• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Selain Sayur & Buah, 5 Makanan Ini Bagus Untuk Perlancar ASI

Selain Sayur & Buah, 5 Makanan Ini Bagus Untuk Perlancar ASI

Ternyata, 5 makanan ini bagus dikonsumsi ibu menyusui (busui). Selain sehat, tentunya bisa melancarkan ASI!

Teman terdekat, kakak, atau pun kamu sendiri sedang dalam masa menyusui? Tentunya para busui memerlukan berbagai cara untuk memperlancar produk ASI mereka. Yang terutama soal asupan, karena makanan tentunya memberikan dorongan bagi kelancaran dan kualitas ASI, serta gizi bagi sang ibu.

Nah, guna mendukung aktivitas laktasi para busui, yuk hadiahi atau beri mereka 5 makanan ini agar rutin dikonsumsi. Apalagi makanan (selain buah dan sayuran) ini bisa dengan mudah kamu beli secara online di MatahariMall!

Oats

Steel-Cut-Oats

Ini dia salah satu comfort food yang memang disukai banyak orang. Oats memang salah satu asupan yang merupakan sumber zat besi, dimana bisa menghindari busui dari anemia. Karena anemia itu salah satu penyebab ASI kurang lancar, lho. Selain itu, oats juga dikenal sebagai makanan yang rendah kolesterol! Untuk mengonsumsinya, tentu cukup dengan campuran susu low fat, ataupun dengan yogurt fat free dan potongan buah. Menyegarkan!

Kacang-kacangan

Cracked-Macadamia-Nuts-close-up

Ternyata, dalam kacang-kacangan (seperti almond, macademia dan cashews) ada kandungan lemak tak jenuh tunggal yang efektif buat membantu produksi ASI para busui. Tenang, lemak tersebut adalah jenis sehat yang memang tetap dibutuhkan tubuh. Yang pasti, kamu konsumsi kacang tersebut bukan digoreng ataupun dipanggang terlebih dahulu, ya. Paling enak dan praktis, aneka kacang tersebut tentu bisa dijadikan topping salad!

Baca juga: 5 Restoran Vegetarian yang Harus Kamu Coba di Jakarta Selatan

Beras Merah

whole-grain-brown-rice

Tak bisa jauh dari nasi? Tenang saja, yang penting para busui menggantinya dengan beras merah, karena kandungan di dalamnya akan membantu memicu produksi ASI. Selain itu, beras merah yang tinggi protein dan karbohidrat ini punya peran juga untuk mensuplai energi buat tubuh sang busui, agar tak cepat merasa lelah. Tentunya bakal lebih efektif dikonsumsi dengan aneka sayuran seperti daun katuk dan bayam.

Susu Sapi

cow-versus-nut-milk

Tentunya para busui juga perlu asupan susu, khususnya susu sapi, karena tinggi akan kalsium dan kandungan asam lemak essensial, dimana bagus untuk proses laktasi. Selain itu, fungsi lainnya jika para busui rutin minum susu sapi saat menyusui, maka kamu akan menjauhkan resiko sang bayi terkena alergi dengan susu sapi. Jangan lupa pilih susu sapi yang rendah lemak, dan konsumsilah 2-3 gelas sehari. Paling enak, jika dicampur oats atau sereal sehat lainnya.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Menata Kamar Anak

Biji Wijen

N

Ternyata, biji wijen termasuk dalam makanan laktogenik atau yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Ternyata selain memiliki kandungan asam lemak tak jenuh, biji wijen juga kaya akan kalsium, salah satu gizi penting bagi sang busui. Biji wijen ini bisa kamu olah dengan berbagai cara, bisa sebagai taburan makanan utama, atau bisa juga dicampur dengan susu dan diblender hingga menjadi jus.

Jadi selain aneka sayur-sayuran dan buah-buahan, masih banyak lagi kan, aneka asupan yang bagus buat busui? Selamat mencoba!

This post was written by Kak Moza