• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Pertanyaan yang Canggung Ditanyakan ke Teman yang sedang Berpuasa

5 Pertanyaan yang Canggung Ditanyakan ke Teman yang sedang Berpuasa

Bagi umat non-Muslim, pertanyaan-pertanyaan ini memang bikin penasaran, tapi canggung loh buat ditanyakan ke teman-teman yang berpuasa.

Bulan Ramadan merupakan bulan kesembilan di kalender Hijriah yang mewajibkan semua umat Muslim untuk berpuasa selama bulan tersebut. Puasa itu tentu nggak gampang, bahkan oleh umat Muslim sendiri yang sudah bertahun-tahun melaksanakannya. Selain komitmen, dibutuhkan juga ketangguhan pikiran dan hati agar puasa bisa berjalan dengan lancar.

Bagi kamu yang non-Muslim, nggak sedikit yang kurang familiar dengan aktivitas dan aturan selama bulan puasa. Kamu mungkin akan bertanya-tanya apa saja sih yang bisa dan nggak bisa kamu lakukan bareng teman-temen yang sedang berpuasa? Mau bertanya, segan, nggak bertanya, malah takut melanggar aturan puasa. Jadi serba salah ya?

Tetapi meski begitu, sebenarnya kamu tinggal bertanya saja langsung ke teman-teman kamu yang berpuasa. Berikut ini adalah 5 pertanyaan yang bikin penasaran tetapi justru bikin canggung untuk ditanyakan.

Saya boleh makan di sini kan?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan apalagi kalau kamu pelajar atau karyawan kantoran yang hobi bawa bekal. Pasti kamu bakal sungkan banget kalau mau makan sementara sekeliling kamu lagi berpuasa. Takut berkesan dan dicap nggak toleran.

Tapi sebenarnya nggak ada hukum yang melarang kamu untuk makan di depan orang-orang yang lagi berpuasa. Bahkan kabarnya kalau umat Muslim yang berpuasa bisa mengontrol diri kalau ada yang makan di depan mereka, mereka akan mendapat pahala dua kali lipat. Tapi jangan karena ini kamu malah sengaja makan dengan penuh emosi di depan teman-teman kamu yang berpuasa ya.

Gimana puasanya? Lancar?

Pertanyaan ini akan sering muncul ketika kamu sedang bareng teman-teman yang nggak terlalu dekat, tapi merasa canggung jika nggak diajak bicara. Orang-orang cenderung sungkan menanyakan hal ini karena nggak semua puasa bisa berjalan lancar, contohnya jika teman kamu mengalami haid atau sedang sakit.

Dengan kondisi tersebut, mereka mau nggak mau harus makan dan minum untuk memulihkan kesehatannya. Dari yang niatnya mau membuka topik biar nggak terlalu sepi, malah takut dinilai nggak peka.

Kamu mau minum nggak?

Mungkin belum banyak yang tahu kalau dalam aturan berpuasa, ada beberapa keluarga yang mengizinkan anggotanya untuk minum selama berpuasa. Oleh karena itu, terkadang kamu menjadi bingung kalau mau menanyakan pertanyaan ini ke teman-teman kamu yang berpuasa. Kamu harus pintar-pintar mengobservasi dan menganalisa (atau tanyakan saja langsung), apakah teman kamu ini boleh minum atau nggak.

Supaya nggak gerah ketika berpanas-panasan di siang bolong selama berpuasa, kamu bisa mencoba tips ini!

Baca juga: Ini 5 Etiket Baik Bagi Para Non-Muslim di Bulan Puasa

Weekend ngapain aja?

Ini nih pertanyaan yang kadang menjebak banget apalagi kalau teman kamu termasuk orang yang doyan banget sama yang namanya clubbing. Selama bulan puasa, temanmu harus mengontrol diri dan rela absen dari clubbing dengan mencari kegiatan pengganti lain untuk mengalihkan pikiran dan hobinya itu.

Alangkah baiknya kalau kamu bisa mengajak temanmu melakukan aktivitas-aktivitas bersama, sehingga dia bisa melewati weekend dengan lancar.

Kamu boleh berenang?

5 Pertanyaan yang Canggung Ditanyakan ke Teman yang sedang Berpuasa2

Sumber gambar: Jackmac34

Jika kamu dan teman-teman kamu memiliki hobi berenang setiap minggunya, kamu pasti bakal bingung ketika bulan puasa tiba karena kebanyakan dari mereka yang sedang puasa akan lebih memilih untuk nggak ikut berenang. Alasan utamanya adalah takut keminum air kolam.

Sebenarnya boleh nggak sih umat Muslim berenang kalau lagi berpuasa? Jawabannya adalah boleh-boleh saja. Teman-teman kamu boleh berenang bebas pakai gaya apapun, namun dengan catatan nggak ada air yang terminum atau tertelan sampai ke tenggorokan.

Bagi kamu yang berpuasa, bisa lihat beberapa tips aman agar tetap bisa berolahraga selama bulan puasa disini!

Sumber gambar utama: Ashyybash

Categorised in: , ,

This post was written by Sharon Hambali