• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Macam Pisau yang Wajib Punya di Dapur Rumahmu

5 Macam Pisau yang Wajib Punya di Dapur Rumahmu

Ternyata, punya jenis pisau berdasarkan fungsinya, bisa sukses bikin agenda masakmu jadi lebih efisien, lho!

Coba cek ladies, berapa jumlah pisau yang kamu punya di dapurmu? Hanya dua atau tiga buah? Itupun pasti kamu gunakan untuk segala kebutuhan. Mulai dari memotong daging, buah, atau bahkan roti, pasti menggunakan pisau yang sama.

Padahal, alangkah baiknya kalau kamu punya pisau dengan berbagai jenis dan ukuran. Apalagi kamu bisa dengan membelinya di sini. Punya banyak pisau dapur yang sesuai, selain bikin rutinitas masak jadi lebih efisien, ada baiknya juga dari segi keamanan. Ketajaman dan bentuk pisau yang dirancang sesuai kebutuhan, bakal menjauhkan kamu dari risiko cedera. Lantas, pisau apa saja yang sebaiknya kamu punya di dapurmu?

Kitchen Knife Edges

poin_1

Pisau jenis ini memang ada berbagai tipe, tapi yang cukup penting untuk kamu punya adalah jenis Straight Edge. Pisau ini bisa untuk memotong daging mentah, mengiris daging ikan, hingga memotong sayuran. Ujung pisau yang lurus berguna untuk membuat potongan yang sangat presisi. Dan kamu harus memastikan ketajamannya agar proses memotong jadi lancar. Jadi, sangat direkomendasikan buat diasah secara berkala, ya.

Baca juga: Dapur Penuh dan Nggak Leluasa Bergerak? 7 Langkah Ini Solusinya!

Paring Knife

poin_2

Atau pisau pengupas, adalah salah satu pisau yang penting untuk dimiliki dari segala set pisau yang ada di dapurmu. Biasanya berbentuk tipis, berukuran 3-4 inci dan umumnya meruncing ke satu titik. Sehingga pisau ini lebih mudah untuk kamu kontrol gerakannya, daripada menggunakan pisau besar. Pisau ini tentunya cocok untuk digunakan pekerjaan memotong yang cukup rumit.

Chef’s Knife

poin_3

Sebagian besar Chef’s Knife memiliki pisau lebar yang melengkung ke atas. Lalu bagian belakang pisau tebal untuk menambah berat dan kekuatan saat kamu memegangnya, dan bikin nggak tergelincir. Ukurannya memang macam-macam, mulai 6 sampai 12 inci. Tentunya jenis pisau ini termasuk yang multifungsi untuk memohon bahan yang cenderung besar dan keras.

Bread Knife

poin_4

Yang ini cocok buat kamu yang suka makan dan juga membuat roti, serta aneka kue sejenisnya. Pisau ini berbilah tebal dan digunakan untuk memotong roti,sehingga permukaan roti kamu nggak penyet. Ukurannya mencapai 8 sampai 9 inci dan tepinya bergerigi. Tentunya pisau jenis ini nggak direkomendasiin buat memotong aneka buah dan sayuran karena permukaannya yang terlalu panjang.

Baca juga: Pasangan Muda Perlu 7 Benda ini Buat Ngisi Rumah Baru

Cleavers

poin_5

Pasti kamu nggak asing dengan bentuk pisau yang satu ini. Pisau berbilah tebal dan agak berat ini sebenarnya memiliki banyak fungsi juga. Ideal buat memotong daging padat hingga bagian tulangnya. Dan seperti yang kamu suka lihat di acara memasak, untuk sisi pisau yang tebal bisa berfungsi untuk memadatkan daging, menghancurkan biji dan juga bawang putih.

So, penting kan punya koleksi pisau berdasarkan fungsinya? Kamu pun bakal lebih happy sama hasilnya!

This post was written by Diona Ratrixia