• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Cara Paling Simpel Membersihkan Kulkas

5 Cara Paling Simpel Membersihkan Kulkas

Ruangan dingin dan beku pun harus rajin dibersihkan, supaya bebas kuman dan bau.

Satu bulan sekali, sebaiknya kamu menyisihkan waktu buat membersihkan kulkas, atau isi lemari es. Sesuai fungsinya, penghuni dapur ini menyimpan aneka bahan makanan lebih awet, sebaiknya kulkas selalu bersih supaya hasil makanan yang kamu simpan pun terjaga kualitasnya.

Kalau mengikuti 5 langkah berikut, nggak usah khawatir waktu kamu akan terbuang lama. Membersihkan kulkas menjadi jauh lebih simpel dan sangat hemat.

Keluarkan semua barang dari kulkas

kulkasempty
Keluarkan semua barang dari dalam kulkas, mulai dari makanan, minuman, sayur, buah, daging, ikan, termasuk rak, rak pintu dan laci-laci penyimpan ikan. Sambil menurunkan isinya, periksa kualitas dan tanggal kadaluarsa makanan yang kamu simpan. Buru-buru buang makanan yang sudah busuk atau lewat tanggal kadaluarsa.

Tapi ingat, pastikan semua bahan makanan tetap dalam kondisi dingin saat kamu membersihkan isi kulkas.

Siapkan sabun pembersih

sabuncuci
Lupakan ide menggunakan cairan desintekfan yang akan mensterilkan isi kulkas, karena cairan tersebut bisa jadi mengandung bahan kimia berbahaya untuk bahan makanan penghuni lemari es. Sebaiknya pilih sabun cuci piring yang juga aman untuk mencuci buah dan sayur. Jangan hanya area dalam yang kamu perhatikan. Bagian pegangan juga wajib dibersihkan. Periksa juga tempat penadah air di bawah, terutama jika kulkas satu pintu. Pastikan selalu buang airnya, supaya tidak jadi sarang nyamuk.

Atasi noda membandel

bakingsoda

Bekas minuman dingin yang tumpah, untuk noda membandel, campur bubuk soda kue dengan sedikit air untuk menghasilkan campuran kental. Oleskan campuran ini pada noda, dan diamkan selama satu jam sebelum mengelapnya menggunakan spons atau kain lembap. Bubuk soda kue membuat noda lebih mudah diseka bersih.

Letakkan semangkuk kecil bubuk soda kue di bagian bawah kulkas. Bubuk soda kue mampu menyerap bau setajam apa pun!

BACA JUGA: 7 Langkah Mudah Lebih Hemat Air di Rumah

Tata ulang dengan teliti

tatakulkas

Setelah bersih, tata ulang isi kulkas kamu dengan rapi. Jangan campur buah dan sayuran. Keduanya akan mengeluarkan gas yang berbeda. Jauhkan buah-buahan dan sayuran terpisah seperti penempatan di toko buah. Misal apel dicampur dengan apel, wortel dengan wortel. Jangan mencuci buah sebelum masuk kulkas karena kelembabannya bisa rusak dan lebih cepat membusuk.

Perhatikan penyimpanan makanan jadi.

Juga berlaku untuk sisa makanan yang akan kamu taruh di dalam kulkas. Pastikan selalu tersimpan di dalam kemasan kedap udara dan tahan bocor. Jika makanan habis dimasak, dinginkan dulu sebelum masuk ke dalam kulkas, supaya tidak lekas basi.

This post was written by Kak Moza