• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Kalau Punya Dapur Terbuka

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Kalau Punya Dapur Terbuka

Jika dapurmu adalah dapur terbuka yang terletak di belakang rumah kamu, berikut 5 hal yang harus diperhatikan.

Luas lahan yang terbatas, kadang menuntut kita untuk mengorbankan fungsi ruang pada bangunan rumah kita sendiri. Atau jika kamu membeli rumah jadi dari developer, kita harus mengalah sama desain yang ada. Salah satu yang sering “dikorbankan” adalah ruang dapur yang harus diletakkan di area semi terbuka, tepatnya di teras belakang rumah. Kalau demikian, kamu harus memperhatikan 5 hal di bawah ini!

Perpanjangan Atap

A post shared by pieta rosari (@pietarosari) on

Karena posisinya di ruang semi terbuka, sebaiknya kamu buat perpanjangan atap atau kanopi. Tentunya ini berguna buat kenyamanan kamu dalam beraktivitas di dapur terbuka ini. Yaitu agar terhindar dari tampias air hujan, ataupuan sinar matahari yang cukup tinggi. Perangkat elektronik di dapur pun juga lebih terjaga.

Perangkat Secukupnya

Selain memang luas ruangnya terbatas, tentu hal ini menyangkut dari sisi keamanannya juga. Jadi kamu nggak ribet untuk menyimpannya. Di dapur terbuka, sebaiknya gunakan kitchen appliances yang seperlunya saja. Untuk perangkat dapur yang portable atau bisa dipindah-pindah (seperti toasterblender, dan sejenisnya), sebaiknya letakkan di dalam rumah saja.

Baca juga: Modal 100 Ribu, Ini 5 Kreasi Menu yang Pas untuk Berlima!

Ganti Dinding

Untuk sisi dinding yang berdekatan dengan kompor ataupun sink (tempat pencucian piring), sebaiknya tetap diganti dengan bahan keramik. Selain agar lebih mudah dibersihkan, baik juga untuk keamanan. Dinding dengan keramik lebih kuat dan tahan terhadap panas uap.

Tinggi Meja Dapur

A post shared by pieta rosari (@pietarosari) on

Buat kenyamanan beraktivitas, jangan lupa untuk tetap membuat meja dapur setinggi orang dewasa. Jangan sampai terlalu rendah, karena memaksa badan untuk lebih menunduk. Selain itu, meja dapur yang terlalu rendah, juga mudah dijangkau jika kamu punya anak kecil.

Baca juga: 5 Cara Paling Simpel Membersihkan Kulkas

Pencahayaan Buatan

Meski berada di ruang semi terbuka, kamu harus perhatikan juga soal pencahayaan. Karena pencahayaan alami (sinar matahari) saja belum tentu cukup. Apalagi kalau ternyata posisi kamu berdiri, membelakangi matahari. Lampu atau pencahayaan tambahan sangat bermanfaat saat melakukan aktivitas seperti memotong bahan, hingga menghias makanan.

Jadi, kalau kamu memperhatikan aspek desain, dapur di ruang terbuka pun tetap bisa nyaman kok!

This post was written by Diona Ratrixia