• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Rahasia Penghilang Noda di Rumah Wajib Tahu

5 Rahasia Penghilang Noda di Rumah Wajib Tahu

Nggak perlu putus asa ditinggal ART. Ini teknik penghilang noda paling ampuh buat bersih-bersih rumah.

Jelang Lebaran, artinya kamu harus siap-siap ditinggal Asisten Rumah Tangga (ART) mudik. Nah, sementara kebersihan rumah harus tetap dijaga. Nggak usah bingung, ada teknik penghilang noda di seluruh penjuru rumah yang bisa kamu bersihkan sendiri tanpa memakan banyak waktu.

Noda di Kamar Mandi

A photo posted by MbiniKutta (@mbinikutta) on


Kerak di kamar mandi, bekas busa sabun, nggak cuma bikin keramik kamar mandi ternoda, tapi juga bisa jadi sarang kuman. Jangan didiamkan saja. Untuk pembersihan menyeluruh, uapi permukaan keramik terlebih dulu. Bisa dengan menyalakan keran air panas atau menaruh seember besar air panas di dalam kamar mandi selama beberapa saat sebelum kamu bersihkan. Dalam hitungan menit, panas uapnya akan membuka pori-pori keramik dan membuat permukaannya lebih mudah dibersihkan. Setelah itu campur sabun pencuci piring atau sabun keramik dengan air panas dan gosok noda. Masih belum hilang? Buat ramuan campuran bubuk soda kue dan air, lalu oleskan pada permukaan yang bernoda dan diamkan selama satu jam. Bilas ubin menggunakan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisanya. Bersih bersinar!

Noda Buram di Kaca Jendela

A photo posted by Irene Czermak (@irene_cz_) on


Kaca jendela yang buram menghalangi sinar matahari masuk ke rumah, selain itu debu yang menempel juga akan mengganggu keindahan ruangan. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa memanfaatkan air cuka. Tapi pastikan sebelumnya debu yang menempel sudah kamu lap dengan koran basah. Setelah itu campur cuka dengan air hangat, dan seka permukaan kaca jendela.

Noda Membandel di Karpet


Karpet adalah aksesori yang bisa instan mengubah atmosfir di rumah. Untuk menghilangkan noda yang tampak jelas, sebisa mungkin gunakan pembersih buatan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan di rumah. Campuran deterjen, cuka, dan air hangat merupakan pilihan cocok untuk membersihkan permadani dan karpet bulu yang sensitif. Sedangkan mengatasi bau tidak sedap, seperti aroma hewan peliharaan dan bau rokok, taburi karpet bulu dengan bedak bayi. Diamkan semalaman agar bedak menyerap bau, lalu sedot sisa-sisa bedak memakai mesin pengisap debu.

Bekas Noda di Sofa


Noda yang satu ini juga nggak enak dilihat. Segera gunakan kain mikrofiber yang dibasahi larutan deterjen untuk menyeka kain penutup sofa secara perlahan. Diamkan beberapa saat agar kandungan larutan deterjennya bekerja mengatasi kotoran di bawah permukaan sofa. Kamu cuma perlu membuat kain mikrofibernya lembap, supaya tidak terlalu membasahi sofa, jadi peras kain tersebut hingga tidak ada air menetes.

Spot di Lantai


Inilah area Anda berpijak. Pasti risih melihat bercak-bercak menggangu di lantai. Solusi efektif untuk menghilangkan goresan pada lantai adalah dengan mencampurkan baking soda dan pasta gigi putih yang pada kain basah, lalu gosokkan pada permukaan keramik yang bernoda sampai bersih. Lantai rumah pun kembali indah!

Baca Juga: 5 Cara Paling Simpel Membersihkan Kulkas

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza