• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Kenalin, 5 Pahlawan Wanita yang Kurang Dikenal, Padahal Jasanya Keren Banget buat Indonesia

Kenalin, 5 Pahlawan Wanita yang Kurang Dikenal, Padahal Jasanya Keren Banget buat Indonesia

Sejak zaman dulu, selalu saja ada pahlawan wanita hebat yang ikut berjuang dan memajukan kaumnya, tapi yang ini kurang dikenal.

Kalau bicara pahlawan wanita, nggak cuma ada RA Kartini, Dewi Sartika, dan Cut Nyak Dien, lho. Karena memang sejak dulu di banyak daerah di Indonesia pasti muncul tokoh hebat yang dengan berani ikut berjuang melawan penjajah dan berusaha memajukan wanita

Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani

RA_Gusti_Nurul

Ia adalah putri tunggal pasangan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII. Tumbuh cantik dan cerdas, sampai memikat banyak pemuda, termasuk Bung Karno dan Sutan Sjahrir. Ia dikenal sebagai aktivis sosial buat kepentingan kaum wanita dan sumbangsih pemikiran yang sangat penting di masa pergolakan fisik pasca kemerdekaan, terutama di Solo dan sekitarnya.

Retno Dumilah

RetnoDumilah

Putri Bupati Pangeran Timoer ini memang hebat. Ia mampu memimpin pasukan perang dan menghentikan konflik yang terjadi antara Mataram dan Madiun. Untuk menghargai jasanya, di Madiun dibuat patung, sebagai simbol atau penandaan bahwa wanita di Kabupaten Madiun sejak lama telah sejajar dengan pria.

HR Rasuna Said

HRRasunaSaid

Pahlawan yang satu ini dikenal sangat mahir pidato mengecam pemerintahan Belanda. Rasuna Said juga tercatat sebagai wanita pertama yang terkena hukum Speek Delict, yaitu hukum kolonial Belanda yang menyatakan bahwa siapapun dapat dihukum karena menentang Belanda. Tahun 1937 di Medan, Rasuna mendirikan perguruan putri dan majalah mingguan yang banyak berbicara soal emansipasi wanita.

Maria Walanda Maramis

WalandaMaramis

Ini sosok wanita yang dianggap sebagai pendobrak adat, pejuang kemajuan, dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan Minahasa. Menurut penerbitan Nederlandsche Zendeling Genootschap, Maria disebut-sebut sebagai salah satu wanita Minahasa yang hebat dan diteladani, karena punya bakat istimewa dalam mengembangkan ide yang sering kali lebih maju daripada kaum pria.

Nyi Ageng Serang

NyiAgengSerang

Saking seringnya ikut latihan militer dan siasat perang, sampai sering ikut ayahnya ke medan perang melawan penjajah, setelah sang ayah wafat, ia diangkat menggantikan sebagai penguasa Serang. Dalam masa kepemimpinannya, Ageng Serang selalu membantu rakyat yang sengsara dengan membagi–bagikan makan sambil terus melakukan perlawanan fisik mengusir pasukan Belanda dari tanah kelahirannya itu.

Masa sekarang, kamu juga bisa jadi pahlawan. Caranya gampang banget. Jangan lupa, kamu juga wajib selalu jaga semangat nasionalisme.

Baca Juga 3 Pertempuran Revolusioner Demi Kemerdekaan Indonesia

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza