• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Menu Praktis untuk Bikin Hidangan Lebaran Beda dari yang Lainnya

5 Menu Praktis untuk Bikin Hidangan Lebaran Beda dari yang Lainnya

Biar rumah kamu selalu menjadi favorit untuk didatangi saat Lebaran, yuk suguhkan menu-menu yang berbeda dari biasanya!

Rendang paru, opor ayam, sambal ati ampela, pasti segelintir menu “berat” penuh lemak dan bersantan yang selalu kamu temui di kala Hari lebaran tiba. Biar sedikit berbeda dan tamu-tamu nggak merasa bosan saat bertandang ke rumahmu, hadirkan hidangan praktis di bawah ini yuk! Selain praktis pembuatannya, menu-menu ringan sampai makanan utama ini pasti bikin hidangan lebaran kamu jadi lebih sehat dan bervariasi.

menu praktis lebaran

Potato Gratin Isi Bayam Yang Unik Untuk Lebaran

Waktu persiapan dan memasak: +/- 15 menit

Bahannya: Kentang, daun bayam yang sudah ditiris, keju parmesan yang diparut, telur ayam, krim atau susu plain, bawang putih cincang, mentega rendah lemak, bawang putih, garam, merica.

Cara membuatnya: Siapkan wadah tahan panas yang sudah diolesi mentega, letakkan kentang yang sudah dipotong tipis-tipis, serta tabur secara acak daun bayam di atasnya. Di wadah lain, kocok telur yang dicampur dengan bawang putih cincang, garam, merica, serta krim, aduk hingga rata. Setelah rata, tuang ke dalam wadah kentang, kemudian parut keju parmesan di atasnya. Masak dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 45 menit.

Waktu persiapan dan memasak: +/- 55 menit

Burritos Ayam Ekstra Alpukat

Bahannya: daging ayam rebus yang disuir-suir, keju mozzarella, buah alpukat dipotong dadu, potongan ketumbar, roti tortilla (bisa dibeli di supermarket yang menjual produk impor), minyak goreng.

Cara membuatnya: Isi roti tortilla dengan bahan-bahan yang ada, kemudian gulung. Lalu, tuang minyak di wajan dengan panas api kompor sedang. Masak dan balik kedua sisi tortilla, hingga berwarna keemasan. Tiris dan sajikan ketika masih hangat.

Waktu persiapan dan memasak: +/- 10 menit

menu praktis lebaran

Sop Buah Air Kelapa

Bahannya: Air kepala muda, buah kelapa parut, strawberry, rambutan, buah leci kaleng, buah naga, agar-agar atau jelly, jeruk lemon atau jeruk nipis, es batu. Jenis buah potong dalam menyesuaikan selera kamu.

Cara mempersiapkannya: Di dalam mangkuk besar, masukkan seluruh buah potong, buah kelapa parut, beserta agar-agar atau jelly. Masukkan air kelapa dan potongan jeruk lemon atau jeruk nipis sesuai sesuai selera. Terakhir tambahkan es batu.

Waktu persiapan: +/- 10 menit

menu praktis lebaran

Kacang Edamame Jahe Yang Praktis

Bahannya: Kacang edamame, minyak zaitun, bawang putih parut, jahe parut, garam

Cara membuatnya: Rebus edamame kurang lebih 10 menit, lalu tiriskan. Lalu panaskan minyak zaitun di atas wadah dengan panas tinggi, dan tumis edamame hingga agak kecoklatan di kedua sisi. Sebelum diangkat, masukkan bawang putih dan jahe parut. Masak lagi kurang lebih 2 menit, dan terakhir bubuhkan garam sesuai selera.

Hidangan Pencuci Mulut: Agar-Agar Kacang Hijau

Bahannya: Kacang hijau yang sudah direndam 3-4 jam sebelumnya, dan sudah direbus hingga lunak, bubuk agar-agar putih, santan, gula pasir, garam, tepung maizena yang dicairkan, daun pandan, garam.

Cara membuatnya: Masak hingga mendidih campuran santan, gula pasir, bubuk agar-agar, 1 lembar daun pandan dan gula pasir. Campur dengan tepung maizena yang sudah dicairkan. Masak sampai mendidih dan adonan kental, lalu angkat. Sambil diaduk, masukkan kacang hijau. Masukkan ke dalam cetakan puding, tunggu sampai mengeras. Lalu, diamkan agar-agar di dalam lemari es sampai dingin.

Waktu persiapan: +/- 10 menit, dan waktu mendinginkan +/- 3 jam

Siap untuk memberikan hidangan yang berbeda di rumahmu saat Lebaran? Menu-menu praktis ini pasti dicari seluruh anggota keluargamu pada Lebaran mendatang. Selamat memasak!

Photo Credit: swisspaleo.ch, kuliner.ilmci.com

Baca Juga:
4 Menu Praktis Serba Kurang dari 5 Menit
Resep Overnight Oats yang Wajib Coba

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza