• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Film yang Dapat Membuat Kamu Lebih Cerdas

5 Film yang Dapat Membuat Kamu Lebih Cerdas

Film-film berikut memiliki alur cerita yang menarik, penuh sejarah, dan dapat mengasah otak kamu saat menontonnya.

Oops, kata siapa menonton film itu hanya membuang-buang waktu? Sebenarnya menonton film dapat membawa manfaat, seperti memberikan motivasi dan memperluas wawasan pengetahuan kamu. Tentunya manfaat-manfaat ini tergantung dengan jenis film yang kamu tonton.

Misalnya film-film yang membahas tentang sejarah, tokoh-tokoh dunia, isu global, dan cerita fiktif dapat melatih kecerdasan otak kamu. Untuk itu, berikut adalah sejumlah rekomendasi film yang bisa membuat kamu lebih cerdas.

1. An Inconvenient Truth

5 film yang bisa bikin kamu tambah cerdas2

Sumber: Tina Daunt

An Inconvenient Truth merupakan sebuah film dokumenter yang dirilis pada tahun 2006. Film ini bercerita tentang Al Gore, seorang mantan presiden Amerika Serikat, yang berusaha untuk mengedukasi masyarakat mengenai isu pemanasan global melalui slide-slide presentasi. Ia membawakan presentasi dengan slide yang mengandung banyak grafik dan visual yang sangat detail, serta cerita-cerita yang berkaitan dengan isu tersebut.

Dengan menonton film dokumenter ini, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai isu pemanasan global. Seperti fakta-fakta ilmiah, hal-hal yang bisa terjadi di masa depan, bila pemanasan global tidak dihentikan, cara-cara pencegahan, dan banyak lagi.

2. The Big Short

5 film yang bisa bikin kamu tambah cerdas3

Sumber: Don Kaye

Film yang dibintangi oleh bintang-bintang papan atas seperti Brad Pitt dan Christian Bale ini menceritakan tentang krisis keuangan pada tahun 2008 dalam bentuk drama komedi. Alur ceritanya menarik dan nggak membosankan sehingga kamu nggak bakalan ngantuk mendengarkan berbagai hal mengenai keuangan dan perbankan.

Menonton The Big Short akan membuat kamu untuk tidak merasa asing lagi dengan dunia keuangan, perbankan, pendanaan, dan berbagai hal lain yang terkait. Kamu akan lebih paham mengenai penyebab krisis pada 2008 dan apa yang terjadi di Wall Street pada saat itu.

3. Zodiac

5 film yang bisa bikin kamu tambah cerdas4

Sumber: Film Comment

Zodiac merupakan sebuah film misteri yang diangkat dari sebuah buku. Film ini mengisahkan tentang seorang pembunuh yang meneror kota San Francisco dengan meninggalkan petunjuk-petunjuk membingungkan untuk polisi. Sang pembunuh menyebut dirinya sebagai Zodiac.

Film ini dibuat bukan dari sudut pandang pelaku utama, melainkan sudut pandang orang ketiga, yaitu orang-orang yang sedang berusaha untuk mengincar pembunuh utama. Saat menonton, kamu akan merasa diajak untuk berpikir keras memecahkan teka-teki yang diberikan oleh si pembunuh. Sebagai tambahan, kisah tentang Zodiac adalah kisah nyata yang terjadi pada sekitar tahun 1960-1970-an silam loh.

4. Lincoln

5 film yang bisa bikin kamu tambah cerdas5

Sumber: Huffington Post

Seperti judulnya, Lincoln merupakan film bergenre drama yang mengisahkan tentang Abraham Lincoln, presiden Amerika Serikat ke-16. Film ini menceritakan masa-masa terakhir Abraham menjabat sebagai presiden, yaitu saat ia berhasil mengakhiri masa perbudakan dengan membuat sebuah amandemen, hingga akhirnya ia dibunuh.

Karena fokusnya pada bidang politik (bukan perang), kamu akan memahami situasi politik di Amerika Serikat pada masa saat Abraham menjabat. Selain itu, pengetahuan kamu juga akan diperkaya dengan wawasan mengenai salah satu presiden Amerika Serikat yang paling terkenal dengan gebrakan yang dibuatnya.

5. Rudy Habibie

5 film yang bisa bikin kamu tambah cerdas6

Sumber: Jawapos.com

Tak hanya presiden Amerika Serikat, film tentang mantan presiden Indonesia ini pun wajib kamu tonton, yaitu film Rudy Habibie yang bercerita tentang masa muda B.J. Habibie saat berada di Jerman. Beliau adalah pemuda yang sangat visioner dan percaya diri untuk mewujudkan cita-citanya untuk membangung pesawat di Indonesia.

Film ini juga memperlihatkan perjuangan Rudy dalam pendidikan, persahabatan, dan kisah cintanya sebelum bertemu dengan Ainun, istrinya. Kecerdasan dan ketegarannya membuat beliau berhasil mewujudkan cita-citanya dan memimpin Indonesia. Jadi, ada banyak pelajaran hidup juga yang bisa kamu dapatkan dari film ini.

Jika sudah pernah menonton film-film tersebut, kamu setuju kan kalau film-film itu bisa membuat kamu tambah cerdas dan berwawasan? Jika belum, yuk ditonton biar kamu bisa mengisi waktu dengan film yang bagus, berkualitas, dan memberikan manfaat buat kamu. Kalau kamu nonton dari smartphone atau laptop, jangan lupa untuk memakai speaker portable ya biar makin pol nontonnya.

Sumber gambar utama: ltcoljhm91

Baca juga: 5 Buku Cerdas Biar Tambah Kritis dalam Berpikir

Categorised in: , , ,

This post was written by Karen Tungka