5 Jenis Material Baju yang Tahan Lama dan Ramah Lingkungan

Tampil keren itu nggak cuma stylish padu padannya, juga peduli sama kualitas jenis material baju yang tahan lama, supaya ramah lingkungan.

Biar penampilan nggak membosankan, sering-sering cari trik mix and match aja untuk baju-baju dengan material yang tahan lama, yang artinya kamu nggak perlu sering-sering belanja baju. Dan yang juga nggak kalah penting kamu wajib tau cara perawatan dari ke-5 bahan baju yang tahan lama berikut ini :

Bahan Denim

Denim

Bahan denim sangat populer. Nggak heran kalau denim sering kamu pakai buat berbagai kesempatan. Biasa dijadiin bahan untuk celana, baju, dan jaket-jaket dengan kualitas yang tak diragukan lagi. Buat kamu yang hobi pakai baju non formal tapi nyaman dan tahan lama, pas banget kalau pilih denim. Material denim, walaupun tebal tapi menyerap keringat. Tapi, jangan dipakai di lokasi yang dingin, karena bisa menambah rasa dingin. Perawatannya juga nggak sulit. Bisa pakai mesin cuci, tapi disarankan membalik bahannya dulu, dan jangan pernah pakai pemutih karena akan merusak warnanya. Tidak perlu setiap kali habis dipakai langsung dicuci.

Coba ini Denim dress Ture

Bahan Katun

Katun

Ini bahan yang paling diminati. Sangat bersahabat dengan iklim tropis. Katun dibuat dari serat kapas alami, nggak heran kalau ringan dan sangat nyaman banget dipakainya. Teksturnya halus, lembut tetapi kuat dan tahan lama. Cocok banget dibuat jadi atasan, dress, atau hijab yang keren. Biasanya katun nggak terlalu tebal, tapi sangat menyerap keringat. Itu sebabnya sangat disarankan langsung dicuci setelah dipakai dan kena keringat. Kalau nggak ada noda membandel, cuci pakai mesin cuci dan air dingin aman-aman aja. Malahan air dingin bisa mengurangi kerut, jadinya nggak terlalu repot waktu menyeterika. Dan sebaiknya keringkan alami di bawah paparan sinar matahari, supaya seratnya tetap bagus.

Coba ini CBR SIX Atasan Wanita Lodic

Bahan Lycra

Lycra

Dikenal juga dengan sebutan kain spandex. Biasanya digunakan untuk bahan underwear atau baju renang, karena sifatnya yang tahan lama dan sangat elastis. Daya elastis kain ini bisa mencapai lima kali lipat dari bahan dasarnya tanpa rusak sedikitpun. Material kain lycra terbuat dari serat kayu eucalyptus dengan campuran rayon. Ciri-ciri kain ini, terasa lembut dan dingin kalau disentuh. Walaupun elastis tapi tetap menyerap keringat. Aman juga dicuci dengan mesin cuci, tapi jangan dikeringkan di dalam pengering mesin cuci, karena bisa bikin material bahannya berkerut atau malah melar. Jangan juga merendam di dalam deterjen lebih dari satu jam, karena akan merusak tekstur dan warnanya.

Coba ini Lasona swimming suit

Bahan Cashmere

Cashmere

Baju dari bahan ini harganya agak mahal, karena material cashmere yang mewah. Biasa dibikin jadi outer atau cardigan oversized. Nggak heran tampilan dan saat dipakai pun kelihatan keren banget. Sepadan dengan harganya, bahan ini juga tahan lama dan nggak akan menurun kualitas bahannya walaupun sering dicuci. Tapi, pastinya perlu teknik spesial waktu mencucinya. Kalau mau praktis, sebaiknya kirim ke laundry untuk dry clean. tapi kalau kamu mau coba cuci sendiri, sebaiknya pakai air hangat dan tuangkan detergen di atas bahan yang kena noda dan diamkan selama 10 menit. Lalu rendam dan cuci dengan deterjen cair. Setelah itu jangan diperas karena bahan akan merusak seratnya. Langsung gantung dan jemur di bawah matahari.

Coba ini Misty Comfort Long Cardigans

Bahan Linen

Linen

Satu lagi kain yang cocok banget dipakai waktu untuk cuaca panas maupun dingin, karena kualitas bahannya yang bagus jadi bisa menyerap keringat sekaligus menghangatkan tubuh. Bahan linen juga awet dan tahan lama. Biasa dijadikan atasan, dress, dan bisa juga celana panjang. Boleh saja dicuci pakai mesin cuci, tapi pilih detergen yang lembut, karena linen bisa gampang rusak kalau dicuci pakai bahan kimia yang keras. Selesai dicuci, sebaiknya langsung digantung, karena kalau dilipat terlalu lama, bisa timbul bekas lipatan atau bikin serat kainnya putus.

Nah, kalau sudah pilih baju dengan kualitas terbaik, sekarang waktunya kamu tengok tempat penyimpanannya alias lemari. Coba deh, pelajari 5 ide cara menatanya, biar baju kamu rapi dan nggak bikin bingung setiap pagi.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza