• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Perlengkapan Olahraga Ini Akan Menghindari Kamu dari Cedera

5 Perlengkapan Olahraga Ini Akan Menghindari Kamu dari Cedera

Apakah kamu sudah mempersiapkan pakaian, sepatu, ataupun alat yang tepat untuk berolahraga?

Ketika selesai melakukan olahraga, pernah nggak kamu merasa terganggu dengan keringat sendiri? Atau suka merasa nyeri di bagian punggung, bahkan kulit iritasi di sekitar payudara? Bisa jadi hal ini terjadi karena pakaian yang kamu gunakan nggak tepat. Percaya atau nggak, pakaian yang kamu kenakan saat berolahraga dapat menciptakan perasaan yang kamu rasakan saat latihan, lho! Untuk kenyamanan kamu saat berolahraga, cek 5 perlengkapan olahraga di bawah ini yuk!

Kaus Serap Keringat

Kaus termasuk barang penting untuk menjaga kenyamanan tubuh selama olahraga, terutama untuk kamu yang produksi keringatnya berlebihan. Dengan pemilihan kaus yang tepat, kamu pun akan tak terganggu dengan keringat saat berolahraga. Sebaiknya, pilih kaus terbuat dari bahan kain sintetis yang mengandung polypropylene yang membantu penguapan cairan keringat sehingga tubuh tetap terasa dingin. Kalau kamu pakai kaus biasa, keringat akan terus menempel di kaos, dan akan membuatnya terasa berat. Lebih dari itu, kaus basah juga bisa mengganggu kesehatan paru.

Celana atau Tights yang Elastis

Serupa dengan kaus serap keringat, pilih celana atau tights yang membuat area kaki bisa lebih ‘bernapas’ membuat keringat menguap dan gerakan kamu akan jadi lebih nyaman. Selain itu, celana atau tights yang berbahan yang elastis juga mampu menunjang pergerakan kaki. Oh iya, sebelum membeli perhatikan jatuhnya garis celana di pinggang, kalau terlalu pendek atau jatuhnya di pinggul, bikin kamu merasa risih sendiri saat bergerak.

Bra Khusus Olahraga

Saat berjalan atau duduk biasa saja, perempuan perlu menopang payudaranya dengan baik. Apalagi saat berolahraga, kita perlu ‘dukungan’ khusus untuk payudara kita. Sports bra umumnya diproduksi dengan teknologi khusus dari microfiber dan breathable fabrics, atau bahan yang lebih menyerap keringat sehingga kulit tetap bisa bernapas. Bentuk tali belakang sports bra kebanyakan melengkung dan menyilang. Fungsinya untuk lebih menopang pergerakan tubuh khususnya saat gerakan melompat-lompat.

Fitness_1Matras Antilicin

Jangan mudah terpengaruh karena harganya murah saat membeli matras. Penting banget untuk kamu memilih matras yang nggak mudah licin yang justru mengganggu pergerakan tubuh dan membuat cedera. Matras yang tepat umumnya berbahan polyvinyl dan rubber (karet) yang lebih stabil untuk digunakan di lantai dengan ketebalannya yang lebih bagus.

Sepatu Sesuai Fungsi

Umumnya sih dengan punya satu pasang sepatu olahraga saja, kamu merasa aman untuk menggunakannya saat berolahraga jenis apapun. Tahukah kamu? Faktanya, sepatu olahraga didesain sesuai dengan masing-masing pergerakan jenis olahraga tersebut. Jadi belum tentu sepatu lari tepat untuk digunakan aerobik di dalam ruang, dan juga sebaliknya. Apalagi kaki adalah tumpuan utama di hampir semua jenis olahraga. Sebelum terkena cedera kaki dan ankle, konsultasikan ke penjaga toko saat mau membeli sepatu ya!

Jadi, nggak ada salahnya lho sedikit merogoh kantong untuk membeli perlengkapan olahraga yang nyaman anti cedera. Hitung-hitung kita investasi untuk kesehatan!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza