• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Mengagumi Idol Berbeda, Beberapa Fandom Ini Menyulut Fanwar K-Pop

Mengagumi Idol Berbeda, Beberapa Fandom Ini Menyulut Fanwar K-Pop

Mengagumi idola K-Pop boleh saja, tapi kalau bertemu dengan fandom lain, kamu harus hati-hati agar nggak terlibat dalam fanwar K-pop!

Bagi seorang penggemar berat, bergabung dengan fandom idola tertentu sudah hal yang wajib. Demam K-pop yang tengah melanda dunia membuat fandom K-Pop termasuk fandom terbesar di dunia, dan juga yang paling sering terlibat fanwar!

Fanwar K-Pop biasanya cukup mudah dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari Idol yang memang merupakan rival, hingga hal-hal sepele seperti kesamaan warna atau koreografi saja bisa memancing perang fans di antara dua fandom berbeda. Lalu apa saja fanwar K-pop yang pernah menyita perhatian publik? Berikut diantaranya, apakah fandom kamu termasuk?

Baca Juga: 3 Pro dan Kontra Mempunyai Cowok yang Suka K-Pop

1. Cassiopeia vs ELF

Fanwar K-POPSumber: icepluscoffee.wordpress.com

Cassiopeia atau biasa disingkat menjadi Cassie adalah fandom dari boyband DBSK (Dong Bang Shin Ki) sedangkan ELF merupakan fandom dari boyband Super Junior. Kedua fandom dari boyband asuhan SM Entertainment ini merupakan salah satu dari fandom terbesar dari Idol K-Pop, loh!

Namun, hal inilah yang kemudian menjadi akar dari fanwar K-Pop kedua fandom ini. Muncul pertanyaan “Mana yang lebih besar? Cassiopeia atau ELF?” Sepele, bukan?

Bahkan ketika berbagai chart musik muncul dan menempatkan DBSK di bawah dari peringkat Super Junior, Cassie nggak segan memberikan kritik dan mempertanyakan bagaimana penilaian dari chart tersebut. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Selain itu, Cassie juga sempat berseteru dengan Ikonic (fandom Ikon), ketika Ikonic merilis lightstick official untuk Ikonic yang dianggap memiliki warna yang serupa dengan warna dari Cassie.

2. SONE vs BlackJack

Fanwar K-POPSumber: seoulbeats.com

SNSD (Girls Generation/So Nyeo Shi Dae) dan 2NE1 merupakan dua dari beberapa girlgroup terpopuler. Berasal dari dua agensi raksasa SM Entertainment dan YG Entertainment, kedua fandom dari girlgroup ini suka berseteru mengingat bahwa kedua girlgroup memang merupakan rival.

Beberapa momen dimana fanwar antar kedua fandom ini adalah:
1. Perilisan single Genie (SNSD) dan I Don’t Care (2NE1)
2. MAMA Award 2011: The Boys (SNSD) vs I Am The Best (2NE1)
3. Perilisan single Mr. Mr. (SNSD) dan Crush (2NE1)

Namun, mengingat 2NE1 yang kini sedang hiatus, dan para anggota SNSD yang tengah sibuk bersolo karir, fanwar K-Pop antar kedua fandom ini kini tengah mereda. Namun, dipertengahan tahun 2016 SONE sempat menyerang Pink Panda (fandom Apink) karena dianggap menggunakan warna pink pada lightstick yang serupa dengan warna lightstick SNSD. Lagi-lagi masalah lightstick!

3. K-Popers vs Directioners

Fanwar K-POPSumber: aminoapps.com

Meski One Direction bukanlah boyband Korea, namun fandom dari boyband ini pernah terlibat fanwar dengan para penggemar K-Pop. Sebenarnya ini bukanlah kali pertama terjadi fanwar antara K-Popers dengan fandom musisi barat. Sebelumnya para K-Popers juga dibuat berang oleh Belieber (Fandom Justin Bieber) yang meragukan kemenangan EXO atas Justin Bieber pada NBC Music Award.

Sedangkan Directioners yang dikalahkan Queens (Fandom T-ara) pada penghargaan “strongest fandom” di Billboard juga sempat mengatakan bahwa Queens melakukan kecurangan pada proses pemungutan suara.

Tidak hanya dengan Queen, pada MTV EMA, Directioners dan Belieber juga berhadapan dengan EXO-L. Bahkan para K-Popers khususnya EXO-L, memberikan dukungan dengan #EMAzing EXO, untuk menyemangati EXO yang saat itu diserang habis-habisan oleh Directioners dan Beliebers. Rumit, bukan? Tunggu dulu, masih ada lagi!

Salah satu penggemar Miley Cyrus menulis di Twitter, “K-Pop hanya dikenal di Asia”. Cuitan tersebut muncul menanggapi perbandingan foto konser EXO dan Justin Bieber yang sempat menjadi viral karena menunjukkan bahwa konser Justin Bieber terlihat lebih sepi sedangkan konser EXO yang sama-sama berlangsung di Tokyo di hari yang sama terlihat jauh lebih semarak.

Para penggemar EXO bahkan sempat membuat #exosnacthjustinfansparty. Namun belakangan baru terungkap bahwa foto tersebut merupakan foto pada saat konser Justin Bieber telah usai.

4. Innercircle vs Ikonic

Fanwar K-POPSumber: winnerupdates.blogspot.co.id

Lagi-lagi perang saudara terjadi. Boyband asuhan YG Entertainment, Winner dan Ikon memang memiliki sejarah panjang. Winner merupakan Group yang memenangkan variety show mengalahkan Ikon di mata para penonton yang kemudian terpaksa menunda debut mereka.

Meski kedua boyband ini termasuk masih muda, namun fandom kedua boyband ini terbilang cukup besar dan loyal. Fanwar ini dimulai ketika mulai muncul rumor bahwa YG mulai menelantarkan Winner dan lebih fokus terhadap Ikon.

Belum lagi, comeback yang bersamaan membuat kedua fandom mulai saling membandingkan kedua boyband ini.

Bahkan, kehadiran Mino (Rapper Winner) pada konser Ikon sempat menuai kontroversi di kedua fandom. Namun kenyataannya pada Bulan September ini, Mino dan Bobby (Rapper Ikon) akan melakukan debut solo mereka secara bersamaan. Apakah hal ini dapat mendamaikan ke dua fandom, atau malah memicu fanwar K-Pop yang lebih besar?

5. EXO-L vs Various Fandom

Fanwar K-POPSumber: goodmomusic.net

Pada Juni 2016, fansite dari boyband EXO membuat kontroversi dengan memposting komentar-komentar yang menyerang beberapa artis lain seperti Rap Monster, Ravi, Jun Wonwoo, Jang Dongwoo dan Woozi, dengan menyebut mereka sebagai Idol berwajah jelek (crushed face).

Posting ini kemudian menjadi viral mengingat bahwa akun twitter tersebut difollow lebih dari 100.000 orang dan berhasil mengumpulkan 10.000 view dalam waktu singkat. Manager dari Fansite EXO-L tersebut mendapatkan banyak kritik dari berbagai kalangan terutama fandom dari para idol yang diserang.

Meski akun tersebut kemudian dihapus setelah sebelumnya menyatakan permintaan maaf, namun topik mengenai fanwar EXO-L ini masih dibicarakan di berbagai forum. Tentunya, kejadian ini nggak hanya memberikan image yang jelek kepada para EXO-L tapi juga memicu banyak fanwar K-Pop dari berbagai fandom lain.


Mengagumi idol K-Pop boleh saja. Tapi ingatlah untuk menjaga sopan santun dan menghargai fandom lainnya. Memulai fanwar K-Pop sama sekali bukan bentuk dukungan kepada idola kamu. Sebagai penggemar cara paling positif untuk mendukung idola kamu adalah dengan tetap membeli dan mengapresiasi karya mereka tanpa merendahkan karya lainnya.

Tentunya agar kamu semakin semangat mendukung, nggak ada salahnya jika kamu mengumpulkan atribut serta akseskoris Idol K-Pop favorit kamu. Yuk, hindari fanwar K-Pop dan menjadi fandom K-Pop yang cinta damai!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Cewek Sebaiknya Stop Nonton Drama Korea!

Categorised in: ,

This post was written by Yohannes Markus