• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Selain Uang, 5 Hal ini Perlu Disiapkan Saat Mau Bangun Rumah

Selain Uang, 5 Hal ini Perlu Disiapkan Saat Mau Bangun Rumah

Baru menikah dan mau bangun rumah sendiri? Langkah tepat! Tapi selain uang, 5 hal penting ini juga harus disiapkan!

Kalau ingin tinggal di Ibu Kota ataupun daerah di pinggirnya, memang kita harus berpikir cermat. Termasuk soal tempat tinggal. Pilihan untuk membangun rumah sendiri sebenarnya juga tepat. Karena hal tersebut sudah termasuk investasi jangka panjang. Kamu bisa memilih lokasi yang paling ideal, bisa mendesain ruang dalam sesuai kebutuhan, hingga memilih material yang digemari.

Nah, kalau sudah gitu, tentu hal utama yang perlu disiapkan adalah soal bujet alias uang. Padahal, lebih dari itu, kamu harus siapkan juga hal-hal lain selain biaya pembangunan. Apa saja hal-hal tersebut? Ini contekannya!

Waktu untuk Supervisi

shutterstock_599893619

Meski urusan desain dan pemborong sudah beres, kamu sebagai pemilik bangunan harus menyediakan waktu untuk mensupervisi rumah yang lagi bangun. Idealnya, setidaknya 1 atau 2 minggu sekali, kamu harus mampir ke lokasi pembangunan untuk melihat progress-nya. Apakah sudah sesuai dengan rencana, apakah mandor dan tukang bekerja sesuai rencana waktu, atau bahkan jadi bisa tahu juga apakah perlu biaya tambahan atau engga. So, kamu emang harus merelakan akhir pekan kamu untuk bolak-balik, deh!

Konsep Interior

poin_2

Kebanyakan orang, meski membangun rumah pakai jasa arsitek, tapi nggak sepaket dengan desain interiornya. Umumnya, interior dipikir belakangan pas rumah udah jadi. Perlu diwaspadai juga, karena dalam mengisi interior harus punya konsep secara keseluruhan, harus bisa mengukur besar furnitur dan benda-benda lain yang sesuai sama besar ruangan, hingga harus sedia waktu untuk membeli segala kebutuhan tersebut. Nggak cukup sehari-dua hari lho, melakukan hal ini. Jadi kalau bisa mencicil beli furnitur, kenapa nggak? Beli furnitur secara online juga praktis, lho!

Baca juga: 7 Pernik Interior Jadul yang Bikin Kamu Jadi Nostalgia

Hidupkan Lanskap

Poin_3

Yang ini biasanya juga baru dipikir belakangan. Banyak orang yang baru memikirkan tamannya mau diapain, setelah rumahnya dihuni beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan ke depan. Padahal, kalau sudah mengisi dan memanggil ahli taman dari sebelum bangunan jadi, tentu akan lebih ideal. Jangan lupa juga untuk membeli juga alat berkebunnya. Jadi, ketika sudah tinggal di rumah baru, kamu sudah bisa melihat pemandangan hijau yang menyegarkan di area depan atau pun belakang rumahmu.

Siap-siap Pindahan

shutterstock_598090001

Setelah memiliki konsep interior, membeli furnitur incaran, atau mungkin memilih mana furnitur lama yang bakal dipakai, sekarang tinggal siapkan waktu dan tenaga. Yup, yang namanya mengisi rumah baru setidaknya perlu waktu satu hingga dua minggu untuk menata dan merapikan barang di dalam. Nggak lupa juga, kamu perlu minta bantuan atau kalau perlu sewa jasa yang harus angkut-angkut barang besar kamu. Terdengar melelahkan, tapi dijamin puas kalau kelak interior kamu sudah teriisi dengan baik!

Baca juga: 5 Cara Menerapkan Eco Friendly di Halaman Rumah Sendiri

House Warming

poin_5

Kalau semua sudah beres dan siap dihuni, jangan lupa, ada baiknya kamu siapkan agenda syukuran juga. Buat masyarakat kita, ini hal yang penting. Selain bentuk rasa bersyukur dan memohon restu, tentu ini jadi ajang untuk kamu bisa berkenalan dengan tetangga dan pengurus organisasi setempat. Jadi, selain mengundang keluarga, jangan lupa undang juga tetangga dan orang-orang penting yang ada di sekitar rumah kamu, ya!

Kalau sudah mempertimbangkan hal-hal di atas, kamu bakal lebih tenang dan lega deh saat menempati rumah baru!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza