• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Rumah Keren Karya Arsitek Indonesia yang Hemat Bujet

5 Rumah Keren Karya Arsitek Indonesia yang Hemat Bujet

Kalau sering buka-buka pinterest untuk dekorasi kamar, coba deh cari tahu rumah-rumah keren karya arsitek Indonesia yang nggak kalah kece.

Rumah-rumah ini bukan hanya bagus, tapi punya makna desain yang cermat dan inspiratif. Patut ditiru!

Rumah Puzzle

Dok.www.arsitag.com

Dok.www.arsitag.com

Rumah di bilangan Jakarta Barat karya Studio Akanoma – Yu Sing ini dibangun di lingkungan padat penghuni. Saat merenovasi, sang arsitek ingin menampilkan kesederhanaan namun yang tetap menarik mata. Termasuk di bagian fasade (tampak depan) bangunannya yang bermain dengan modul kotak dari grass block. Ini sebagai upaya juga memasukkan sinar matahari secara alami, tapi nggak menyorot langsung ke dalam. Jadi saat pagi hari, sinar matahari bakal masuk mengintip dari lubang-lubang yang ada. Sementara bidang pagar dibuat dari panel-panel kayu yang disusun sejajar. Hemat dan keren!

Splow House

www.delution.co.id

Dok.www.delution.co.id

Delution Architect memberi solusi yang sangat inspiratif buat rumah kliennya yang berdiri di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Sebuah daerah yang juga padat akan rumah tinggal. Rumah ini dibuat dengan split level (ada bagian-bagian yang hanya setengah lantai). Ini salah satu cara biar rumah nggak terlalu kelihatan padat. Sehingga, di area tengah jadi bisa difokuskan untuk void (area terbuka dari lantai bawah hingga ke bagian atas bangunan) buat maksimalin pencahayaan dan sirkulasi udara. Apalagi di bagian atas void memang ditutup dengan bidang transparan. Splow sendiri berarti Split – Grow, karena rumah ini dibangun dengan desain split, dan rumah yang tumbuh (grow) atau pembangunannya bertahap.

Baca juga: 6 Alasan kenapa Bangun Rumah Pakai Jasa Arsitek Lebih Hemat & Untung

Grey House

www.archdaily.com

Dok.www.archdaily.com

Salah satu cara menghemat desain bangunan adalah dengan bentuknya yang geometris, tak banyak ornamen, serta materialnya yang diekspos. Begitu yang dilakukan SUB. Studio for Visionary Design pada rumah di Jakarta ini. Rumah ini kelihatan fleksibel, sederhana, namun tetap kontemporer. Modul grey brick berukuran 20×20 sentimeter tampak mengisi dinding-dinding bagian depan rumah ini. Begitu juga dengan frame pada jendela yang memanfaatkan panel-panel kayu lama. Sementara itu, sebuah kolam sederhana dibuat untuk menambah kesan sejuk di area penerimaan rumah ini. Desain yang sederhana, namun sangat fungsional!

Rumah Poncol

www.majalahlaras.com

Dok.www.majalahlaras.com

Meski luas lahannya cukup lebar, Endy Ersal sang arsitek, mendesain luas bangunan dengan sewajarnya sesuai kebutuhan saja. Itu sebenarnya hal penting dan mendasar yang bisa kita semua contoh saat mau membangun rumah. Endy lebih memaksimalkan lebar taman di dalam lahan ini, karena memang taman adalah sebenarnya bagian dari perluasan rumah. Jadi setiap ruang di rumah ini punya akses ke arah ruang terbuka ini. Nggak heran rumah ini memiliki bidang bukaan (jendela) yang sangat lebar, agar pemandangan, pencahayaan, dan juga sirkulasi udaranya jadi maksimal.

Baca juga: Buat yang Punya Rumah Baru, Ini Ragam Hal soal Keramik yang Perlu Kamu Tahu

Rumah Kranggan

Dok.www.arsitag.com

Dok.www.arsitag.com

Proyek lain dari Studio Akanoma – Yu Sing yang inspiratif adalah rumah di daerah Kranggan, Cibubur. Rumah ini memiliki kualitas ruang yang cukup baik. Dalam arti, meski luas rumahnya sangat terbatas, tetap ideal dan fungsional. Seperti banyaknya bidang bukaan yang langsung ke arah taman, bidang plafon yang dinaikkan supaya ruang kelihatan lebih lapang dan sirkulisi udara juga lebih baik, sampai berbagai ekspos bahan yang tentunya bikin bujet nggak melambung. Ekspos bahan terlihat dari lantai dari semen ekspos dan bidang dinding dari bata eskpos.

Banyak banget kan cara yang bisa kamu tiru dari para arsitek berbakat Indonesia ini? Jadi, desain rumah yang cermat pasti bikin kamu jadi hemat!

Foto cover: home-designing.com

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia