yuk untuk membuat taman di atasnya. Area penghijauan di atas bangunan ini membuat rumahmu jadi punya area terbuka tambahan dan bisa dimanfaatkan juga untuk bersantai.

Banyak cara bukan untuk membuat suasana baru dan adem di rumah sendiri? Selamat mencoba!

Tags: , , ,
Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza