• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 6 Tips Agar Momen Lebaran Nggak Bikin Gemuk Badan

6 Tips Agar Momen Lebaran Nggak Bikin Gemuk Badan

Mau terlepas dari rasa bersalah saat mengonsumsi berbagai hidangan spesial di Lebaran nanti? Ini dia tipsnya!

“Lupain dulu dong dietnya, kan sedang lebaran!” Kalimat ini pasti sering kamu dengar saat kamu sedang berkunjung ke rumah keluarga saat Lebaran tiba. Tentu sang pemilik rumah berharap kamu menikmati seluruh hidangan spesial yang disajikan tanpa tahu kalau kamu sedang dalam program pengurusan badan. Kalau sudah begitu, kamu pasti suka kebingungan karena takut timbangan melonjak ke kanan. Nah, agar kamu terbebas dari rasa bersalah saat menikmati hidangan spesial, berikut panduannya!

Porsi Mini

Tetaplah makan hidangan yang disajikan namun dengan porsi sedikit saja. Jadi, dalam sekali kunjungan kamu bisa menyicipi beberapa hidangan, tanpa harus merasa kekenyangan. Hindari pula konsumsi karbohidrat (seperti nasi, lontong dan kentang) secara berlebihan. Kalau perlu dihindari, sehingga kamu cukup makan lauk-pauknya saja.

lebaran

Berbaur Bersama dan Foto-Foto

Aktifkan diri kamu dengan berbaur bersama seluruh sanak keluarga. Sapa dan tanyakan kabar mereka satu demi persatu, kalau perlu ajak foto bersama atas nama mengabadikan momen. Dengan demikian, waktu kunjungan kamu akan habis dengan sesi mengobrol dengan keluarga. Kamu pun jadi lupa kalau ada banyak makanan di sekitarmu.

Hindari Ruang Tamu

Jika ruang tengah sedang penuh sesak dengan sanak keluarga, hindari duduk bengong di ruang tamu karena di sanalah sarangnya kue kering dalam toples! Daripada menambah kalori dalam tubuh, mending kamu sibukkan diri dengan melihat-lihat tanaman di halaman, atau bisa juga menemani para keponakan bermain.

lebaran

Tetap Makan Buah

Hidangan lebaran identik dengan yang serba manis, bersantan, dan berlemak tinggi. Oleh karena itu, selalu tutup agenda makan kamu dengan menyantap buah potong agar pencernaanmu tetap lancar.

Tak Tergoda Jajanan

Biasanya, orang mudah tergoda dengan jajan kue cubit, es krim, atau minuman soda manis di sepanjang jalan menuju rumah saudara dan kerabat, apalagi saat siang terik. Hindari hal tersebut karena cuma bikin perut kamu terasa semakin penuh. Lebih baik banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan tubuh nggak mudah lemas.

Atur Waktu Kunjungan

Supaya perjalanan nyaman dan perut juga nggak terasa full akibat terlalu banyak makan, atur waktu kunjungan dalam satu harinya. Upayakan berkunjung 3-4 rumah saja dalam 1 hari, dan pastikan kunjungan terakhir nggak terlalu malam waktunya. Kamu pun terhindar dari makan malam di atas pukul 7 malam.

Mudah bukan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti? Selamat menikmati aneka hidangan lebaran yang disajikan!

Baca Juga:
Nggak Kalap Makan saat Liburan Berkat 7 Tips Ini
Turun Berat Badan 8 Kilo Berkat Diet Tanpa Garam!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza