6 Kesalahan Makeup yang Paling Sering Dilakukan Perempuan Menurut Makeup Artist Ternama

Yang namanya kesalahan makeup itu banyak banget! Tapi cuma 6 ini yang paling bikin sebel makeup artist.

Ngaku sudah bisa makeup sendiri? Wah, selamat ya! Tapi tahu nggak ternyata perempuan yang ngaku sudah bisa makeup sendiri pun masih bisa juga melakukan kesalahan makeup yang mungkin dia nggak tahu. Yaa..namanya juga manusia. Daripada kamu nebak-nebak sendiri salahnya di mana, coba baca pendapat 6 makeup artist ternama ini soal kesalahan makeup yang paling sering dilakukan. Tenang saja, mereka juga kasih solusi kok supaya salahnya nggak terulang lagi!

Alis Kayak Stang Sepeda

“Kalo kita ke bank atau ke supermarket yang di mall, coba liat mbak-mbak yang jaganya. Kalau di bank teller atau CS, kalau di supermarket itu mbak-mbak kasirnya. Coba liat alis mereka dan totally makeup mereka. Ini bikin aku gemes bgt! Sebagai pegawai dan pelayan publik, mereka itu di-training soal makeup.

Cuma cara mereka makeup itu terkadang berlebihan dan maksa. Gambar alis kalo nggak gede banget, warna nggak solid kaya dicoret pake spidol, atau bentuknya yang aneh, runcing-runcing patah kaya stang sepeda, atau kayak lambang nike terbalik. Ooopps! Itu malah bikin mereka jadi aneh.

A video posted by The Glam Zone (@theglamzone) on

Pas gambar alis, jangan terlalu ditekan kalau pakai pensil. Dingambangin aja supaya warnanya nggak menggumpal dan hasilnya solid. Dan sebaiknya juga bulu alis dicukur dan dibentuk agar mempermudah gambar alis.” — Laurentcia Hannah

Baca Juga: Cuma 4 Jenis Produk Ini yang Kamu Perlukan Kalau Mau Percantik Alis

A photo posted by علا (@olaemadeldeen) on

Bronzer untuk Konturing

“Kesalahan makeup yang paling sering dilakukan adalah menggunakan bronzer untuk konturing. Menurut aku, bronzer itu dipakai untuk membuat tone wajah lebih warm (biasanya dilakukan karena foundation/ bedak terlalu putih) dan bukan untuk konturing. Apalagi untuk kontur bagian hidung, justru akan membuat tampilan wajah terlihat lebih dekil.  

Menggunakan bronzer pada tubuh dan leher sah-sah saja (selama pemakaiannya wajar), tapi perlu diperhatikan ketika menggunakannya pada wajah. Aplikasikan tipis saja dengan menggunakan kabuki brush atau brush besar hanya pada area pipi dan bukan seluruh wajah. – Rachel Goddard

kesalahan makeup

Concealer Terlalu Terang

“Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi dalam makeup adalah penggunaan concealer. Gunakan concealer dengan shade yang sesuai dengan warna kulit kita atau shade yang sedikit lebih gelap. Jika kita menggunakan concealer dengan shade yang lebih terang daripada kulit kita, jerawat atau under-eye area yang ingin kita samarkan justru semakin terlihat! Oleh karena itu, penggunaan shade yang tepat untuk concealer sangatlah berpengaruh.” — Eveline Sujatmiko

Lip Liner Cuma di Luar Bibir

“Penggunaan lip liner fungsi utamanya untuk bikin warna lipstik lebih lama sehingga nggak mudah pudar. Namun, nggak sedikit yang pakai lip liner hanya pada bagian terluar bibir. Pemakaian yang benar adalah dengan terlebih dahulu menggambar bagian terluar bibir, kemudian mengisi warna lip liner pada bagian dalam bibir juga.

A video posted by An (@makeupbyan) on

Perhatikan juga bentuk bibir kita sendiri, apakah bagian atas dan bawah bibir kita seimbang ketebalannya. Kesalahan yang sering dilakukan adalah bukannya menipiskan bagian yang tebal, malah membuat bibir yang tipis lebih tebal.” – Cindy Giovanny

Baca Juga: Ini Liquid Lipstick yang Paling Direkomendasikan Makeup Artist

Foundation Terlalu Putih

“Makeup yang sering di abaikan perempuan adalah memilih foundation yang terlalu putih untuk wajah mereka sehingga ketika di foto dengan kamera yang ada flash kelihatan jadi agak powdery dan sangat putih berbeda dengan leher!

kesalahan makeup

Untuk mengaplikasi hasil foundation yang bagus dan alami, jangan pernah melewati regimen skin care terlebih dahulu sebelum mengaplikasi foundation. Aplikasikan juga produk seperti MAC Lightful C tint SPF 30 (pilih yang sesuai warna kulit) yang bisa memberikan hasil kulit yang sangat halus, cerah, dan menyamarkan kemerahan dan pori pada wajah. Ini adalah produk favorit aku untuk hasil kulit yang luar biasa bagus tetapi alami sekali.   Setelah itu pilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit.

Tipsnya, aplikasikan di rahang wajah dan baurin dua warna yang mendekati warna asli kulit. Pilihlah warna yang menghilang yang paling mendekati warna asli kulit.” – Belinda, MAC Makeup Artist  

kesalahan makeup

Salah Pakai Eyeliner

“Kalau menurut aku sih yang paling sering orang salah lakukan saat makeup dan paling bikin aku greget adalah penggunaan eyeliner. Jaman sekarang hampir semua perempuan pakai eyeliner karena eyeliner bisa mempertegas dan menperindah bentuk mata.  

Tetapi kebanyakan orang pakai eyeliner hanya diatas garis bulu mata saja sehingga seolah-olah ada gap di antara bulu mata. Cara yang benar adalah gunakan eyeliner sesuai garis bulu mata, kemudian isi celah di antara bulu mata dari bawah menggunakan pensil atau gel eyeliner. Dengan begini, bulu mata terkesan lebih full dan natural.” — Evalovira

Jadi, mana kesalahan yang pernah (atau masih!) kamu lakukan? Ya, namanya juga salah, ada yang disadari dan nggak disadari kan? Yang penting mah, jangan jangan diulang lagi ya!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza