• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Ide Desain Rumah Modern yang Tetap Sadar Lingkungan

5 Ide Desain Rumah Modern yang Tetap Sadar Lingkungan

Siapa bilang tampilan rumah modern nggak bisa ramah lingkungan? Berikut 5 ide desain rumah yang ramah lingkungan dan tetap kece.

Banyak yang beranggapan bahwa ramah lingkungan itu identik dengan penggunaan bahan-bahan alami seperti kayu, bambu dan batu saja. Padahal lebih dari itu, aplikasi desain yang ramah lingkungan bukan sekadar dari pemilihan bahannya, tapi bisa juga dari berbagai aspek desain. Seperti penataan ruangnya, arah bukaan, banyaknya penghijauan, dan lainnya. Sebagai referensi, kamu bisa intip 5 desain rumah modern berikut ini:

Bukaan Lebar

Desain sebuah rumah harus bisa memanfaatnya sebanyak mungkin bidang bukaan, dalam hal ini pintu dan jendela. Bahkan jika membuat jendela dengan dimensi atau ukuran yang cukup lebar, tentu jadi keuntungan buat penghuni di dalamnya. Selain pencahayaan alami lebih mudah masuk, tentunya jendela yang terbuka membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Kamu pun bisa menghemat penggunaan energi lampu dan pendingin udara.

Plafon Transparan

Selain bidang bukaan yang lebar, ada cara lain untuk memaksimalkan pencahayaan alami supaya masuk ke dalam ruang. Yaitu dengan membuat sebagian bidang plafon atau atap, dengan bahan yang transparan seperti kaca. Tentu tak perlu seluruh bidangnya, kamu cukup aplikasikan sebagian saja. Khususnya di bagian lorong atau ruang-ruang yang tak memungkinkan untuk dibuatkan jendela.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Rumah Green Living

Lantai Semen

A post shared by Misha Mulley (@mishamulley) on

Jika kamu lihat bangunan rumah modern atau yang berkonsep industrial, pasti banyak yang dari mereka yang menggunakan lantai dari plat atau coran semen. Ya, lantai berwarna abu-abu dan terkesan rough atau mentah ini, memang penampilannya nggak seindah jika menggunakan keramik. Namun, lantai dari semen ini rupanya nggak kalah memberikan efek lebih adem di dalam ruangan. Selain itu, dalam aplikasinya, lantai ini nggak menggunakan zat kimia tambahan dan juga nggak berbau.

Atap Miring

A post shared by Ard Hoksbergen (@ardhoksbergen) on

Bagaimana bentuk rumahmu, memberikan pengaruh terhadap suhu ruang di dalamnya, loh. Apalagi untuk kita yang tinggal di negara dengan suhu tropis. Atap berbentuk segitiga atau miring memang akan lebih disarankan daripada yang bentuknya datar. Karena atap yang memiliki fungsi layaknya topi, harus memiliki kemampuan untuk melindungi dari hawa panas. Untuk itu, kemiringan sisi atap akan membantu membuat sinar matahari tak langsung frontal mengarah ke masuk ke sisi bangunan.

Baca juga: 5 Langkah yang Perlu Kamu Lakukan untuk Lindungi Rumah dari Musim Hujan

Taman di Atap

Salah satu cara untuk meredam hawa panas di dalam ruang adalah dengan menghadirkan taman di bagian atas bangunan. Apalagi jika lahan tempat tinggalmu sudah habis dengan bangunan. Karena yang namanya penghijauan otomatis akan memberikan efek menyejukkan dan dapat menyerap udara kotor. Memang dalam mendesain dan pembuatannya perlu tenaga ahli, namun jika kamu memiliki bujet tentu pembuatan taman di bagian atap yang datar memang dianjurkan.

Terbukti kan, walau penampilannya modern, setiap aspek desain tetap bisa dibuat lebih peduli dan ramah lingkungan.

Categorised in: , ,

This post was written by Diona Ratrixia