• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 7 Bahan Masak Tradisional yang Cuma Ada di Indonesia

7 Bahan Masak Tradisional yang Cuma Ada di Indonesia

Selain punya budaya dan bahasa yang khas, negara kita tentu punya deret sayuran dan buah yang bisa kamu temukan cuma di Indonesia. Apa saja bahan masak tradisional khas negara kita?

Negara kita tercinta punya beragam hasil bahan pangan. Iklim tropis dan jenis tanah di sini sangat mendukung beberapa jenis tanaman berkembang dengan subur. Hasil atau bagian dari tanaman (bisa daunnya, biji, buah hingga akar) itulah yang kemudian disebut sebagai sayur. Aneka bahan sayur ini bisa dimakan langsung atau dicampur dengan bahan baku lainnya seperti daging. Jadi, berbanggalah sebagai bangsa Indonesia karena punya banyak banget jenis sayuran dan buah yang khas dan hanya bisa ditemukan di sini. Berikut bahan masak tradisional yang perlu kamu tahu.

Kecombrang

twicsy.com

Ini dia salah satu bahan masak yang lagi populer belakangan ini. Aneka resto modern kini banyak menyajikan menu sambal dengan campuran bunga kecombrang. Tanaman yang banyak ditemukan dan dibudidayakan di Pulau Jawa (khususnya Jawa Barat ) ini adalah sejenis rempah sehingga pas untuk menambahkan citarasa masakan. Uniknya lagi, kecombrang punya banyak sebutan berbeda di setiap wilayah, seperti disebut dengan kencong di Sumatra Utara, asam patikala di Kalimantan, hingga bongkot di Bali.

Keluak

www.cellophaneland.com

Pernah tahu warna hitam dari kuah rawon (masakan khas Jawa Timur), berasal dari mana? Ini dia bahan aslinya. Keluak adalah tanaman khas vegetasi yang pohonnnya bisa umumnya tumbuh di tepi sungai, daerah berair dan hutan-hutan di Indonesia. Sama halnya kecombrang, setiap daerah di Indonesia menyebutnya dengan sebutan berbeda-beda. Biji keluak ini ternyata bukan saja bisa dimanfaatkan untuk bahan masakan, tapi sering dipakai untuk pengobatan tradisional.

Petai

www.jendelaberita.com

Pasti sudah tak asing lagi sama yang satu ini. Pohon petai berasal dari suku polong-polongan dan tersebar luas, khususnya di wilayah Indonesia bagian barat. Biji petai inilah yang punya aroma yang sangat khas, dan banyak diolah jadi bahan masakan khas negara kita. Meski nggak semua orang bisa tahan dengan baunya, namun permintaan petai di berbagai wilayah Indonesia sangatlah tinggi karena memang lezat untuk dibuat campuran sambal goreng, topping nasi goreng, hingga dimakan begitu saja.

Oncom
resep-masak-indonesia.blogspot.com

Ini adalah salah satu bentuk olahan produk fermentasi tradisional yang bahannya terdiri dari bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas singkong, dan ampas kelapa. Makanan khas Jawa Barat ini ada dua macam, oncom merah dan oncom hitam. Keduanya dibedakan berdasarkan bahan bakunya saja. Oncom enak sekali untuk diolah menjadi sambal, ditumis, hingga dibuat perkedel.

Jengkol

banyakcerita.com

Meski tumbuhan ini tumbuh di berbagai penjuru negara Asia Tenggara, namun jengkol sudah jadi ciri khas bahan masakan di Indonesia, khususnya tanah Betawi. Jengkol yang termasuk dalam suku polong-polongan (kacang-kacangan) ini memang punya buah yang berbentuk polong dan gepeng. Biasanya dimasak untuk semur, dibuat rendang, atau bahkan jadi campuran sambal. Yang pasti, sudah pada tahu kan, seperti layaknya petai, jengkol punya aroma yang sangat khas dan pekat?

Matoa

reps-id.com

Kalau di etalase buah di supermarket kamu suka melihat buah berbentuk bulat berwarna agak keunguan, itu bukanlah manggis, kelengkeng, bukan juga rambutan. Itu adalah matoa, tanaman buah dari wilayah Papua. Matoa adalah buah musiman atau berbuah hanya kurang lebih sekali setahun, dagingnya pun lembut dan terasa manis. Selain dimakan langsung, buah ini cocok buat dibuat campuran es buah ataupun diolah jadi kue.

Timun Suri

www.flickr.com

Buah ini unik banget, karena kamu hanya bisa dengan mudah mendapatkan buah ini saat bulan Ramadhan tiba di Indonesia. Timun Suri sebenarnya bukan buah musiman yang panen setahun sekali, tapi karena buah ini tinggi permintaannya hanya di bulan Ramadhan, banyak petani yang memanennya saat di bulan tersebut saja. Daging buah timun suri rasanya segar dan baik untuk mengembalikan energi tubuh. Buah ini banyak dibudidayakan di pesisir barat Pulau Jawa layaknya melon dan semangka.

Asyik, ya, jadi warga negara dan tinggal di Indonesia. Kamu punya beragam variasi bahan sayur dan buah buat di konsumsi, dan yang pasti bergizi.

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia