• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Organisasi Lokal yang Keren & Bikin Bangga Indonesia

5 Organisasi Lokal yang Keren & Bikin Bangga Indonesia

Organisasi lokal yang keren bikinan orang Indonesia ini, sangatlah menginspirasi.

Mulai dari yang peduli pengusaha kecil, sampai ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya makanan sehat, berbagai wadah atau organisasi lokal yang keren bikinan orang Indonesia ini, sangatlah menginspirasi.

Leaf Plus

A photo posted by LeafPlus (@leafplus) on


Didirikan tahun 2011, Leaf Plus bekerja untuk membantu organisasi ataupun individu untuk bisa terhubung dengan isu-isu lingkungan hidup dan sosial. Dengan cara membangun komunikasi melalui berbagai kampanye, event, sampai kampanye digital. Tujuannya tentu agar masyarakat bisa melakukan perubahan terhadap isu lingkungan hidup dan sosial, ke arah yang lebih baik. Leaf Plus telah bekerja sama dengan banyak pihak, mulai United Nations Development Program, berbagai Kementerian, hingga sekolah-sekolah. Diet Kantong Plastik juga salah satu kampanye yang diprakarsai oleh Leaf Plus. Salah satu penggagas Leaf Plus adalah Nadine Zamira, Miss Indonesia Earth 2009, yang kini aktif sebagai Social Entrepreneur.

Gandeng Tangan


Ngga bisa dipungkiri, finansial adalah jadi modal utama dalam setiap individu ataupun kelompok untuk berusaha. Seringnya industri kecil kesulitan untuk mendapatkan akses baik ke bank ataupun investor yang sebenarnya memungkinkan untuk men-support mereka. Untuk itu, Gandeng Tangan hadir sebagai wadah kolaborasi bagi siapapun pemilik usaha yang membutuhkan modal, dengan insan publik yang tulus ingin membantu dengan memberikan pinjaman. Skema yang ditawarkan adalah masyarakat bisa berkontribusi dengan memberikan pinjaman (mulai dari sekecil Rp 50000, dengan mikro bunga 0%) untuk para wirausaha mikro dan kecil. Sosok muda Jezzie Setiawan berdiri sebagai Founder sekaligus Chief Executive Officer di Gandeng Tangan.

We Care ID

A photo posted by WeCare.ID (@wecare.id) on


Singkatnya, We Care Indonesia bercita-cita agar bisa mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat, secara merata. Sehingga We Care bahu-membahu mengumpulkan dana (dari manapun sumbernya), untuk disalurkan bagi pasien-pasien di daerah terpencil, yang membutuhkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang optimal. Tentunya We Care bekerjasama dengan para dokter di wilayah terpencil agar mendapatkan akses dengan para pasien–pasien yang membutuhkan. Salah satu penggiat organisasi ini adalah Mesty Ariotedjo, seorang pemain harpa dan bintang iklan, yang tentunya juga seorang dokter.

Burgreens


Burgreens memang sebuah bisnis komersil, namun yang perlu digaris-bawahi adalah mereka selalu menyajikan bahan dan menu makanan yang sehat, organik dan bernutrisi tinggi. Dengan menyajikan makanan sehat dan berkualitas ini, Burgreens ingin mengajak setiap individu agar lebih cerdas dan bijak dalam memilih asupan yang dikonsumsi. Di samping itu, Burgreens juga ingin memajukan petani lokal dan pihak-pihak lokal yang terkait dengan penyediaan bahan baku makanan sehat. Berbagai acara talkshow, edukasi di sekolah, hingga demo masak juga rutin dilakukan. Burgreens yang saat ini bisa ditemui di Bintaro dan Tebet, Jakarta, didirikan oleh Helga Angelina bersama sang suami dan rekan.

Garda Satwa Indonesia


Peduli sesama bukan saja antar-manusia, tapi bisa juga dengan hewan terlantar yang sering kita lihat di jalanan. Didirikan tahun 2011, organisasi ini memang masih memberi perhatian khusus kepada anjing dan kucing, karena keduanya paling banyak ditemukan sebatang kara. Hewan-hewan akan dibawa ke tempat penampungan, kemudian dibersihkan, dirawat serta diberi makan secara teratur, sehingga mereka lebih sehat dan terlepas dari stress. GSI memberi kesempatan bagi siapapun yang ingin memberi dukungan, baik finansial ataupun dengan cara mengadopsi. Sosok model dan aktris Davina Veronica merupakan salah seorang penggagas organisasi ini.

Wah, bagus-bagus banget ya organisasi lokal yang kita punya. Ayo, ladies jangan sampai kita nggak memberi dukungan terhadap organisasi keren kaya gini!

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia