• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Fashion
  • >
  • 5 Gaya Denim Keren Yang Bisa Kamu Daur Ulang Dari Koleksi Baju Lama

5 Gaya Denim Keren Yang Bisa Kamu Daur Ulang Dari Koleksi Baju Lama

Mengaku sebagai pencinta lingkungan? Belum lengkap kalau kamu praktikkin gaya denim yang didaur ulang dari koleksi baju lama!

Salah satu cara berkontribusi terhadap lingkungan adalah dengan mendaur ulang koleksi baju. Kamu tentu tahu kan limbah baju yang sudah tak terpakai nggak akan bisa terurai dengan cepat dan memakan waktu puluhan hingga ratusan tahun? Nah, lebih baik buat baju sendiri untuk mengurangi limbah tersebut. Kali ini, coba bikin denim keren yang lagi nge-tren dari baju jeans yang sudah nggak kamu pakai, yuk!

Baca juga: 5 Ide Seru DIY Fashion Dari Barang Bekas

Patched Denim

patch_denim

Weekend ini coba rencanakan hunting patch lucu di Pasar Mayestik. Patch yang kamu beli motifnya bisa disesuaikan sama favorit kamu. Mau hati, boneka, tulisan, atau apa pun itu yang sesuai sama kepribadian. Ambil denim yang sudah tidak terpakai, misal mom jeans milik mama zaman dahulu. Lalu jahit patch di bagian yang ingin kamu modifikasi. Jadi deh patched denim yang sekarang lagi ngetren banget ini!

Cutout Denim

cutout_denim

Kalau mau buat denim yang satu ini memang butuh keberanian untuk memakainya. Modelnya yang terbilang ekstrem cocok buat kamu yang gayanya edgy. Untuk cutout denim di bagian lutut, ambil celana jeans kemudian lipat menjadi dua bagian menghadap ke bawah. Gunting pada bagian lutut dan voila! Jadi deh cutout denim hanya dalam waktu kurang dari 5 menit.

Fringe Denim

fringe_denim

Disebut juga sebagai frayed denim karena modelnya yang menjuntai di bagian bawah. Kamu bisa buat model denim ini dengan cara berikut. Jahit satu garis jahitan di tempat di mana kamu menginginkan juntaian denim berhenti. Potong bagian bawah denim tipis-tipis selebar 1 cm. Kemudian dengan bantuan silet, gesek seluruh bagian bawah denim hingga membentuk benang-benang halus.

Baca juga: Pakai Denim Buat Ke Acara Resmi yang Nggak Pernah Terpikir Sebelumnya

Washed Denim

washed_denim

Untuk membuat model satu ini kamu membutuhkan bantuan pemutih. Tapi karena pemutih bahan kimianya nggak baik untuk lingkungan, gunakan sedikit saja. Caranya adalah dengan merendam jeans kamu lebih lama di rendaman air yang sudah dicampur dengan pemutih. Diamkan selama kurang lebih 14 jam, ya!

Pocket Denim

pocket_denim

Model denim satu ini lagi banyak banget dipakai sama perempuan-perempuan keren di seluruh dunia. Kamu bisa buat sendiri tanpa beli dengan cara menggunting bagian kantong belakang celana jeans kamu dan memindahkannya ke bagian lain yang kamu sukai.

Kalau kamu malas DIY model denim ini, cara lain untuk berkontribusi terhadap lingkungan adalah dengan menyumbangkan baju yang sudah tidak terpakai. Sudah eco-friendly, kamu pun jadi banyak pahala.

Categorised in: , ,

This post was written by Jessica Esther