5 Tips Pintar Memilah Baju Untuk Kamu Amalkan

Pilah-pilah dulu baju untuk amal, biar yang menerimanya juga senang dan ibadahmu jadi lebih bermakna, yuk.

Nggak cuma saat Idul Fitri kamu bisa berbuat amal. Sebentar lagi kan Idul Adha, itu berarti momen ini bisa kamu manfaatkan untuk beramal. Coba tengok ke dalam lemari, kira-kira ada nggak fashion item yang sudah kamu tidak pakai dan ingin kamu sumbangkan. Kalau ada, yuk, pilah item tersebut dan pisahkan di container yang bisa kamu bawa ke panti asuhan. Begini tips pintar memilahnya!

DIY Baju Yang Sudah Robek

diy_baju_robek

Ada satu baju di lemari yang modelnya masih cukup bagus tapi karena ada satu bagian yang robek, jadi nggak pernah kamu pakai lagi. Nah, biar lebih layak untuk disumbangkan, DIY dulu baju ini. Kalau misal yang robek adalah item denim, kamu bisa beli patch di pasar atau toko art and craft lalu jahit di bagian yang robek. Jadi lebih modern juga, kan?

Baca Juga: 5 Ide Seru DIY Fashion Dari Barang Bekas

Pilih Baju Yang Sudah Tidak Muat di Tubuhmu

kebesaran_atau_kekecilan

Ingat ya, kunci menyumbangkan baju bukan karena baju tersebut sudah rusak atau usang. Kalau misal tubuh kamu jauh lebih kurus sejak setahun terakhir, kamu bisa menyumbangkan baju-baju yang kebesaran dan sebaliknya. Intinya, cari baju yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai lagi.

Baju Seragam

baju_seragam

Di luar sana masih banyak lho anak-anak yang nggak memiliki baju seragam. Karena kamu pun sudah lulus SMA, kenapa nggak menyumbangkan baju sekolahmu untuk mereka. Sayang kan kalau misal di acara kelulusan malah kamu corat-coret pakai pilox?

Baju All-Size

baju_all_size

Lebih mudah bagi yang menerima baju sumbanganmu nanti apabila kamu mengamalkan baju-bajumu yang berukuran all-size. Mereka bisa pakai tanpa harus kesusahan muat ke dalam bajumu, apalagi kalau kamu memiliki size yang kecil. Buat panduan, kamu bisa mencari baju yang bagian pinggangnya berkaret, ya!

Tas Vintage Mama atau Nenek

tas_vintage

Kamu pernah dapat hibahan tas dari mama atau nenek tapi karena kurang sreg dengan modelnya jadi terbiarkan begitu saja di lemari. Daripada kulit tasnya rusak karena nggak pernah dipakai (kalau tasnya berbahan kulit), lebih baik disumbangkan. Tentunya dengan seizin mama dan nenek, ya! Kalau sudah dapat izin, tinggal bawa deh ke mereka yang memerlukan tas tersebut.

Kalau kamu memberikan barang-barang yang masih layak pakai, bukannya ibadah kamu juga lebih bermakna dan pahala kamu pun nggak setengah-setengah. Sekarang waktunya menginspeksi lemari, deh!

Baca Juga: Tampil Keren di Acara Bakti Sosial Dengan 5 Fashion Item Ini

Categorised in: , ,

This post was written by Jessica Esther