• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Ide Menarik Untuk Daur Ulang Botol Minum Bekas

5 Ide Menarik Untuk Daur Ulang Botol Minum Bekas

Jangan langsung buang botol minum bekas kamu pakai, tinggal daur ulang dan berkreasi dengan ide-ide menarik ini!

Salah satu benda yang paling banyak ditemukan dalam tempat sampah bisa jadi adalah botol minum bekas, baik yang plastik ataupun beling plastik. Karena sehari-harinya, kamu pasti tak asing dengan benda yang satu ini. Apalagi buat kamu yang belum terbiasa untuk bawa botol minum sendiri kemana-mana, pasti membeli air minum di botol jadi solusi sehari-hari.

Nah, sebagai langkah kamu untuk lebih peduli sama lingkungan, kamu bisa memanfaatkan botol-botol tersebut untuk kamu gunakan sehari-harinya. Jadi tak langsung semata-mata dibuang. Buat apa? Berikut ide-ide yang bisa kamu tiru!

Pot Tanaman

Kalau cukup sering beli minum botol plastik dengan kemasan yang besar, kamu harus memanfaatkan buat yang satu ini, yaitu jadi wadah menanam tanaman. Yes, hanya dengan memotong sebagian permukaan botol, kamu jadi punya tempat untuk belajar berkebun. Kamu tinggal cari jenis-jenis tanaman yang berbentuk mini seperti bibit-bibit sayuran. Selain bisa kamu letakkan begitu saja di meja, wadah botol ini bisa juga kamu gantung dengan bantuan penyangga. Asyik, rumah jadi kelihatan tambah asri.

Tempat Alat Tulis

Sering lupa menaruh pulpen di mana? Atau sering kehilangan gunting karena habis dipakai nggak dikembalikan ke tempat semula? Coba yuk, bikin wadah yang lebih menarik buat nyimpan berbagai alat tulis dan stationery lainnya dari botol minum kemasan. Biar bisa menampung banyak alat tulis, potong bagian yang mengecil dari botol. Bahkan kamu bisa berkreasi dengan melukis atau menempel hiasan lain di permukaan botolnya. Ide ini bagus juga buat diterapkan kepada si kecil, supaya mereka lebih kreatif.

Wadah Makanan

A post shared by Helmi (@helminism) on

Kalau kamu punya sampah botol yang bentuknya agak persegi (bukan lingkaran), kamu bisa membelahnya secara vertikal. Jadi botol akan terbelah dua, dan bisa kamu letakkan secara terbuka di meja. Dalam sekejap, kamu jadi punya wadah baru untuk meletakkan makanan kecil, permen, hingga camilan kacang favorit. Atau bisa juga kamu manfaatkan buat wadah untuk meletakkan makanan di kandang hewan peliharaan kamu.

Pajangan Gantung

Kalau punya botol beling yang berukuran kecil atau nggak terlalu besar, bisa kamu kumpulkan dan dijadikan pajangan gantung, lho. Kamu tinggal cari penyangga buat menggantung, serta tali atau semacamnya yang cukup kuat untuk menahan beban botol tersebut. Gantung botol-botol tersebut secara berdekatan di teras rumah. Kalau botolnya transparan, bisa kamu isi batu kerikil atau benda kecil apa pun yang menarik mata.

Gantungan Aksesori

Bingung gimana nyimpen aksesori khususnya kalung dan gelang? Tenang, dengan bantuan sebuah sumpit, botol bekas akan menjadi solusinya. Kamu tinggal pilih botol yang dimensinya cukup tinggi dan berbahan kuat seperti beling (misal saja botol kecap). Lalu letakkan satu atau dua buah sumpit di atasnya. Pada bagian sumpit yang persis di atas tutup botol, lilitkan dengan tali atau kawat kecil sebagai penyangga agar sumpit tak bergerak-gerak.

Gampang kan buat ditiru? Yuk, kurangi sampah botol dengan memanfaatkannya kembali.

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia